gratitudeandgreens.com

3 Resep Unik yang Bisa Kamu Buat dari Buah Naga Merah

Posted on

Mungkin beberapa dari kamu yang menghabiskan masa kecil di desa, baru kali ini melihat buat aneh yang berwarna merah ini. Ini namanya buah naga, buah asli Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Namun, buah yang juga punya nama lain pitaya atau dragon fruit ini kini banyak dibudidayakan di daerah Asia. Selain di Indonesia, kamu juga akan menemukan buah ini di Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, Australia dan Jepang.

Kenapa dinamakan buah naga? Pada tahun 1870 seorang berkebangsaan Perancis membawa buah ini dari Amerika Selatan ke Vietnam. Oleh orang Vietnam buah ini kerap diletakkan diantara dua patung naga di atas meja altar.

Warna merah yang mencolok diantara dua patung naga yang dominan berwarna hijau membuat buah ini mendapat nama barunya, buah naga. Seperti buah yang merupakan telur naga legenda.

1wallpaperhd.com
1wallpaperhd.com

Umumnya buah naga merah hanya dikonsumsi segara seperti biasanya. Kebanyakan orang tidak mau repot. Karena bagi yang belum tau caranya, mengupas buah naga bisa jadi sangat menjengkelkan.

Namun, sebenarnya buah naga terutama buah naga merah mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi hidangan yang menarik di meja makanmu. Pertanyaannya, maukah kamu sedikit berkreasi dengan buah naga merah?

Nah, berikut ini beberapa resep cantik untuk menikmati buah naga, kamu mungkin harus mencoba salah satunya. Kamu akan kaget dengan hasil kreasimu sendiri menggunakan buah naga merah yang merona indah.

Puding Buah Naga Merah

jolingyeoh.blogspot.com
jolingyeoh.blogspot.com

Kamu butuh daging 1 buah naga yang dihaluskan (diblender), 300 cc air, 150 gram gula, 2 kemasan agar-agar komersial, 500 cc susu cair dan setengah sendok vanili.

Pertama, campur semua bahan yang dipersiapkan. Aduk hingga merata, lalu panaskan seluruh campuran tadi dengan api sedang. Siapkan wadah atau cetakan puding, basahi terlebih dahulu menggunakan air.

pengskitchen.blogspot.com
pengskitchen.blogspot.com

Tuangkan adonan puding yang telah mendidih ke dalam cetakan, kemudian tunggu hingga puding mengeras. Nah, agar lebih sedap saat disantap, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam lemari pendingin.

Sorbet Buah Naga Merah

obsessivecooking.com
obsessivecooking.com

Mungkin beberapa dari kamu akan asing dengan istilah sorbet. Sorbet adalah jus buah yang telah dibekukan kemudian dihidangkan dalam keadaan dingin seperti es krim.

Penasaran? Kamu bisa membuatnya sendiri. Kamu butuh 2 buah naga merah, ¾ gelas air dingin, 1 sendok jus lemon dan 2 sendok gula. Untuk variasi, jus lemon bisa kamu ganti dengan jus lainnya sesuai seleramu.

Pertama, potong buah naga merah menjadi dua dan ambil daging buahnya. Sisakan kulitnya untuk penyajian nanti. Kamu bisa bekukan kulit ini hingga kamu akan menggunakannya nanti.

Campur seluruh bahan hingga halus. Masukkan pada wadah, lalu bekukan. Sebenyum penyajian, kamu bisa cairkan sorbet terlebih dahulu di luar freezer selama 5 menit. Terakhir, sajikan sesuka hatimu, sesuai kreasimu.

Sate Buah Naga Merah Putih

wikihow.com
wikihow.com

Buah naga dibuat jadi sate? Apa bisa? Kamu bisa coba sendiri di rumah. Yang kamu butuhkan cukup buah naga merah dan buah naga putih. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan buah kiwi.

Pertama, potong daging buah naga menjadi kotak dengan ukuran sedang. Kemudian tusuk potongan daging buah naga dan buah kiwi dengan variasi yang kamu sukai.

wikihow.com
wikihow.com

Terakhir, kamu bisa memanggangnya di atas alat panggang tanpa asap. Kamu bisa menambahkan variasi dengan mencelupkan sate buah naga ke dalam madu, lalu memanggangnya kembali hingga tercium aroma harum.

Nah, sekarang kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana rasanya. Menggoda bukan?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *