Kerja dari rumah dulu hanya menjadi angan angan yang sulit dilakukan karena teknologi internet dan komunikasi waktu itu belumlah dikenal luas seperti sekarang ini.

Sebelum kita bahas lebih jauh, perlu ditekankan kembali perbedaan antara kerja dari rumah dengan kerja di rumah jelas berbeda.

Sebetulnya, pekerjaan yang dilakukan tanpa perlu kantor atau bekerja di rumah, bisa kamu mulai sekarang juga. Misalnya, jualan makanan di depan rumah. Namun bekerja dari rumah dengan status karyawan juga bisa loh.

Di zaman sekarang, saat teknologi komunikasi dan internet sudah sedemikian canggih, sangat memungkinkan seseorang berkerja dari jarak jauh, terpisah jarak ribuan kilometer.

Trend kerja dari rumah semakin meningkat dan tentunya punya keuntungan dan kelebihan masing-masing.

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan ramainya pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Beragam usaha mulai dikenalkan kepasaran.

Tidak hanya pengusaha dengan penghasilan puluhan juta, kalangan menengah kebawah juga sudah bisa membuka peluan usaha sendiri.

Beberapa calon pengusaha sering mengalami kendala karena kekurangan modal. Sebenarnya ini bukan akhir segalanya, karena modal yang kecil juga bisa dijadikan peluang untuk berbisnis.

Selain bisnis, jenis perkerjaan yang bisa dilakukan dari rumah untuk sekarang ini umumnya berhubungan dengan internet seperti freelancer online.

Ada banyak jenis freelance projects yang bisa menggunakan sistem kerja remote seperti content writer, web developer, graphic design, pengajar online hingga trading forex secara online.

Bahkan kantor-kantor di negara maju pun saat ini memperbolehkan karyawannya mengerjakan tugas kantor dari rumah dan dikirim via internet.

Sayangnya, untuk Indonesia cara seperti ini belum diberlakukan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman diharapkan ke depannya semua perkerjaan dapat diselesaikan dari rumah.

1Ide Bisnis Makanan dengan Keuntungan yang Besar

peluangusahakecil.co

Sekarang ini sudah banyak kita temukan orang berlomba-lomba membangun rumah makan. Mulai dari yang mewah atau elit sampai yang sederhana dan dipinggiran kota. Bisnis waralaba makanan memang dikenal sangat menguntungkan.

Selain modalnya yang tidak terlalu besar, bisnis ini ternyata sangat menguntungkan.

Tapi tetap harus melihat kondisi dan situasi. Jika ingin membuka usaha makanan ada baiknya kamu survey lokasi dan kebutuhan masyarakat sekitar.

Jika setelah menganalisa dan kamu nyatakan bahwa masyarakat disekitar situ akan antusias dengan apa yang kamu jual, tunggu apa lagi? Segera eksekusi.

Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Selain itu juga karena dizaman serba modern ini banyak orang yang mulai malas bersentuhan dengan dapur. Hingga kemudian mereka beralih kepada hal-hal praktis.

2Berjualan Online

bisnisukm.com

Kamu bisa mencari sumber penghasilan melalui gadget atau laptop. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencari orang atau penjual yang menjual berbagai barang dagangan (sesuai kebutuhan konsumen).

Kemudian kamu mengajukan diri menjadi reseller. Tugasmu hanya mempromosikan barang dagangan melalui berbagai sosial media, ketika ada yang memesan melalui kamu maka kamu berhak mendapatkan keuntungan sekian persen dari yang telah disepakati.

Ini juga disebut dropshipper, dimana kamu berjualan secara online tanpa memiliki stok.

Mudah bukan?

3Jasa Perbaikan Gadget

www.candrapurwanto.com

Yap! Dunia sekarang sudah dipenuhi dengan gadget. Setiap rumah pasti memiliki gadget. Nah, kamu bisa membuka peluang usaha sebagai jasa perbaikan gadget. Karena memperbaiki gadget ternyata bayarannya ngga murah loh.

Tapi selain modal uang yang kecil, kamu dituntut untuk memahami segala ilmu kegadgetan. Tapi jangan khawatir, karena ilmu ini bisa dipelajari secara otodidak. Ngga harus kuliah tinggi-tinggi kok.

4Menjadi Guru Dengan Membuka Kursus Online

fjb.co

Kamu ngga harus jadi guru sungguhan kok. Yang penting, kamu punya sesuatu untuk diajarkan.

Saat ini, baik di luar negeri maupun di Indonesia kursus online sangat populer. Ini karena prosesnya lebih mudah dan dengan kursus online kamu bisa mendapat lebih banyak murid.

Dalam kursus offline, biasanya si guru mengulang-ulang materinya setiap kali mengajar ke kelas baru. Tapi karena ini online, jadi kursusnya bisa direkam dan ditaruh di website.

5Menjadi Penulis Artikel Freelance

www.luwuraya.net

Tidak semua orang mampu membuat artikel berkualitas. sebab menulis perlu jam terbang dan kegigihan yang tinggi.

Dengan melihat banyaknya orang yang membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, maka penulis artikel juga ikut kecipratan rejeki.

Nah untuk yang satu ini memang diperlukan latihan dan ketekunan. Gaya bahasa yang digunakan juga harus mudah dipahami oleh para pembaca.

Menulis artikel bisa dijadikan pekerjaan sampingan bagimu yang ingin menambah penghasilanmu dan kamu tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukan pekerjaan ini.

Mungkin kamu sudah terbiasa menulis, tapi yang harus kamu biasakan sekarang adalah menulis dibawah aturan. Karena media yang kamu menjadi kontributor didalamnya tentu memiliki aturan-aturan tersendiri terkait tulisan yang akan dipublish di webnya.

6Translator

www.youtube.com

Masih dibidang tulis-menulis.

Transalator Indonesia-Inggris atau bahasa lainnya sangat dibutuhkan saat ini. Meskipun translator non-profesional tidak mendapat penghasilan yang tinggi, tapi pekerjaan ini sangat cocok untuk usaha sampingan yang tidak menyita waktu.

Menjadi translator lepas memberikan banyak bahan pembelajaran bahasa yang sangat baik bagimu.

Selain bisa meningkatkan kemampuan linguistik di rumah, seorang penerjemah juga harus memiliki sertifikasi bahasa yang membuktikan bahwa dirinya memiliki kemampuan menerjemahkan yang baik

7Menjual Berbagai Design

www.bajuqeela.com

Mendesign kaos, spanduk, stiker dan lain sebagainya memang bukan pekerjaan yang mudah jika kamu belum ahli dibidang design grafis. Tetapi jika kamu memiliki kelebihan dalam bidang itu kamu bisa mencoba usaha yang satu ini.

Menjual design kaos, spanduk, stiker, mug dan benda-benada lainnya ternyata sangat menguntungkan.

Selain karena kamu hanya memerlukan modal listrik untuk menyalakan laptop dan pulsa untuk online di internet, kamu tidak perlu repot-repot mencetaknya. Karena yang kamu jual adalah designnya. Bukan barangnya.

Guys, itulah beberapa ulasan kecil mengenai bisnis modal kecil dengan keuntungan besar. Satu hal yang harus kamu ingat bahwa sebagaimana kita mengusahakan seperti itulah hasil yang akan kita peroleh.

8Pilih Harta Halal

usseek.com

Harta yang halal adalah rezeki yang akan diberkahi Allah Ta’ala dan bermanfaat dunia akherat.

Dampak positif dari harta halal bisa dirasakan oleh setiap individu, keluarga dan bahkan masyarakat. Kebalikan dampak positif harta halal berarti adalah dampak negatif dari harta haram.

Harta Halal Mendorong Beramal Shalih. Imam Ibnu Katsir ra menjelaskan bahwa Allah Swt pada ayat ini memerintahkan para Rasul  agar makan makanan halal, dan beramal shaleh.

Disandingkannya dua perintah ini mengisyaratkan bahwa makanan halal adalah pembangkit amal shaleh, dan sungguh mereka benar-benar telah mentaati kedua perintah ini.

Imam Ibn Hibban meriwayatkan dari ‘Amr ibn al-Ash, beliau berkata: Rasulallah Saw bersabda, “Wahai ‘Amr! Sebaik-baik harta yang halal adalah harta yang berada pada orang sholeh.” (HR. Ibn Hibban)

Orang yang shalih adalah orang yang memperhatikan halal haram dalam mencari rezeki sehingga ia tidak akan memasukan ke dalam perutnya kecuali makanan yang dipastikan akan kehalalannya.

Harta Halal Sebab Dikabulkannya Do’a. Doa adalah ibadah uluhiyyah kepada Rabb yang Maha Suci. Berdoa kepada Allah Swt sebagai bukti salah satu bentuk penghambaan seseorang kepada Allah Swt.

Karena Allah Swt adalah Dzat yang Maha Suci maka Dia tidak akan menerima doa hamba-Nya yang tumbuh dari harta kotor, yaitu harta haram dzatnya atau cara memperolehnya tidak sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairoh ra, ia mengatakan, Rasulallah Saw bersabda, “Wahai manusia! Sesungguhnya Allah itu baik, Dia tidak menerima kecuali yang baik-baik.

Sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang yang beriman kepada apa yang telah diperintahkan-Nya kepada para Rosul, dengan firman-Nya,

“Wahai para Rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik dan kerjakanlah kebajikan.” (QS. Al Mu’minun: 51) dan firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu” (QS. Al Baqarah: 172)

Kemudian beliau menyebutkan orang yang melakukan perjalanan panjang, berambut acak-acakan dan warna kulitnya berubah, ia mengangkat kedua tangannaya ke langit dengan mengatakan,

“Wahai Rabb! Wahai Rabb! Sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi makan dengan suatu yang haram; maka bagaimana mungkin doakanya dikabulkan?” (HR. Muslim No.1015)

Imam Ibn Daqiq al-ied ra menjelaskan bahwa di dalam hadits tersebut terdapat anjuran untuk berinfak dari yang halal dan melarang berinfak dari yang tidak halal.

Apa yang dimakan, diminum, dan yang dipakai selayaknya dari yang halal dan bersih, tidak ada syubhat di dalamnya.

Barangsiapa yang ingin berdo’a hendaklah terlebih dahulu memperhatikan urusan tersebut dari urusan yang lainnya.

Muhammad ibn Shalih al-Utsaimin menjelaskan bahwa hadits ini merupakan peringatakan keras dari memakan barang haram,

karena memakan barang haram menjadi salah satu penghalang doa terkabul meski sebab-sebab terkabulnya doa terpenuhi, berdasarkan sabda Nabi,

“Dari mana doanya bisa dikabulkan karenannya?” Di samping itu memakan barang haram akan menghalangi seseorang untuk menunaikan kewajiban agama,

karena tubuhnya diberi makanan yang rusak, dan orang yang memakan makanan yang rusak tentu akan berimbas pada tubuhnya.

Harta Halal Adalah Obat Penawar. Makan dari harta yang halal adalah makanan yang bisa menjadi obat penawar, tidak memberi mudharat pada jasmani dan ruhani dan pastinya menjaga diri dari ancaman api Neraka.

Allah Swt berfirman, “Berikanlah oleh kalian mahar kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.

Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kalian sebagian dari mahar itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang baik lagi baik akibatnya.” (QS. An Nisa: 4)

Imam Ibnu Jarir al-Thabari ra menafsirkan akhir ayat di atas dengan berkata: “Makna firman Allah: Maka makanlah pemberian itu niscaya menjadi obat yang menawarkan.”

Imam Al Qurthubi menukilkan dari sebagian ulama’ tafsir bahwa maksud firman Allah Ta’ala: ‘Al Hani’ ialah yang baik lagi enak dimakan dan tidak memiliki efek negatif,

sedangkan ‘Al Mari’ ialah yang tidak menimbulkan efek samping pasca dimakan, mudah dicerna dan tidak menimbulkan peyakit atau gangguan.

