Setelah membeli selai atau manisan biasanya botol jar menjadi barang yang tidak terpakai. Botol kaca ini sayang jika hanya berakhir di bak sampah.

Padahal dengan sedikit sentuhan kreativitas, botol jar dapat di sulap menjadi karya unik dan bermanfaat. Bahkan kamu dapat menjadikannya sebagai peluang usaha dengan karya unik tersebut.

Bentuknya yang kokoh lantaran terbuat dari kaca serta karakternya yang bening membuat botol jar lebih luwes dimanfaatkan menjadi berbagai karya unik dibandingkan botol plastik. Selain itu hasil karya yang dihasilkan terkesan lebih eksklusif dan tidak murahan.

Berikut ini 6 inspirasi menyulap botol jar menjadi karya unik.

1Tempat Menyimpan Bumbu Bubuk

architecturendesign.net

Ibu-ibu yang sering menjamah dapur tentu saja mengerti bahwa garam, gula, penyedap rasa, dan bumbu-bumbu yang berwujud bubuk harus ditempatkan tempat tersendiri.

Tempat tersebut harus rapat dan mudah saat akan digunakan. Jika wadahnya kurang rapat, maka uap air akan mudah masuk dan bumbu mudah rusak.

Jika menggunakan wadah yang buram akan berisiko salah mengambil bumbu saat dalam kondisi tergesa-gesa. Kamu bahkan dapat salah memberikan garam pada teh yang akan disajikan kepada suami saat ia pulang kerja.

Gunakan botol jar untuk tempat bumbu bubuk dengan sedikit modifikasi. Botol jar modifikasi memiliki beberapa keunggulan.

Botol jar yang berasal dari kaca kedap terhadap udara dan tidak terjadi reaksi kimia dengan bumbu makanan tersebut. Berbeda dengan botol plastik yang kemungkinan akan terjadi reaksi kimia jika disimpan terlalu lama.

Gunakan tutup wadah bumbu yang sudah tidak terpakai. Kemudian modifikasi tutup bumbu tersebut ke tutup botol jar. Sekarang kamu dapat menggunakan bumbu bubuk sesuai kebutuhan.

2Frame Foto Unik

architecturendesign.net

Gunakan botol jar menjadi frame foto unik tanpa memodifikasinya sama sekali. Masukan cetakan foto ke dalam botol jar dengan posisi terbalik.

Agar lebih unik gunakan ukuran botol jar yang berbeda-beda untuk tempat cetakan foto berbagai ukuran. Foto kamu akan terhindar dari kerusakan oleh air dengan frame yang terkesan eksklusif.

3Tempat Menyimpan Sabun

architecturendesign.net

Modifikasi botol jar menjadi tempat menyimpan sabun hampir sama dengan modifikasi tempat menyimpan bumbu halus. Gunakan tutup botol sabun yang tidak terpakai.

Kemudian tempelkan pada tutup botol jar. Kamu tak perlu lagi membeli sabun cair dengan kemasan botol. Kamu hanya perlu membeli sabun kemasan refill dengan harga yang lebih murah daripada kemasan botol.

Modifikasi ini juga dapat digunakan untuk tempat menyimpan hand body lotion atau hand sanitizer.

4Lampu Gantung

architecturendesign.net

Dapur dan kamar kamu akan lebih spektakuler dengan lampu gantung. Namun biasanya lampu gantung memiliki harga yang mahal.

Kamu tak perlu khawatir. Gunakan botol jar untuk membuat lampu gantung. Namun pembuatan lampu gantung dari botol jar ini membutuhkan sedikit kecermatan untuk alasan keamanan.

Biasanya kamu anak laki-laki yang suka bermain dengan benda-benda teknik lebih memahaminya. Berikan ventilasi pada jar sehingga jar tetap aman saat lampu menyala.

5Tenpat Menyimpan Benang

architecturendesign.net

Kamu yang hobi menyulam atau menenun pasti menyimpan benang dengan berbagai warna dan jarum dengan berbagai ukuran. Gunakan botol jar bekas untuk menyimpan berbagai peralatan jahit kecil.

Agar lebih mudah saat digunakan, modifikasi bagian atas botol jar menjadi bantalan jarum. Gunakan saringan dan sedikit dakron untuk bantalan jarum di atas botol jar.

6Terarium

architecturendesign.net

Tanaman-tanaman kecil akan memberikan nuansa segar pada ruangan. Gunakan botol jar sebagai terrarium atau tempat menyimpan tanaman-tanaman kecil. Agar lebih menarik tambahkan kerikil warna-warni dan beberapa tanaman yang berbeda.

Mulai sekarang berpikirlah lebih kreatif memanfaatkan barang-barang bekas. Selain dapat mengurangi pengeluaran keluarga, kamu juga dapat mengurangi beban sampah terhadap lingkungan.

SHARE