Tertarik bisnis online? Atau kamu sudah berencana kuat untuk berjualan online sesegera mungkin? Kamu sudah tahu strateginya?

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan gadget dan media sosial saja tanpa tahu cara-cara jitu bagaimana berjualan lewat dunia maya. Memanfaatkan gadget dan media sosial untuk jualan produk harus dengan strategi juga lho.

Sebelum memulai berjualan, ada baiknya kamu perhatikan 10 strategi keren berikut ini. Semoga membantu ya.

1Jual Produk Berbeda

shopify.com

Cobalah survei produk terlebih dahulu. Barang apa yang banyak dijual di pasaran. Jangan pernah takut mencoba hal baru, ketika terlintas dalam pikiranmu untuk menjual barang yang masih jarang dijual orang. Misalnya, tas berbahan karung goni.

Usahakan kamu memilih produk unik yang masih jarang dijual di pasaran. Dengan memilih produk jual yang berbeda dari biasanya, maka kamu akan lebih mudah menciptakan sebuah brand dan memasarkannya.

2Tentukan Pasar

blog.sribu.com

Menentukan sasaran atau siapa saja yang akan membeli produkmu adalah salah satu hal penting untuk memulai bisnis online. Kalau kamu jualan jilbab tapi sasarannya pemuda dan bapak-bapak, tentu ini salah kaprah.

3Siapkan Sarana dan Prasarana

duniaperbankan.com

Pastikan sebelum berjualan, kamu siapkan rekening yang khusus dijadikan pemasukan dari barang jualanmu. Hal ini akan memudahkanmu untuk menghitung keuangan.

Coba kalau kamu mencampur pemasukan dari bisnismu ke rekening pribadi. Tentu kamu akan pusing memilah-milah dan membuat catatan keuangannya.

4Jadilah Reseller

musaitaly.com

Kamu tidak perlu modal awal untuk berjualan online. Kalau kamu masih kesulitan memulai menjual produkmu sendiri, maka jadilah reseller dulu.

Dengan menjadi reseller, kamu akan belajar bagaimana teknik menjual sebuah produk, sekaligus belajar bagaimana mencari dan menemukan pasar (konsumen). Justru kamu akan mendapat keuntungan lebih dengan cara ini.

Sehingga nantinya ketika kamu membuka usaha sendiri, kamu bisa menggunakan pasar (konsumen) yang sudah kamu temukan dan sudah biasa kamu bertransaksi dengan mereka. Enak, kan?

5Catat Setiap Transaksi

cermati.com

Dengan mencatat setiap pembelian, kamu bisa memperkirakan jumlah untung dan ruginya. Pecatatan setiap transaksi merupakan hal wajib supaya kamu bisa memperhitungkan siklus penjualan secara tepat.

Menjadi pedagang online juga harus pintar mengelola administrasi, ya. Jangan sampai kamu malas mencatat, apalagi bagi reseller yang distributornya berada di beda kota. Pembukuan keuangan menjadi sangat wajib hukumnya.

6Akrab dengan Media Sosial

bacsense.com

Sekarang menjamur jenis media sosial dan aplikasi ponsel yang dapat membantu kelancaran bisnismu. Manfaatkanlah whatsapp, instagram, blog (wordpress, tumblr, blogspot), BBM, path, line, twitter, facebook.

Mulai saja dengan akun pribadimu terlebih dulu. Karena kamu baru memulai, belum memiliki pasar, maka gunakan jaringan pribadimu untuk menawarkan produk.

Promosikan produk jualanmu dengan maksimal dan jangan sampai mengabaikan media sosial. Karena zaman sudah menuntut setiap orang untuk mau tak mau harus mengubah cara hidup dan beradaptasi.

Jika tak ingin tertinggal, maka ikuti perkembangan teknologi. Asalkan tetap digunakan untuk kebaikan, bukan sebagai hiburan semata.

7Menjadi Penjual yang Ramah

pixsearching.com

Pembeli adalah raja. Maka berjualanlah dengan hangat dan ramah. Hindari kalimat yang terkesan sinis atau jutek kepada pelangganmu. Misalnya saja, gunakanlah emoticon senyum di setiap pesan teks ketika merespon konsumen.

Itu hal-hal sepele tapi sangat berarti lho. Menumbuhkan rasa nyaman dan percaya di hati para pelanggan memang sulit. Tapi pasti kamu bisa jika mulai melakukannya dari hal-hal sederhana seperti ini.

8Buat Promo Menarik

hompimpa.id

Berikan diskon pada hari-hari tertentu, misalnya ketika mendekati hari raya atau momen menarik lainnya. Kamu bisa membuat tema promosi yang seru, unik, dan menarik hati.

9Yakinkan dengan Testimoni

kpr-bni.blogspot.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa menumbuhkan rasa percaya di hati konsumen adalah hal yang sulit. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan respon positif dari pembeli-pembeli sebelumnya untuk meyakinkan pembeli selanjutnya.

Testimoni atau feed back dari pembelimu harus asli, tidak boleh dibuat dari hasil mengarang sendiri. Caranya bisa dengan screen capture testimony itu dari gadgetmu, lalu perlihatkan di media sosial. Mudah, kan?

10Passion

estebangomez.net

Segala macam rintangan, mulai dari keluhan pembeli, salah mencatat administrasi, barang dagangan belum terjual selama sekian waktu, tidak membuatmu patah semangat atau bersedih, maka kamu memang pantas terjun di dunia ini.

Seiring berjalannya bisnismu, kamu juga harus menambah ilmu dengan belajar teori-teori dasar membuka usaha online. Tidak ada yang susah jika kamu mau belajar.

Bisnis online ini sebenarnya juga cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, dan siapapun yang tidak ingin terikat waktu kerja di ruangan kantor.