Buah merah merupakan tanaman yang berasal dari Papua. Nama latinnya Pandanus conoideus.

Orang Papua mengenal buah ini dengan sebutan tawi atau sauk ekendi. Buah merah banyak terdapat di dataran sedang hingga tinggi dengan suhu di bawah 17o celcius.

Ditinjau dari nama latinnya, buah ini masih ada kekerabatan dengan jenis pandan. Pohonnya seperti pandan, tinggi 16 meter dan buahnya berbentuk lonjong mencapai 55 cm. Rata-rata bobot buah merah yakni 2-3 kilogram.

Buah yang asli dari pulau paling timur Indonesia ini berwarna merah maroon. Buah merah telah ditanam sejak tahun 1983 oleh warga Papua bernama Nicolaas Maniagasi.

Itulah sebabnya banyak warga Papua yang mengonsumsi buah merah untuk menambah daya tahan tubuh dan kebutuhan energi.

Selain itu, buah merah ternyata memiliki kehebatan yang jarang dimiliki buah lainnya. Buah merah mengandung nutrisi luar biasa yang dibutuhkan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit.

Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan berikut.

1Mengobati HIV/AIDS

infoagribisnis.com

Penyakit HIV/AIDS dikenal sebagai penyakit yang paling sulit disembuhkan. Orang-orang mengatakan bahwa obat untuk penyakit ini belum ditemukan.

Padahal, buah merah merupakan buah mujarab untuk mengobati penyakit HIV/AIDS.

Kamu mungkin tidak percaya dengan fakta tersebut. Kehebatan buah merah mengobati penyakit HIV/AIDS telah dibuktikan oleh seorang dari Papua bernama Agustina Sawery.

Dia berhasil lepas dan sembuh dari HIV/AIDS setelah rutin mengonsumsi buah merah. Khasiat yang satu ini memang belum banyak diketahui orang. Buah merah mengandung tokoferol dan beta karoten.

Fungsi kedua zat tersebut yakni meningkatkan kekebalan tubuh. Virus HIV/AIDS dapat dihentikan siklus hidupnya karena kekebalan tubuh meningkat dengan kombinasi kekuatan tokoferol dan beta karoten.

2Meningkatkan Kecerdasan Otak

sonherbal.com

Kamu ingin makin cerdas? Cobalah konsumsi buah merah. Buah merah mengandung omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk mendukung perkembangan otak.

Anak-anak dari Papua banyak yang memakan buah merah. Mereka sudah mengetahui kehebatan buah merah ini dalam meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak.

3Mengobati Kencing Manis

buahmerah.biz

Kamu pasti sudah baca ulasan di atas tentang adanya kandungan tokoferol yang tinggi pada buah merah. Nah, ternyata kandungan ini juga bisa mengobati kencing manis.

Kandungan tokoferol mampu memperbaiki kinerja pankreas menjadi normal seperti sedia kala.

Kencing manis disebabkan karena pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Hal ini mengakibatkan gula darah naik sehingga memicu kencing manis.

4Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

ajaibdananeh.blogspot.com

Darah tinggi adalah penyakit yang umum dialami orang sebagian besar orang Indonesia. Kalau sudah sangat parah, penyakit darah tinggi bisa menyebabkan stroke. Mengerikan bukan?

Ketika jantung memompa darah terlalu cepat, darah akan meningkat drastis karena kekurangan oksigen.

bvbpengobatantradisionalsite.blogspot.com
bvbpengobatantradisionalsite.blogspot.com

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah merah. Buah merah mampu menormalkan sirkulasi darah dengan adanya kandungan tokoferol.

Kalau sudah terlanjur terkena stroke, belum terlambat mengonsumsi buah merah. Pasalnya, tokoferol dalam buah merah juga berfungsi mengencerkan darah yang menggumpal.

5Mencegah Kanker dan Tumor

indonetwork.co.id

Buah merah memang kaya akan kandungan tokoferol, beta karoten dan antioksidan.

Tidak hanya mampu mengatasi darah tinggi, buah ini juga bisa mencegah kanker dan tumor. Bahkan beberapa orang membuktikan, penyakit kanker yang mereka derita sembuh setelah mengonsumsi buah merah.

Kandungan-kandungan tersebut menyebakan kekebalan tubuh kamu semakin meningkat. Itulah sebabnya sel-sel kanker dan tumor dapat terhentikan siklus hidupnya. So, guys, coba yuk, mulai sekarang konsumsi buah merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here