Mungkin kamu merupakan salah satu penggemar buah naga. Buah yang memiliki bentuk unik ini pohonnya menyerupai kaktus dengan buah utama seperti naga bulat berwarna merah. Daging buahnya bisa jadi merah, bisa jadi putih.

Nah, ternyata ada beberapa jenis buah naga, bahkan ada yang berwarna ungu dan kuning juga. Jenis buah naga dengan kulit merah dan daging buah putih dinamakan Hylocereus undatus.

tentangbuahnaga.blogspot.com
tentangbuahnaga.blogspot.com

Sedangkan daging buah merah adalah jenis Hylocereus polyrhisus. Kalau Hylocereus costaricensis mempunyai daging buah berwarna merah perkat agak keungguan.

Sementara buah naga dengan kulit kuning dan daging buah putih merupakan jenis Hylocereus megelanthus. Buah naga yang mana yang ingin kamu tanam di halaman depan rumahmu?

Mari ikuti beberapa tips mudah memelihara buah naga tepat di depan rumahmu sendiri.

1Pengambilan Bibit

kimdemangan.wordpress.com

Kamu bisa pilih darimana bibitmu berasal. Kalau kamu ingin buah yang langsung dari bijinya, kamu bisa pilih cara tanam langsung dari biji buah naga. Nah, cara lain yang lebih cepat adalah menggunakan metode stek.

Kamu bisa beli tanaman buah naga hasil stek ini di penjual bibit buah. Pemeliharaan bibit hasil stek ini bisa mencapai 3 bulan. Pada umur ini tanaman buah naga kamu akan mencapai tinggi sekitar 50-80 cm.

2Pembuatan Tiang Perambat

buahnagakuning.com

Ini adalah bagian penting dalam budidaya buah naga. Tiang ini nantinya digunakan oleh batang tanaman buah naga untuk merambat. Kamu bisa buat tiang ini dengan logam atau kayu dengan diameter 10-15 meter.

Tinggi tiang sekitar 2-2,5 meter dan harus ditanam ke dalam tanah sedalam minimal 50 cm agar cukup kuat untuk menjadi media rambat tanaman buah naga. Di ujung atas buatlah menyerupai stir mobil dengan penopang membentuk “+”.

3Persiapan Pupuk

id.wikipedia.org

Untuk buah yang sehat tanpa tercemar senyawa kimia berbahaya, kamu cukup memupuknya dengan pupuk alami dari kotoran sapi, kambing atau kotoran ayam. Lebih baik lagi jika pupuk alami tersebut telah difermentasi terlebih dahulu.

Gunakan pupuk yang mengandung banyak nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K), jangan gunakan pupuk urea karena akan menyebabkan busuk pada batang tanaman.

4Persiapan Tanah

kulo-wongndeso.blogspot.comjpg

Sekarang kamu harus membuat lubang untuk menanam bibit buah nagamu. Buat lubang dengan ukuran 60×60 cm dengan kedalaman 25 cm. Pastikan bahwa posisi tiang persis berada di tengah lubang tanam tersebut.

Campurkan pasir, tanah galian, pupuk dan kapur pertanian. Tanaman buah naga membutuhkan banyak kalsium. Oleh karena itu, perlu ditambahkan kapur pertanian dalam membuat media tanam.

5Penyiraman

cara-obat.com

Di musim yang kering, kamu harus melakukan penyiraman sebanyak 3 kali pada tanaman buah naga kamu. Untuk sekala kecil rumahan, yang perlu dipastikan adalah tetap menjaga agar tanah tetap basah.

Penyiraman dapat dihentikan atau dikuragi ketika tanaman mulai berbunga dan berbuah. Penghentian proses penyiraman ini dimaksudkan agar pertumbuhan tunas dapat dikendalikan sehingga buah yang ada bisa maksimal.

6Pemangkasan Tamanan

buahnagakarimun.wordpress.com

Kamu perlu fokus untuk hanya merawat dan menumbuhkan 3-4 tunas saja dalam satu tanaman buah naga. Tunas dan batang lainnya dapat kamu pangkas. Tunas yang baik untuk ditumbuhkan adalah tunas bagian atas.

7Panen Buah

manfaat-buah-naga-alami.blogspot.com

Barangkali inilah buah naga yang memang seperti naga, mempunyai umur panjang hingga 15-20 tahun. Kamu bisa menghitung hari sekarang, buah naga pertama hasil tanammu sendiri mungkin bisa kamu panen pada bulan ke-10 hingga ke-12.

Satu buah matang beratnya mencapai sekitar 400-600 gram. Nah, buah yang siap panen akan berwarna merah mengkilap, mahkota buah mengecil dan pangkal buah menguncup atau seolah menjadi keriput.

SHARE