Ketika memakan harta halal memberikan efek manfaat yang besar maka memakan dari harta yang haram pun akan memberi efek mudharat yang besar pula yaitu menyebab ibadah dan do’a yang tertolak, membahayakan tubuh, dan sebab masuk Neraka.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibn Abdullah bahwa Nabi Saw bersabda kepada Ka’ab Ibn Ujrah, “Tidak masuk surga daging dan darah yang tumbuh dari harta yang haram, dan neraka lebih pantas baginya.” (HR. Ahmad)

Alasannya karena makanan itu manjadi bahan baku tubuh. Sedangkan tubuh yang tumbuh dari makanan yang haram akan merasa enggan untuk beribadah dan taat kepada Allah. Ia justru siap dalam melakukan maksiat kepada-Nya.

Setiap gerak-gerik dan aktifitasnya cenderung kepada hal-hal yang diharamkan. Tubuh yang semacam inilah yang pantas masuk neraka.

Karenanya, mengkonsumsi barang haram tidak hanya menghalangi diterimanya doa dan ibadah, melainkan juga pelakunya pantas masuk neraka.

Sesungguhnya harta dan rezeki yang haram akan mendorong orang pada perilaku yang akan mencelakakan dirinya sendiri dan menyebabkan dirinya akan terjerumus ke dalam siksa api neraka.

Oleh karena itu, kalau kita ingin memiliki perlaku yang baik, maka salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengupayakan makanan-makanan yang dikonsumsi betul-betul makanan yang halal, baik substansi atau bendanya maupun cara mendapatkannya.

Demikianlah beberapa dampak postitif dari mengkonsumsi harta yang halal, yaitu mendorong beramal shalih, sebab dikabulkannya doa dan sebagai obat penawar.

9Dampak Konsumsi Harta Haram

setsdesignideas.com

Maka, kebalikan dari dampak positif tadi seperti mendorong berbuat kemaksiatan, sebab tertolaknya doa dan sumber penyakit adalah dampak negatif dari mengkonsumsi dari harta haram.

Selain dampak buruk tadi yang disebabkan harta haram, masih banyak dampak lain yang disebabkan harta haram.

Harta Haram Termasuk Makan Harta Dengan Cara Batil. Allah Ta’ala berfirman, “Dan janganlah sebagian kamu memakan sebagian harta yang lain di antara kamu dengan cara yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta kepada hakim,

supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS. Al Baqoroh [2]: 188)

Allah Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil,

kecuali dengan cara perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kapadamu.” (QS. An Nisa [4]: 29)

Harta Haram adalah Perbuatan Mendurhakai Allah. Allah Swt berfirman: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan;

karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al Baqarah: 168-189)

Harta Haram adalah Penyebab Kehinaan. Abu Dawud meriwayatkan dari ibn Umar, beliau berkata: Saya mendengar Rasulallah Saw bersabda,

“Jika kalian melakukan transaksi berjual beli ribawi, mengikuti ekor sapi (tunduk dengan harta kekayaan), mengagungkan bercocok tanam (sibuk dengan pertanian) dan meninggalkan jihad,

maka Allah akan menguasakan kehinaan atas kalian. Allah tidak akan mencabutnya dari kalian hingga kalian kembali kepada agama kalian.” (HR. Abu Dawud)

Secara umum Islam memerintahkan agar manusia mengkonsumsi harta yang halal dan harta halal tidaklah diperoleh melainkan dengan cara yang halal.

Dengan demikian, secara mendasar Islam telah memerintahkan bermuamalah dengan cara yang baik dan benar yaitu sesuai dengan rambu-rambu muamalah Islam.

Salah satu hikmah adanya hukum halal haram adalah untuk membuktikan ketaatan seorang hamba kepada Rabb-Nya, siapakah di antara mereka yang tuntuk dan patuh terhadap aturan Rabb-Nya dan siapa yang tidak.

Adanya halal harampun demi mashlahat bagi bagi menusia agar tidak ada yang didzalimi dalam bertransaksi, baik untuk tubuhnya ketika dikonsumsi dan kondisi sosial masyarakat secara umum.

10Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Rumah

greatives.eu

Setiap orang memiliki pilihan untuk menjalani hidup termasuk apakah dia akan kerja di rumah atau harus berpedoman bekerja di kantor.

Tujuan dari pada hal itu sebenarnya sama yaitu mencari keuntungan dari segi materi guna memenuhi kebutuhan.

Jadi semua pilihan tentu ada dasarnya masing-masing tergantung orang bersangkutan. Semua tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun demikian tidak sedikit dari mereka yang memutuskan bekerja di rumah karena alasan yang relevan.

Keputusan semacam itu terutama banyak dijalani oleh kaum wanita sehingga mereka dapat tetap berpenghasilan tanpa mengabaikan tugas dan kodratnya mengurus rumah.

Para wanita demikian biasanya merasa lebih bijaksana bekerja di rumah karena tetap bisa menjalankan tugasnya merawat anak-anak.

Lagipula maraknya media internet dan kecanggihan teknologi memungkinkan banyak usaha yang dapat dilakukan di rumah. Akan tetapi setiap tindakan konsekuensi kelebihan dan kelemahan, termasuk jika kamu memilih kerja dari rumah.

Adapun keuntungan yang dirasakan sebagai manfaat bekerja di rumah di antaranya, menekan biaya pengeluaran. Bandingkan jika kamu bekerja di kantor tentunya akan muncul budget biaya transportasi dan makan di luar.

Lebih Menyenangkan. Satu hal lagi yang tidak terbantahkan adalah terasa lebih menyenangkan sehingga kamu dapat berkerja secara maksimal tanpa tekanan dan stress.

Banyak pekerja kantoran yang sangat malas dipagi hari bukan karena malas berkerja melainkan enggan pergi ke kantor yang banyak membuang waktu.

Kenyamanan Lebih. Karena bekerja di rumah memungkinkanmu memilih bagian mana pun yang terasa paling nyaman serta dapat mendekorasinya sesuai keinginan.

Menyeimbangkan urusan keluarga dan pekerjaan. Bekerja di rumah memberikan banyak kesempatan lain untuk memerhatikan keluargamu sehingga orang-orang yang kamu sayangi tidak akan merasa kekurangan perhatian.

Menghadapi sedikit tekanan dan stres. Karena kamu telah merancang tempat dan waktu bekerja senyaman mungkin di rumah, akibatnya kamu juga bisa mengatasi tekanan dan tingkat stres yang sering menyerang atas nama urusan pekerjaan.

Kamu pun akan memiliki waktu lebih banyak untuk bersama keluargamu. Jika dulu waktumu kamu habiskan untuk bekerja di kantor dan kemacetan selama perjalanan, sekarang kamu bisa memiliki waktu luang yang cukup banyak.

Kamu bisa memiliki banyak kesempatan untuk bersama keluarga sehingga hubunganmu dengan mereka menjadi semakin dekat dan hangat.

Selain itu, secangkir kopi dan sarapan bisa kamu buat setiap pagi, kerja di rumah pun terasa lebih indah tanpa perut keroncongan dan terhindar dari berbagai tekanan.

Tak ada lagi yang namanya, bossy man. Orang berbadan tegap dengan tatapan sinis yang siap melontarkan berbagai semprotan pun sudah tak akan ada lagi, sekalipun kamu bersantai sejenak sebelum mulai bekerja tak akan ada yang melarang.

Kamu lebih bebas mengatur waktumu tanpa ada orang komplain. Dengan cara apapun kamu bekerja, itu adalah tanggungjawabmu sendiri. Enjoy your life!

Kamu akan lebih mudah mengatur waktu. Bahkan mengambil waktu lebih panjang untuk istirahat pun bisa kamu lakukan.

Tak hanya waktumu bersama keluarga yang panjang, tapi waktu untuk istirahat pun bisa kamu dapatkan lebih banyak.

Mengingat dulunya kamu selalu dikejar waktu setiap hari, mendapat banyak tetek bengek di kantor yang terkadang membuat kamu lelah dan stres.

