Buah adalah salah satu asupan makanan manusia. berbagai varian buah ada di dunia ini. Namun, tidak semua buah yang ada di dunia ini disebut namanya di dalam Al Quran.

Mungkin kamu bertanya-tanya, seberapa besar manfaat buah tersebut, atau ada rahasia apa dibalik penyebutan buah tersebut di dalam Al Quran. Berikut nama buah dan khasiat serta manfaat buah yang tertera didalam Al-Qur’an.

1Buah Anggur

infomadunn.blogspot.com

Dalam surat An Nahl ayat 11 Allah berfirman :

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Buah anggur ini sangat baik untuk dimakan baik ketika masih segar ataupun sudah kering. Anggur merupakan buah yang mudah dicerna, dapat menggemukan, dan dapat menyuplai gizi yang cukup.

Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.

2Buah Tin

buahtin.net

Buah tin bagi masayarakat indonesia memang agak asing namun tidak untuk namanya. Namanya sangatlah sering kita dengar tapi sangat sedikit yang secara langsung melihat bahkan sampai memakannya.

Nama buah tin bahkan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an yakni At-tin. Walapun hanya disebut sekali dalam Al-qur’an yakni dalam surat at-tin ayat 1, nyatanya buah ini memiliki berjuta manfaat bagi manusia.

Buah yang memiki kandungan kalsium, fosfor, besi , dan juga vitamin A dan B ini sering digunakan di dunia medis. Ia dipercaya mampu mengobati penyakit seperti sembelit, luka-luka, dan melancarkan haidh.

3Buah Kurma

www.tokopedia.com

Buah yang ketiga adalah buah kurma. Buah ini wajar jika ada dalam Al-Quran. Buah yang mudah ditemukan ini menjadi berkah di Arab Saudi. Yap! Buah kurma memiliki banyak manfaat dan di sukai penduduk dunia.

Oleh karena itu buah kurma sangat dikenal didunia. Tidak hanya sangat terkenal dan disukai banyak orang, buah kurma juga memiliki segudang manfaat.

Hmm, tapi kenapa ya di Indonesia buah kurma akan ramai kamu temui hanya di bulan ramadhan?

Kalau kamu punya jawabannya, jangan lupa tuliskan di kolom komentar ya guys.

 

SHARE