Mungkin bagi kamu yang awan dengan dunia bioteknologi akan beranggapan bahwa produk-produk bioteknologi sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Soalnya kata teknologi yang berada di belakang bioteknologi memberi kesan bahwa produk itu canggih.

Tapi kalau kita lihat pengertiannya, kita baru akan memahami bahwa teknologi adalah sebuah cara atau alat untuk menghasilkan sesuatu. Jadi bioteknologi itu sendiri adalah cara menghasilkan sesuatu menggunakan makhluk hidup.

Makhluk hidup yang digunakan di produk bioteknologi tentunya bermacam-macam, mulai dari bakteri, jamur, kapang, maupun khamir. Produk bioteknologi juga macam-macam, bisa obat-obatan, makanan, dan lain sebagainya.

Namun, dikesempatan kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang makanan yang dihasilkan dari proses bioteknologi. Dan bagi kamu yang belum tau, kamu pasti terkejut kalau makanan atau minuman yang kamu pernah makan adalah produk bioteknologi.

Tapi, untuk kamu yang zaman sekolahnya rajin belajar, pasti inget deh dengan produk makanan yang dibuat dengan proses bioteknologi. Nah, untuk mengingatnya kembali, langsung kita lihat saja yuk apa makanan dan minumannya.

1Tempe

wikipedia.org

Siapa sih yang tidak mengenal tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang hampir disukai oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Tapi apakah kamu pernah tau kalau tempe adalah produk bioteknologi?

resepmasakantempe.wordpress.com
resepmasakantempe.wordpress.com

Tempe disebut sebagai produk bioteknologi, karena saat proses pembuatannya membutuhkan jamur Rhizopus orizae yang ditambahkan pada kedelai. Wah, jadi kalau makan tempe berarti kita makan jamur dong?

2Kecap

archives.portalsatu.com

Bagi kamu penggemar makanan manis dan gurih, pasti kamu kenal kan cairan hitam, kental dan manis ini? Yup, apalagi kalau bukan kecap. Jika kamu penggemar kecap, dan penasaran dengan cara buatnya, maka kamu perlu tau bahwa kecap dibuat dengan proses bioteknologi.

Emang bagaimana proses pembuatannya? Pembuatan kecap membutuhkan penambahan jamur Aspergillus wentii saat proses fermentasinya. Karena ada keterlibatan makhluk hidup inilah yang menyebabkan kecap dikategorikan ke dalam produk bioteknologi.

3Yoghurt

juicing-for-health.com

Untuk kamu penggemar minuman yang rasanya manis-manis asam ini, maka kamu pun perlu tahu kalau minuman yang kamu suka adalah produk bioteknologi. Ya, yoghurt adalah produk bioteknologi karena melibatkan bakteri Lactobacillus pada proses pembuatannya.

Wah, bagaimana kita bisa mendapatkan bakterinya tuh? Biasanya starter bakterinya bisa kita ambil atau kita isolasi dari yoghurt yang sudah ada. Tapi ada juga lho penjual starter bakteri ini. Oiya, bahan utama yoghurt-nya mah susu sapi ya!

4Nata de Coco

xcalate.com

Hampir semua orang mengenal nata de coco sebagai campuran es buah atau es yang lainnya. Biasanya makanan yang satu inilah yang menjadi incaran banyak orang di bulan puasa.

Tapi, kira-kira orang yang makan nata de coco ini tau nggak ya kalau ini produk bioteknologi?

resepmasakanspesial.com
resepmasakanspesial.com

Nata de coco terbuat dari air kelapa yang dibantu proses fermentasinya oleh bakteri Acetobacter xylinum, sehingga berubah menjadi padatan kenyal seperti yang sering kita temui di pasaran.

5Keju

bisnisukm.com

Produk bioteknologi yang terakhir akan kita bahas adalah keju. Keju yang terkenal dengan makanannya orang Eropa ini, sekarang sudah mulai marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, singkong pun sekarang disajikan dengan taburan keju di atasnya.

Kalau bisa dikata, keju itu sekarang sedang naik daun, sedang terkenal-terkenalnya. Apa saja yang ditambah keju harganya jadi lebih mahal. Tapi kamu tau nggak sebelumnya kalau keju itu adalah produk bioteknologi juga.

Sama dengan produk bioteknologi yang lain, saat proses pembuatan keju pun melibatkan makhluk hidup untuk membantu proses fermentasinya. Makhluk hidup yang dimaksud adalah bakteri Latobacillus casei.