Memiliki bisnis sendiri dan bisa dijalankan dari rumah bagi setiap ibu rumah tangga sudah bukan lagi sekedar impian belaka. Saat ini sudah begitu banyak pilihan usaha rumahan yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga.

Ada banyak sekali ibu rumah tangga yang ingin memiliki karier yang bagus di kantor atau perusahaan terkenal. Sebagaimana salah satu alasan mengapa para wanita ingin bekerja di perusahan pemerintah atau perusahaan swasta yaitu untuk memiliki karier.

Namun ada pula alasan lain yang umumnya menjadi pemikiran utama para ibu ini. Yaitu agar mendapat penghasilan sendiri untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Pada saat para wanita hidup sendiri alias masih single, tentu memiliki karier tidak masalah.

Namun, di saat harus menjalani hidup berkeluarga, dilema dan perang batin mulai timbul antara harus bekerja di luar rumah atau tinggal saja di rumah sebagai ibu rumah tangga dengan hanya mengurus suami dan anak.

Seringkali karena tanggung jawab mengurus rumah tangga dan anak, membuat mereka akhirnya harus melepaskan keinginan tersebut.

Meski banyak juga wanita karier yang sudah menikah namun tetap bisa bekerja di banyak sektor pekerjaan. Bahkan di antara mereka dapat memiliki jabatan tinggi seperti direktur, dekan atau memiliki gelar profesor.

Walau demikian, menjadi seorang ibu rumah tangga (IRT) bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan juga memiliki karier tersendiri. Dengan menjalankan bisnis rumahan, para Ibu rumah tangga tetap dapat melaksanakan semua aktivitas dengan baik.

Memilik bisnis rumahan yang menjanjikan dan dikelola sendiri, tentu membutuhkan kemampuan. Khususnya dalam hal pengaturan atau manajerial. Hal ini penting agar dapat berhasil dan tidak mengalami kerugian, seperti kehilangan modal atau tertipu oleh partner.

Bagi para ibu rumah tangga yang pernah memiliki pengalaman saat single dulu, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagi ibu-ibu rumah tangga yang belum memiliki banyak pengalaman atau bahkan bisa dibilang nol besar, maka harus memilih bisnis yang aman.

Lebih baik mereka memilih usaha yang cukup dengan modal kecil dan tidak memiliki resiko gagal dengan hilangnya uang terlalu besar. Walau mungkin keuntungan yang diperoleh juga tidak terlalu besar pula.

Namun ketika harus memilih usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil, para ibu tetaplah harus memiliki minat untuk menjalaninya. Karena percuma saja menjalankan usaha yang telah memenuhi syarat sebagai pemula, namun tidak diminati.

Karena hampir dapat dipastikan usaha tersebut tidak akan berhasil dan bisa berhenti kapan saja, bahkan sebelum memulainya. Dengan memiliki minat terhadap jenis usaha tersebut, maka kemungkinan berhasil atau setidaknya tidak mudah menyerah, akan semakin besar.