Tikus merupakan binatang pengerat yang biasa kita temui. Kehadiaran hewan kecil ini sering mengganggu. Bisa dibilang tikus adalah hama yang menimbulkan kerugian bagi kehidupan manusia baik di lingkungan perumahan ataupun industri.

Kita sering menemui tikus dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tak jarang mamalia ini ada di rumah atau di lingkungan rumah kita.

Jenis tikus yang paling sering menyerang perumahan antara lain tikus got, tikus cokelat atau tikus rumah besar. Ada juga tikus laboratorium.

Namun, tikus rumah adalah tikus yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor memanjang. Selain itu, terdapat jenis tikus mencit yaitu tikus yang berukuran kecil yang biasanya  menggigiti barang-baranng seperti mebel.

Keberadaan tikus membuat kita risih. Betapa tidak, kita pasti merasa jijik terhadap hewan ini karena bisa membawa penyakit dan mengkontaminasi makanan di rumah.

Apakah di rumahmu disinggahi tikus? Tentu sangat mengganggu kan? Biasanya kebanyakan orang mengusir tikus dengan cara memasang jepretan atau bahkan menggunakan obat tikus.

Akan tetapi, meskipun demikian terkadang tikus-tikus masih saja kembali. Sungguh menjengkelkan bukan?

Eits, ada cara alternatif untuk mengusir tikus. Kamu bisa mengusirnya dengan cara menggunakan buah. Berikut buah untuk mengusir tikus.

1Buah Bintaro

halamankedua.files.wordpress.com

Buah bintaro adalah buah yang sering djumpai di daerah pesisir pantai yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh.

Ada juga yang menyebut bintaro sebagai Mangga laut karena buahnya hampir mirip seperti buah mangga.

Meskipun tampak halus dari luar, buah bintaro tidak mempunyai daging buah. Dibalik kulitnya terdapat lapisan berupa serat seperti sabut kelapa kemudian di dalamnya terdapat biji.

Buah ini sangat beracun, tak hanya buahnya saja tapi juga daun dan getahnya. Racun pada buah ini cukup kuat karena dapat mengakibatkan terganggunya detak jantung manusia hingga menyebabkan kematian.

Nah, bisa kamu bayangkan jika buah ini untuk mengusir tikus. Tikus-tikus akan lari terbirit-birit kabur dan tak akan kembali lagi.

Caranya cukup mudah, letakkan buah bintaro yang masih muda dan baru dipetik di sudut ruangan atau pada tempat yang biasanya didatangi tikus.

Bau racun yang sangat menyengat membuat tikus-tikus tak akan berani menginjakkan kakinya di rumahmu.

2Buah Simpalak

ecs7.tokopedia.net

Berbeda dengan buah bintaro, buah simpalak memiliki karakteristik yang unik karena buah ini tidak beracun. Sehingga tikus tidak akan mati teracuni yang mengakibatkan adanya bangkai tikus dimana-mana.

Buah ini hanya membuat tikus enggan memasuki rumahmu. Cara pemakaianya sangatlah mudah, kamu hanya perlu meletakkan buah simpalak di tempat-tempat yang sering didatangi tikus.

Seperti di bawah lemari makan, kamar, plafon, ataupun dapur. Buah ini memilki khasiat sejauh sekitar 5 meter.

3Buah Mengkudu

www.harianlampung.co.id

Kamu pernah melihat buah ini? Atau bahkan membau buan mengkudu? Bagaiaman baunya? Tentu sangat tidak enak.

Buah ini memiliki aroma sangat menyengat yang tidak disukai oleh tikus. Siapkan dua atau tiga buah mengkudu, lalu potonglah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian.

Setelah itu taruh potongan-potongan tadi di tempat yang biasanya didatangi tikus.

4Buah Durian

farm6.static.flickr.com

Siapa yang tidak tahu akan buah ini. Pada musimnya buah ini menjdi ‘primadona’ yang banyak dicari oleh kebanyakan orang.

Umumnya buah ini banyak digemari oleh banyak orang karena kelezatannya dan tekstur buahnya yang lembut.

Tahukah kamu, selain enak ternyata buah durian dapat membuat tikus kabur dari rumahmu. Mengapa? Karena bau menyengat yang terdapat pada buah ini sangat tidak disukai tikus.

Kamu cukup menaruh kulit durian di tempat-tempat yang biasanya dilalui tikus. Tikus-tikus akan meninggalkan rumahmu.

Menarik dan cukup mudah kan cara mengusir tikus dengan buah. Kamu dapat menerapkan cara alternatif ini. Cara ini aman dan alami, rumah mu akan terhindar dari binatang hama tikus. Selamat mencoba.