Siapa yang tidak kenal dengan buah kolang-kaling. Buah ini biasanya ramai ketika ramadhan, karena banyak orang yang menggunakannya untuk menu berbuka puasa. Kolang-kaling biasa juga disebut buah atap.

Bentuknya yang lonjong serta teksturnya yang kenyal membuat kolang-kaling sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%.

Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.

Wah, dengan kandungannya yang seperti ini tentu kolang-kaling memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Kita cari tahu yuk.

1Menguatkan Tulang

www.sayangi.com

Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium.

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu. Dan banyak orang takut mengkonsumsi susu karena membuat gemuk.

Kalau begitu kamu bisa beralih ke buah kolang-kaling untuk menjaga kesehatan tulang.

2Obat Radang Sendi

wartakesehatan.com

Buah kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi.

Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya.

Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini dalam keadaan sakit maka ada baiknya kamu mengkonsumsinya dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

3Melancarkan Pencernaan

budiawan-hutasoit.blogspot.co.id

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Setelah rutin mengkonsumsi kolang-kaling kamu akan lebih mudah dan teratur dalam membuang air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

4Obat Gatal-gatal

cangkaleng.com

Buah Kolang kaling memang sudah diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh.

Akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.