Menurunkan berat badan dilakukan seseorang untuk beberapa alasan. Sebagian orang ingin menjadikan tubuhnya lebih sehat dan tampak bugar, sedangkan alasan lain ingin membuat tubuhnya memiliki bentuk yang ideal sehingga mempercantik penampilan.

Kamu bisa menurunkan berat badan dengan melakukan diet. Macam-macam jenis diet sudah banyak bermunculan di Indonesia akhir-akhir ini. Jika kamu masih ingat, ada diet golongan darah, diet mayo, diet rendah karbohidrat, diet OCD, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya prinsip dalam menjalankan diet untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi kalori dengan jumlah sedikit dan lebih banyak mengeluarkan kalori dari dalam tubuh melalui berbagai aktivitas.

Nah, ketika kamu melakukan diet, pilihlah buah-buahan yang memiliki kalori rendah untuk mengganti makanan lain yang tinggi kalori. Kamu pasti sudah tahu, jika buah merupakan makanan yang begitu penting untuk menjaga kesehatan dan menstabilkan berat badan.

Buah cocok digunakan untuk diet karena kandungan serat yang dimilikinya mampu membuatmu kenyang lebih lama. Meski buah-buahan itu memiliki manfaat dan kandungan yang baik, namun belum tentu semua buah itu berkalori rendah.

Jadi, sebaiknya kamu memilih buah yang rendah kalori untuk menurunkan berat badan. Buah berikut ini bisa kamu konsumsi sebagai camilan disaat perutmu merasa lapar.

1Buah Mangga

www.masakanpraktisrumahan.com

Buah yang memiliki musim panennya sendiri ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik jika dikonsumsi. Buah ini mampu meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah mangga bisa menjaga sistem pencernaan dan membantu melawan kanker.

2Buah Apel

siennylomanjaya.wordpress.com

Buah apel memiliki berbagai macam jenis dan tumbuh di berbagai belahan dunia. Jika kamu sedang melakukan program penurunan berat badan, makanlah apel yang kaya akan serat sehingga akan membantumu untuk merasa kenyang lebih lama.

Dalam sebuah apel, rata-rata mengandung 5 gram serat dan 85 persennya adalah air. Kandungan gula dalam apel juga sedikit serta mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah dan mengandung antioksidan.

Apel juga bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kolesterol dan mampu menyehatkan paru-paru.

3Buah Strawberry

www.majamojokerto.com

Warna yang merah dan bentuknya yang kecil membuat buah yang merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin A, vitamin K dan vitamin E ini memiliki penampilan yang cantik. Banyak orang yang senang dengan buah yang memiliki rasa manis sedikit masam ini.

4Buah Nanas

dayturnnight.com

Nanas adalah buah yang baik untuk dikonsumsi ketika diet, karena bebas dari kandungan kolesterol serta lemak, sehingga mampu mengontrol lemak dalam tubuh. Nanas mengandung 85% air, jadi nanas tidak memberikan kalori bagi tubuhmu.

Buah berwarna kuning ini juga kaya akan serat, vitamin serta antioksidan yang begitu dibutuhkan tubuh. Ketika kamu mengonsumsi buah ini, dijamin kamu akan merasa kenyang lebih lama.

5Buah Pisang

www.healthcareaboveall.com

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan buah yang mengandung serat cukup tinggi ini, dengan mengonsumsi pisang, kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta menunda rasa lapar yang berlebihan.

Jangan khawatir untuk mengonsumsi pisang, karena buah ini bebas lemak, kolesterol, dan natrium, akan tetapi kaya akan vitamin dan mineral.

6Buah Pepaya

servingjoy.com

Pepaya mengandung banyak serat, air serta rendah lemak dan kalori, jadi cocok untuk masuk ke dalam menu dietmu. Karena, buah ini bisa memperlancar pencernaan. Pepaya juga mengandung bitamin C, flavonoid, dan carotene yang diperlukan oleh tubuhmu.

7Buah Pear

mbg.com.my

Buah pear merupakan salah satu buah yang baik untuk diet. Serat yang dikandung dalam buah pear ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya, sehingga serat ini akan membantumu merasakan kenyang yang lebih lama.

Selain itu, pear juga mengandung kalium yang berguna untuk memelihara fungsi jantung.

SHARE