Kamu suka durian?

Hmm, memang buah yang satu ini memiliki rasa manis khas yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Selain nikmat untuk disantap langsung, buah durian juga enak jika dibuat menjadi bentuk kreasi makanan lainnya.

Ada es durian, jus durian, bahkan saus salah satu makanan khas Makassar, yaitu Pisang Epe pun terbuat dari durian.

Namun tahukah kamu? Bahwa buah favoritmu ini termasuk cukup sulit dalam pembudidayaan atau ternaknya.

Selain memang hanya tumbuh saat musimnya saja, banyak hal yang bisa menjadi penyebab buah ini gagal panen.

Maka sudah menjadi sesuatu yang lumrah, bahwa buah yang hanya bisa ditemukan di tempat tropis ini memiliki harga yang tidak murah juga.

Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana budidaya durian, atau memang ingin sekali memulai membudidayakan buah nikmat yang satu ini, intip yuk tips menarik berikut ini.

Berikut adalah tips meraih sukses panen, agar buah-buah durianmu ‘selamat’ dan berhasil tumbuh dengan sehat sampai waktu panen tiba dalam pembudidayaannya.

1Pengolahan Lahan

www.brawijayaecofoundation.com

Yang pertama sudah pasti yang harus kamu perhatikan adalah tentang masalah lahannya. Pilihlah lahan yang benar-benar baik dan cocok untuk media tumbuh bagi durian-durianmu kelak.

Lakukan pengolahan lahan sebelum musim hujan tiba, dan jangan lupa buatlah sebuah drainase atau parit kecil yang berfungsi sebagai wadah air saat hujan turun.

Drainase ini akan membantu mencegah lahan durianmu tergenangi air.

2Proses Penanaman

tamanstek.blogspot.com

Saat masa penanaman, kamu harus paham benar bagaimana cara menanam durian. Jika kamu masih bingung, kamu bisa berkonsultasi atau meminta pendampingan dari pakar lahan dan tanaman.

Ukur berapa jarak yang sesuai untuk tumbuh durian-durianmu agar tidak saling mengganggu satu sama lain.

Sebaiknya tanam bibit durianmu sebelum masa hujan tiba, atau pada awal musim hujan, di waktu sore hari. Agar tidak terlalu terik dan tidak terlalu basah.

Setelah ditanam, tutup lahan dengan jerami kering atau rumput kering agar ada kelembaban yang bagus bagi bibit-bibit durianmu.

3Proses Pemeliharaan

jendela-tani.blogspot.com

Dalam proses ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk dilakukan secara teratur dan penuh perhatian.

Hal-hal tersebut di antaranya adalah penyiraman, yaitu kamu tidak boleh menyirami durianmu terlalu basah. Gunakan air secukupnya agar tetap lembab dan segar.

Kemudian penyiangan, yaitu membasmi hama-hama tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan durian-durianmu, atau mengganggu kesuburan tanah media tanamnya.

Jangan lupa juga untuk memilihkan pupuk terbaik dan yang cocok bagi durian-durianmu. Biasanya yang dipakai adalah pupuk NPK dan Kompos dengan dosis masing-masing yang telah disesuaikan.

Jika kamu kebingungan dengan masalah ini, kamu bisa berkonsultasi atau meminta pendampingan pada ahli tanaman atau sarjana pertanian.

4Proses Pembentukan

widnurul.blogspot.com

Yang tidak boleh terlupakan adalah, ketika pohon durianmu sudah mulai tumbuh remaja, kamu harus mulai siap membentuknya dengan rapi agar dia tetap sehat sampai panen tiba.

Pangkaslah akar durianmu, agar jangan sampai terlalu panjang, namun cukup baik untuk tetap bisa mengambil sari-sari makanan dari dalam tanah.

Pemangkasan akar ini berfungsi agar durian cepat tumbuh dan mudah berbuah. Selain itu, buah yang dihasilkan juga konon akan lebih bagus kualitasnya, keras padat, dan tahan lama.

Selain pemangkasan akar, beberapa petani durian biasanya juga akan melakukan pemangkasan bentuk setelah pohon berusia sekitar satu tahun, dan juga penyerbukan buatan agar durian cepat berbuah.

5Proses Penjarangan

dadangrusnandar.blogspot.com

Nah, inilah tahap akhir ketika buah durian sudah mulai tumbuh. Tahap ini berfungsi untuk mencegah kematian buah durian, atau durian gagal berbuah.

Selain itu, penjarangan juga berfungsi sebagai penentu kualitas rasa, bentuk, tekstur, dan aroma dari buah-buah durian yang akan dipanen.

Penjarangan biasanya dilakukan setelah masa gugur bunga. Jadi setelah bunga-bunga gugur, maka proses penjarangan harus segerala dilakukan dan tidak boleh ditunda-tunda lagi.

Biasanya, penjarangan ini dilakukan dalam dua cara secara bersamaan, yaitu penjarangan secara mekanis dan pencarangan secara kimiawai.

Nah, itulah tadi sekilas tentang tips sukses membuat durian tetap ‘sehat’ sampai waktu panen tiba. Bagi kamu para penggemar durian atau yang ingin menanam durian, tips ini bisa kamu coba lho!

Namun jika kamu masih pemula, lebih baik kamu berkonsultasi lebih lanjut dan meminta pendampingan dari ahli tanaman agar hasil budidaya durianmu selamat sampai panen tiba. Selamat mencoba!

SHARE