Bolu kukus merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang banyak digandrungi. Biasanya disajikan pada saat acara-acara tertentu seperti hajatan, lamaran, atau pertemuan tertentu.

Bosan dengan bolu kukus yang biasa-biasa saja? Ikuti cara ini yuk, supaya bolu kukus kamu menjadi istimewa.

1Bolu Kukus Mawar Pelangi

tokopedia.net

Pernah melihat bunga mawar? Cantik sekali bukan bentuknya? Performa bunga mawar ini dijiplak habis untuk membentuk bolu kukus. Hasilnya, bolu kukus pun tampil beda.

Gampang kok, cara membuatnya. Pertama, kamu siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu tepung terigu, susu bubuk, telur, gula pasir, santan, pewarna makanan, minyak goreng, dan baking powder.

detakkehidupan.wordpress.com
detakkehidupan.wordpress.com

Kedua, panaskan panci yang akan kamu gunakan untuk mengukus bolu. Sambil memanaskan, kocoklah gula dan telur hingga mengembang lalu masukan baking powder, tepung, dan susu. Aduk sampai tercampur rata.

Kalau sudah, masukan santan dan minyak kemudian bagilah menjadi tiga bagian yang masing-masing diberi pewarna. Langkah selanjutnya, siapkan cetakan dan olesi dengan minyak.

Adonan dituangkan ke dalam cetakan mawar. Setelah itu masukan cetakan berisi adonan ke dalam panci pengukus.

Kukuslah adonan dengan api sedang dan tutup panci menggunakan kain yang bersih dan kering. Kukus adonan 10 menit hingga matang lalu sajikan.

Sekarang bolu kukus mawar pelangi siap kamu santap.

2Bolu Kukus Berlapis

aviekitchen.blogspot.com

Ingat kue lapis? Bolu kukus ini mirip sekali dengan bentuk kue lapis. Tapi, sebenarnya bukan kue lapis melainkan bolu kukus pelangi.

Kalau kamu ingin membuat, siapkan bahan-bahan berupa terigu, gula pasir, telur, SKM, minyak goreng, pengembang kue, baking powder, dan pewarna.

Langkah pertama, masukan gula pasir, telur, pengembang kue, dan baking powder ke dalam pengocok.

dapurresepnusantara.blogspot.com
dapurresepnusantara.blogspot.com

Gunakan kecepatan tinggi agar adonan cepat mengembang. Kemudian campurkan terigu, minyak goreng, dan susu ke dalam adonan tadi, aduk hingga rata.

Seperti biasanya, adonan tersebut dibagi menjadi tiga bagian yang masing-masingnya diberi pewarna sesuai selera.

Jika semua proses telah dilakukan, masukan adonan ke dalam cetakan berukuran 20 x 20 cm dan olesi dengan mentega atau minyak goreng. Untuk proses mengukus, masukan secara berurutan ya.

Pertama, adonan berwarna hijau, kemudian kuning, dan terakhir merah. Masing-masing dikukus selama 10 menit. Secara keseluruhan dikukus kurang lebih selama 20 menit sampai matang.

Nah, kini bolu kukus berlapis pelangi telah siap dihidangkan. Kamu bisa menyajikannya di dalam piring ceper atau dipotong kecil-kecil dan dimasukan ke dalam plastik.

3Bolu Kukus Pelangi Singkong

sajianistimewa.com

Biasanya bolu kukus berasal dari bahan terigu. Kali ini, bolu kukus akan dibuat dari bahan singkong.

Bahan-bahan yang harus disiapkan tidak banyak, yaitu singkong, telur, gula pasir, pengembang kue, vanili, minyak goreng, dan pewarna makanan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni mengupas singkong dan membersihkannya. Sesudah itu, parut singkong dan peras airnya. Upayakan mendapatkan berat 350 gram. Jangan lupa sisihkan ampasnya.

abdul-hamid.com
abdul-hamid.com

Prosedur selanjutnya adalah mengocok telur, gula pasir, pengembang kue, dan vanili. Kocok hingga benar-benar mengembang ya. Kemudian masukan singkong yang sudah diparut, kocok kembali sampai rata.

Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan tadi dan aduk memakai spatula. Selanjutnya, adonan dibagi menjadi tiga sesuai warna yang diinginkan.

Jika sudah siap, tuangkan ke dalam cetakan kecil yang sebelumnya sudah diolesi mentega atau minyak goreng. Kukuslah adonan selama kurang lebih 20 menit.

Bagaimana, guys? Apakah kamu siap mempraktekannya?