Siapapun kamu, karyawan atau ibu rumah tangga sah-sah saja untuk melakukan aktifitas yang bertujuan meningkatkan ekonomi keluarga seperti menjalankan bisnis sampingan. Banyak hal yang bisa diupayakan.

Meski menggunakan modal kecil, bukan mustahil suatu saat nanti menjadi besar. Ketika hendak memulainya, jangan sampai ada pikiran negatif seperti meremehkan usaha yang kamu upayakan karena berangkat dari bisnis kecil-kecilan.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa usaha kecil yang dikelola dengan sungguh-sungguh akhirnya juga memberi income yang tidak sedikit.

Beberapa usaha sampingan yang barangkali  bisa kamu coba antara lain seperti berikut ini.

1Jual Pulsa

satujam.com

Pada awalnya, kamu terbatas hanya menjual pulsa kepada orang-orang di sekitarmu. Lalu lambat laun konsumenmu pun semakin banyak dan menjadi pelanggan setia. Mungkin diantara mereka akhirnya kulakan pulsa darimu. Dan akhirnya bisnis ini pun menjadi besar.

2Buka Bisnis Laundry

.garmentmachinery.com

Memulai berbisnis ini bisa kamu mulai dengan memanfaatkan satu buah mesin cuci dulu. Asalkan kamu memiliki tempat usaha di pinggir jalan.

Selain itu, pelayanan yang kamu berikan juga harus bagus. Maka makin lama, bisnis laundrymu akan semakin terkenal dan meningkat pesat.

3Bisnis Katering

majapahitacademyoftourism.blogspot.com

Kalau peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang pandai memasak. Cobalah salurkan keahlianmu itu untuk membuat katering kecil-kecilan saja dulu.

Kamu pun tidak membutuhkan modal besar. Cukup gunakan peralatan memasak yang sudah ada di dapurmu selama ini.

Hal yang lebih penting adalah mencari konsumen. Bila sudah mendapatkannya, kamu bisa mulai membuat makanan sesuai yang dipesan. Walau berangkat dari bisnis rumahan, banyak usaha katering yang akhirnya berhasil menjadi besar dan beromset milyaran.

4Jual Kendaraan Bekas

thenakedrider.wordpress.com

Kamu bisa memulainya dengan membantu menjualkan sepeda motor atau mobil bekas milik teman-temanmu. Selain itu, kamu bisa mencari kendaraan bermotor yang dijual dari berbagai informasi kemudian mencarikan calon pembelinya.

Usaha awal memang menjadikanmu seorang makelar. Tetapi setelah kamu berhasil mengumpulkan modal dari usahamu itu, kamu bisa mencoba untuk membeli sepeda motor atau mobil dan dijual kembali.

Pastikan saat membelinya, kendaraan tersebut surat-suratnya lengkap dan tidak bermasalah.

5Jasa Jahit Pakaian

mufidcell.wordpress.com

Usaha ini juga bisa dijalankan bagi kamu yang memiliki keterampilan menjahit. Kamu bisa memulainya dengan menerima jahitan dari tetangga dan orang-orang di sekitarmu.

Cukup pasang papan nama atau keterangan di depan rumahmu bahwa kamu bisa menerima pesanan jahitan. Meski sudah banyak yang membuka usaha menjahit, jangan sampai minder untuk memulainya.

Sebab lebih banyak lagi orang yang membutuhkan jasa jahit pakaian sepertimu. Modal yang diperlukan pun tidak begitu besar dan juga tidak terlalu banyak makan tempat.