Buah-buahan sangat penting untuk kamu yang sedang hamil. Dengan mengonsumsi buah, kebutuhan nutrisi kamu dan janin akan terpenuhi.

Kandungan-kandungan penting dalam buah yang kamu dan janin perlukan antara lain, asam folat, beta karoten, vitamin C dan lain sebagainya.

Selain itu, adanya kandungan serat dalam beberapa macam buah dapat mengatasi masalah sembelit dan wasir yang biasa terjadi selama kehamilan.

Berikut ini adalah buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

1Delima Merah

caramakan.com

Buah delima merah asli, dewasa ini sulit dijumpai di Indonesia. Kalau pun ada, harganya cukup mahal. Per-kilogram buah delima merah harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Tapi, buah delima merah punya segudang manfaat, khususnya untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah ini, janin akan terhindar dari penyakit turunan dari orang tuanya.

Misalnya, orang tuanya punya penyakit asma, jika ibu hamil mengonsumsi buah delima merah selama hamil, maka potensi penyakit tersebut akan terputus dan tidak menular pada janin.

Hasil penelitian beberapa instansi menyatakan buah delima merah mampu mengatasi gangguan perut, jantung, gigi, rematik dan diabetes.

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah, makan buah delima ini secara teratur. Buah delima merah akan membantu menambah jumlah sel darahmu.

Selain itu, buah delima merah mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan teh hijau, jeruk atau anggur merah. Jika kamu rutin makan buah delima merah, kesehatan kulitmu akan terjaga.

Para ibu hamil perlu mencoba mengonsumsi buah delima merah. Harga mahal sedikit tidak apa-apa asalkan kamu dan janinmu sehat dan normal.

2Anggur

kusuka.com

Buah anggur mengandung beta karoten, omega-3 dan DHA yang membantu perkembangan otak janin.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam anggur yakni asam folat. Fungsi asam folat ini untuk mencegah cacat pada bayi lahir.

3Jambu Biji Merah

idzona.blogspot.com

Kamu terkena anemia? Cobalah konsumsi jambu biji berwarna merah.

Jambu biji merah kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya. Ibu hamil yang mengonsumsi jambu biji merah akan terhindar dari berbagai macam risiko kehamilan, misalnya bayi prematur, lahir cacat dan darah rendah.

Kandungan antioksidan, vitamin B3 dan B6 pada buah jambu biji merah terbilang tinggi. Ketiga nutrisi ini sangat baik untuk merangsang kecerdasan otak dan mencegah kepikunan.

Zat polifenol yang ada di dalam buah jambu biji merah juga dapat mencegah efek radikal bebas pada ibu hamil.

4Kiwi

axelthekey.com

Buah kiwi kini menjadi incaran banyak orang. Para ibu hamil yang telah mengetahui manfaat kiwi juga mengonsumsi kiwi sebanyak mungkin.

Buah yang eksotis dengan warna hijaunya ini memiliki manfaat istimewa. Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa buah kiwi mampu melindungi DNA dari kerusakan oksidatif.

Mengonsumsi buah kiwi selama masa kehamilan berguna untuk mencegah terjadinya keguguran.

Kandungan vitamin C dan mineral lainnya dalam buah kiwi membantu ibu hamil terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan, banyak-banyak konsumsi buah ini agar terhindar dari sembelit.

5Apel

ahlinyaasamlambung.com

Ibu hamil biasanya susah makan. Tentu ini berbahaya bagi perkembangan janin karena janin membutuhkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dimakan ibunya.

Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara mengonsumsi buah apel. Kalau kamu sedang hamil dan sulit makan, buah apel ini dapat menggantikan nutrisi yang terbuang dari makanan yang seharusnya kamu konsumsi.

Buah apel kaya akan serat sehingga membantu melancarkan buang air besar pada ibu hamil.

Manfaat lainnya yaitu, mencegah obesitas pada janin dan sang ibu, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menghindarkan dari penyakit diabetes.

6Mangga

bosacemaxs.web.id

Siapa yang tidak kenal buah mangga? Buah ini selalu menjadi favorit banyak kalangan. Beberapa ibu hamil bahkan ngidam buah mangga yang rasanya masih asam.

Buah mangga memang mengandung nutrisi penting untuk ibu hamil dan janinnya.

Zat gizi vitamin A pada buah mangga bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, ada kandungan vitamin B6 yang mampu membantu perkembangan saraf janin.

Cobalah mengonsumsi buah mangga secara rutin. Kamu akan mendapatkan kekebalan tubuh dari vitamin C yang ada di dalamnya. Kalau susah buang air besar, mengonsumsi buah ini adalah solusinya.

SHARE