Pernahkan kamu berfikir jika seseorang yang memiliki kemampuan fisik sangat terbatas kemudian mengikuti sebuah kompetisi olahraga bagi orang normal dan menyelesaikannya dengan sempurna?

people.com
people.com

Brendan Ferreira, seorang mantan atlet motorcross dan pernah menjadi tentara angkatan darat Amerika Serikat ini baru saja menyelesaikan kompetisi olahraga di negaranya.

CrossFit Games Open. Sebuah kompetisi kebugaran yang rutin diselenggarakan ini menjadikannya dikenal masyarakat dunia.

Tidak hanya terkenal sebagai atlet kenamaan karena prestasi dan tekadnya yang menginspirasi banyak orang. Sebelumnya, pria yang tinggal di Massacuset, Amerika Serikat ini didaulat menjadi pelatih di CrossFit Seekonk, Massacuset bagi warga sekitar.

kisah.top
kisah.top

1Awal cerita Brendan Ferreira

thesunchornicles.com

Bermula saat dirinya mendapatkan pertanyaan dari anggota kebugaran yang dilatihnya. Akankah Brendan ikut dan berhasil masuk dalam kompetisi tersebut. Maka dengan tekad membaja dan pantang menyerah, dirinya mendaftarkan diri mengikuti kompetisi bergengsi itu. Tidak kurang dari 40 orang anggota klub kebugaran tempatnya berlatih ikut pula mendaftar.

Kondisi fisik yang sangat terbatas justru membuatnya kreatif dan bersemangat. Peraturan dalam kompetisi telah menetapkan standar untuk jenis alat dan jumlah beban yang harus dia selesaikan. Maka dengan merubah beberapa gerakan mengangkat beban yang dilakukannya secara rutin saat latihan, membuatnya berhasil menyelesaikan seluruh tantangan tanpa mengalami kesulitan yang berarti.

Seperti sebuah pepatah. Bila kamu belum berhasil mencapai tujuanmu. Maka jangan rubah tujuanmu itu. Namun rubahlah caramu mencapainya.

2Kisah Brendan Ferreira harus kehilangan tangan dan kaki

youtube.com

Brendan mulai tertarik untuk bergabung menjadi tentara semenjak dia lulus dari SMA. Baginya menjadi tentara adalah mimpi dan segalanya yang lama dia harapkan. Sebagaimana sosok tentara yang sering dia lihat di layar kaca televisi maupun di sekitar tempat tinggalnya.

Membawa senapan, aktivitas naik turun gunung, melakukan pengamatan diam-diam serta perang yang terus memacu hormon adrenalin adalah mimpi bagi sebagian besar prajurit, termasuk dirinya saat itu. Disamping mimpi indah yang menjadi angannya, ada mimpi buruk yang siap membayangi setiap saat.

9 Maret 2010 adalah tanggal dimana mimpi buruknya dimulai. Ketika itu dia bertugas di Afganistan sebagai seorang serdadu perang. Peristiwa mengenaskan itu berawal saat seorang prajurit Afganistan menyerangnya menggunakan bom bunuh diri. Saat bom meledak, ledakannya dapat terlihat hingga 3 mil.

Kemudian Brendan terlempar hingga setinggi hampir 4 meter. Setelah terjatuh, Brendan yang tidak kehilangan kesadarannya berusaha untuk bangkit. Saat itulah dia baru menyadari jika ternyata tangan kirinya hilang. Tim penyelamat membutuhkan waktu evakuasi sekitar 15 menit hingga dia mendapatkan tindakan perawatan atas luka parah yang dideritanya.

Akibat dari serangan ini, Brendan harus kehilangan tangan kirinya, kehilangan penglihatan dan separuh pendengarannya. Tulang wajahnya pun mengalami retak parah. Dia harus melewati 45 (empat puluh lima) kali pembedahan yang harus dijalaninya dalam jangka waktu dua bulan untuk mengobati luka-lukanya ini.

Tidak berhenti sampai di situ. Brendan harus mengalami mimpi buruk kedua kalinya saat dia harus divonis kehilangan kaki kirinya. Sejak saat itu dia mulai kehilangan selera makannya, mengabaikan setiap janji pertemuan dengan rekan-rekannya, memulai kebiasaan merokok, serta mengkonsumsi minuman beralkohol. Di mata orang lain Brendan tampak ceria, padahal saat itu dirinya merasa sangat tertekan dan frustasi.

games.crossfit.com
games.crossfit.com

Dalam menjalani perawatan di Walter Reed National Military Medical Center, Brendan kemudian berkenalan dengan dokter Elise McDougle, yang akhirnya menjadi pendamping hidupnya. Dia bersama Elise kemudian kembali ke Massacuset, Amerika Serikat.

Berkat dorongan dan dukungan Elise, pada akhirnya kehidupan Brendan membaik. Belakangan Elise mengenalkan dan meminta Brendan untuk bergabung dalam CrossFit dan akhirnya menjadikan dirinya menginspirasi banyak orang.