Franchise kini jadi tren baru di dunia bisnis. Dalam istilah bahasa Indonesia disebut waralaba. Sebenarnya, franchise merupakan metode dalam sistem pendistribusian barang dan jasa. Pada metode ini terjadi kerjasama bisnis antara pemilik usaha dan pemilik modal.

Brand yang telah sukses dan terkenal biasanya diduplikasi dalam bentuk franchise.

Para calon investor nantinya akan membeli brand dengan metode franchise. Mereka (investor) tidak harus menjalankan bisnis dari nol.

Mulai dari produk, merek produk dan harga tidak perlu mereka pusingkan. Karena mereka hanya perlu menjalankan sistem yang sudah ada.

Pada intinya, franchise bertujuan untuk melebarkan sayap perusahaan dengan investor yang membeli brand-nya. Contoh perusahaan yang membuka sistem franchise misalnya, Indomaret, Alfamart, KFC, dan lain-lain.

Bagi kamu yang berminat ingin memulai usaha dengan metode franchise, bisa mencoba tips-tips berikut ini agar franchise-mu sukses.

Yuk, simak ulasannya!

1Cari Lokasi Strategis

wavesinstitute.com

Ini faktor pertama yang akan menentukan kesuksesan kamu berbisnis franchise, yaitu pemilihan lokasi. Pilihlah lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Lokasi tersebut misalnya, di pinggir jalan raya, di perempatan jalan, di pusat keramaian, di pusat pemerintahan, dan sekolahan, di komplek kampus dan lain sebagainya.

Intinya lokasi harus sering menjadi tempat berlalu lalang banyak orang.

Prinsipnya, semakin besar pengunjung yang datang ke tempat usaha kamu, maka peluang sukses akan semakin besar.

2Brand dan Produk Unik

businessfranchiseaustralia.com.au

Jika ingin memulai bisnis franchise, carilah produk yang tidak mudah ditiru pesaing. Yang paling penting, produk tersebut memiliki brand terkenal dan terpercaya.

Catatannya, kalau kamu punya produk unik, konsumen tidak akan mudah berpindah ke lain tempat. Setidaknya, tingkat persaingannya lebih rendah.

3Membeli Hak Utama

ticktockescape.com

Tips ini terbukti ampuh membuat bisnis franchise kamu sukses. Kamu harus membeli hak utama franchise di sebuah kota agar dapat menjadi penguasa bisnis franchise di kota tersebut.

Artinya, semua orang yang ingin membuka franchise dengan produk sama seperti milikmu, harus mendapatkan izin dari kamu.

Dengan demikian, kamu tetap bisa mengembangkan bisnis sambil mengawasi tingkat persaingan yang ada.

4Barang Harus Lengkap

global-tek.blogspot.com

Jagalah ketersediaan barang di outlet kamu. Jangan sampai kehabisan stok. Selalu catat keluar masuk barang setiap hari.

Konsumen tidak akan pindah ke outlet lain selagi di tempat kamu selalu tersedia. Ingat guys, angka penjualan sangat mempengaruhi keuangan kamu. Ini menentukan apakah kamu akan balik modal atau malah rugi.

5Menghemat Biaya

bisnisukm.com

Biaya merupakan tiang dari sebuah usaha, apapun bentuk usahanya. Karena dengan perhitungan biaya, kamu akan tahu, apakah pemasukan kamu cukup atau malah minus.

Percepatan tumbuh suatu bisnis sangat ditentukan oleh kondisi keuangan perusahaan. Itulah sebabnya, kamu harus pandai menghemat biaya-biaya produksi yang memang bisa diminimalisir.

Kamu dapat berhemat dengan memakai listrik seperlunya, air secukupnya dan telepon jika diperlukan.

6Promosi Maksimal

ciputranews.com

Promosi menjadi tonggak keberhasilan suatu bisnis. Jika kamu hanya diam saja tanpa melakukan promosi, bisnis kamu akan kalah saing. Sekalipun kamu membeli franchise dari brand ternama.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui internet, menyebar pamflet, brosur atau lewat media elektronik. Semakin gencar kamu promosi, maka bisnis kamu pun akan semakin terkenal.

7Tetap Konsisten

kiosusaha.com

Kebanyakan orang menjalankan usaha hanya semangat di awal. Semakin lama berpotensi semakin surut tatkala menghadapi persaingan yang kian ketat.

Di sinilah letak pentingnya sikap konsisten. Kamu harus teguh prinsip, tujuan dan memantapkan hati. Jangan takut dengan ancaman para pesaing kamu karena belum tentu mereka lebih baik dari kamu.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mendukung keberhasilan bisnis franchise kamu. Semoga bermanfaat.