Menjadi seorang karyawan suatu perusahaan negeri atau swasta kadang memang menjenuhkan, secara bekerja ya gitu-gitu saja, penghasilan juga jarang sekali ada kenaikan, alhasil ketika ada kebutuhan yang banyak kadang kerepotan.

Maka tak heran banyak dari mereka yang sudah menjadi karyawan suatu perusahaan masih saja mencari tambahan penghasilan. Sayangnya kelemahan mereka memang tidak bisa bebas karena terika dalam perusahaan.

Mau tidak mau nyari tambahan penghasilan di sela-sela waktu istirahat, saat libur atau saat waktu habis bekerja.

Bagi kamu yang seorang karyawan dan ingin mencari tambahan penghasilan padahal jam kerja kamu sudah full, simak disini ya, ada beberapa sampingan untuk nambah penghasilan yang bisa kamu coba.

1Menjadi Reseller

urpad.net

Menjadi reseller atau penjual lagi ini sangat gampang lho, kamu jadi jasa penjual kedua untuk menyarikan barang yang dipesan teman-teman kamu. Kamu bisa jualan sesuai pesanan tanpa harus kulakan barang banyak.

Waktunya pun juga bebas, di sela-sela jam istirahat kantor, saat pulang kerja atau malam juga bisa, modelnya kan ketemuan dengan pembeli dan apa aja bisa kamu jual sesuai pesanan, asal kamu juga harus punya kenalan di tempat jualan barang-barang tersebut.

2Memanfaatkan Investasi

bisniskeuangan.kompas.com

Jika kamu punya tabungan kamu bisa investasikan dengan melakukan usaha bisa sendiri bisa juga dengan teman kamu.

Macam-macam investasinya, bisa lewat emas, saham, properti, dan lain-lain. Misalnya kamu sudah berinvestasi sepetak ruko, tempat itu bisa kamu sewakan menjadi warung internet, warung makan, atau tempat lainnya yang bermanfaat.

Jadi ketika kamu tidak bisa melakukan pekerjaan itu, hasilnya akan tetap masuk kantong kamu, lumayan kan?

3Maksimalkan Hobi dan Bakat Kamu

maxmanroe.com

Kamu yang punya hobi memasak, hobi ngetik atau punya bakat nulis, kamu bisa mencari tambahan penghasilan bisa lewat masakan kamu, kamu jualan masakan yang dibungkus-bungkus gitu lalu dititipin ke warung-warung tetangga.

Kamu yang punya bakat nulis, bisa jadi freelance atau nulis trus dikirim ke koran atau penerbit majalah, walau tidak sebulan sekali ya lumayan honornya jika tulisan kamu lolos dan terbit ke media cetak.

4Jualan Online

sirclo.com

Jika kamu orangnya  mahir dalam bidang media sosial kamu bisa lho jualan online, jualan online itu gampang banget, tinggal cari tempat kulakan barang, foto barangnya dan upload untuk di tawarin ke media sosial.

Kamu pun bisa menawarkan barang itu kapan pun kamu mau, tidak ada jamn batasan, bahkan saat tengah malam pun juga bisa, cuma memang kamu butuh modal koneksi internet atau smartphone untuk jualan.

Itulah beberapa usaha sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan, yang pasti masih banyak peluang lain, asal kamu mau bergerak dan kreatif menggali potensi diri kamu dan jangan sampai pekerjaan jadi karyawan terbengkalai.

Semoga bermanfaat ya