Tapi sekarang, kamu bisa mengambil waktu yang berkualitas untuk istirahat. Sehingga besuk pagi bisa bangun dengan segar dan siap melanjutkan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Waktumu akan lebih fleksibel dalam urusan kerjaan atau untuk kepentingan lainnya. Terkadang walaupun kamu sudah bekerja di rumah, tak jarang kamu mendapat agenda lain yang menuntutmu untuk datang.

Tapi kini kamu tak perlu khawatir karena waktumu lebih fleksibel dibanding dulu. Kamu lebih mudah mengatur waktumu sendiri, sehingga bisa siap setiap saat.

Kamu bisa lebih hemat dan menekan biaya pengeluaran. Dulu setiap hari kamu harus keluar uang transpot dan uang makan siang. Tapi sekarang kamu bisa menekan pengeluaran itu. Sehingga bisa kamu sisihkan untuk tabungan masa depan.

Kamu bisa lebih fokus bekerja karena didukung tempat yang nyaman. Home sweet home adalah ungkapan yang paling tepat. Di mana pun kamu berada, rumahlah tempat yang paling nyaman. Begitu pula jika kamu bekerja di rumah.

Kamu bisa lebih fokus dengan kerjaanmu karena didukung tempat yang nyaman untuk berpikir dan memajukan bisnis.

Kitalah bos-nya. Di sisi lain kelebihan yang telah disebutkan terdapat pula risiko yang menjadi kekurangan jika kamu memilih bekerja di rumah.

Sungguh enaknya menjadi bos, seperti kamu saat ini yang sudah bekerja di rumah. Mau berpakaian seperti apa, bekerja di atas tempat tidur yang empuk, atau di gazebo belakang rumah yang asri dengan beberapa toples camilan pun bisa kamu lakukan.

Tak akan ada yang komplain karena kamu adalah bosnya, dan bebas mengatur diri saat bekerja untuk meraih sukses dari bisnismu ini.

Di antaranya kekurangan kerja di rumah adalah keterbatasan pergaulan. Bisa jadi pada saat-saat tertentu kamu akan merasa kurang pergaulan karena terlalu sibuk di rumah.

Mudah terganggu. Seandainya kamu tidak menentukan batasan yang jelas antara urusan keluarga dan pekerjaan, bisa saja profesionalitasmu taruhannya.

Dan saat urusan kerja sambilan di rumah itu terusik oleh tugas rumah, hal tersebut justru dapat membuat masalah kian menumpuk.

11Tips Jalani Bisnis dengan Dana Terbatas

businessinsider.com

Memulai bisnis sesuai keahlianmu. Hindari merambah bisnis pada bidang yang kamu awam di dalamnya.

Pastikan membangun bisnis sesuai keterampilan dan pengetahuan yang kamu miliki. Karena jika kamu paham dalam bidang tersebut, kamu tidak memerlukan konsultan untuk membangun bisnismu.

Promosikan bisnismu. Beritahu keluarga, teman, kontak bisnis, dan rekan masa lalu tentang bisnis barumu. Kamu dapat mempromosikan bisnismu melalui sosial media, sms, email atauh bahkan telepon.

Teman, anggota keluarga, kawan lama dapat membantumu menyebarkan informasi tersebut. Teknik promosi dari mulut kemulut dapat membantu memperkenalkan bisnismu kepada khalayak yang lebih besar.

Hindari potensi stress. Alih alih pusing dengan lilitan utang karena pembelian komputer baru, perabot kantor, telepon.

Sebaiknya perlengkapan tersebut dibeli dari pendapatan internal bisnismu. Bebas stres dan utang akan sangat membantu meningkatkan peluang dan menciptakan bisnis yang sukses.

Buah kerja keras. Ketika memulai bisnis, banyak pengusaha bekerja keras sepanjang waktu, menangani berbagai aspek bisnis terkait pemasaran, dan pertumbuhan bisnis. Kamu harus pandai mengelola bisnismu agar kerja kerasmu membuahkan hasil.

Artinya, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka usahakanlah dengan maksimal. Selamat bekerja!

SHARE