Siapa yang tidak kenal dengan ikan mas. Ikan jenis ini sangat populer di kalangan masyarakat. Ikan emas merupakan ikan yang mempunyai habitat asli di area perairan tawari, sungai, danau ataupun waduk.

Ikan jenis ini termasuk jenis omnivora karena di alam bebas makanannya berupa daun-daun, lumut, seranggaa ataupun cacing.

Jika diolah ikan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Tubuhnya yang besar memanjang membuat ikan ini pantas untuk di gemari masyarakat di Indonesia. Berbagai olahan dari ikan mas memang mengundang selera makan dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Selain dapat dimasak menjadi makanan yang nikmat, ikan ini juga digunakan untuk mengisi kolam pemancingan. Kamu bisa melihat banyaknya pengunjung yang datang ke kolam ikan mas. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk ladang usaha budidaya ikan mas.

Tahukah kamu, pembudidayaan ikan mas sebagai ikan konsumsi telah lama dilakukan oleh China sejak 400 tahun Sebelum Masehi.

Peluang usaha budidaya ikan mas dirasa memiliki prospek yang bagus, melihat banyaknya permintaan yang tidak pernah surut untuk pemasokan ikan ini. Nah, bagi kamu yang ingin membudidayakan ikan emas, simaklah cara-cara berikut.

1Syarat Budidaya Ikan Mas

airport.co.id

Seperti kita ketahui di atas, habitat asli ikan mas adalah di perairan sungai, waduk ataupun danau. Dan berada pada ketinggian 150 – 600 m dpl (di atas permukaan air laut) serta suhu airnya 20o – 25oC.  Maka untuk budidaya ikan ini, kita usahakan membuat lingkungan yang hampir seperti habitat aslinya.

Perlu kamu perhatikan dari segi kualitas air. Kualitas air pada media budidaya ikan mas meiliki kisaran pH 7 – 8

Ikan mas dapat dipelihara di beberapa tempat, seperti di dalam kolam beton, kantong jaring apung, kolam tanah dan kolam air deras. Sedangkan untuk pemberian makan, dapat menggunakan berbagai macam jenisnya. Mulai dari pakan alami hingga pelet.

2Model Budidaya Ikan Mas

masperfish.files.wordpress.com

Nah, untuk budidaya ikan emas terdapat dua peluang usaha yaitu pembibitan ikan mas dan pembesaran ikan mas untuk konsumsi. Kamu dapat memilih sesuai dengan kondisi dan keinginan.

Namun,usaha pembibitan ikan mas memilki prospek yang cerah, karena terjadi perputaran modal yang cepat.

3Pembibitan Ikan Mas

alamtani.com

Peliharalah induk ikan mas yang akan dipijahkan di kolam khusus, yakni secara terspisah antara jantan dan betina. Kamu dapat memberikan makanan berupa pelet yang mengandung protein 25%. Pelet ini diberikan tiga klai sehari, dengan dosis pemberian pelet ikan mas 3% bobot biomas per hari.

Ikan mas betina yang diseleksi sudah dapat dipijahkan setelah berumur 1,5 – 2 tahun dengan bobot 2 kg dan ikan mas jantan beumur 8 bulan dengan bobot lebih dari 0,5 kg.

Ikan mas betina yang matang memiliki ciri-ciri gerakan lamban, pada malam hari sering meloncat-loncat, perut buncit ke arah belakang. Sedangkanikanmas jantan gerakannya lincah dan jika dipijat mengeluarkan cairan putih dari lubang kelamin.

4Pemijahan Ikan Mas

cebieylavigne.files.wordpress.com

Dalam proses ini ikan dirangsang dengan membuat habitat atau lingkungan perairan yang menyerupai habitat perairan dimana ikan mas memijah secara alami atau dapat dengan rangsangan hormon.

Langkah pertama bersihkan dan keringkan lokasi pemijahan (kolam/ bak). Kemudian isilah bak tersebut dengan air yang tingginya 77-100 cm. Selanjutnya pasanglah hapa untuk mempermudah panen larva di bak dengan ukuran 4 x 3 x 1 meter.

Selanjutnya pasanglah kakaban dalam hapa tadi yang berupa ijuk yang dijepit bambu dengan ukuran 1,5 x 0,4 m. Lalu kamu dapat memasukkan induk ikan mas jantan dan betina siap pijah. Inagt, satu induk ikan mas betina dipasangkan dengan dua atau tiga mas jantan atau tergantung indukan bobot betina.

Kemudian kamu angkat indukan yang memijah lalu pindahkan ke lokasi kolam pemeliharaan induk. Jika telur berumur sekitar 4 hari, maka telur ikan mas menetas menjadi larva.

5Pendederan Ikan Mas

memajukanperikananjawatengah.files.wordpress.com

Jika larva sudah cukup kuat kamu dapat melakukan pendederan. Untuk tempat pendederan siapkan kolam tanah dengan cara meratakan tanah dasarnya. Lalu taburkan 10-15 kantong kotoran ayam dan isi dengan air setinggi  40 cm. Rendamlah selama 5 hari tanpa dialiri air.

Hal ini bertujuan agar plankton yang bermanfaat sebagai pakan ikan alami bisa tumbuh. Luas kolam 100 m2, tebarkan 100.000 larva pada pagi hari, berikan pakan tambahan seperti tepung pelet.

Nah, pada umur 3 minggu bibit ikan siap dipanen. Kamu bisa menjual bibit ini atau mungkin kamu pelihara kembali untuk di besarkan.

6Pembesaran Ikan Mas di Kolam Air Lumpur

tips-ukm.com

Pembesaran ikan mas ini dapat kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Untuk diolah atau dijual dengan ukuran ikan yang besar berkisar 300 gr hingga 1 kg. Upaya pembesaran ikan ini dapat dilakukan di beberapa lokasi, salah satunya di Kolam Air Lumpur.

Pembesaran ini dirasa cukup mudah. Buatlah kolam ukuran 1000 m2 dan tebarkanlah kotoran ayam kemudian isilah dengan air setinggi 60 cm dan rendam kurang lebih selama 5 hari.

Selanjutnya kamu dapat memasukkan benih ikan mas 100 kg ke dalam kolam, beri pakan 3% dari berat benih ikan mas setiap hari. Kamu dapat memanen ikan setelah 3 bulan. Model kolam seperti ini dapat menghasilkan ikan sebanyak 400 – 500 kg.

Demikian cara budidaya ikan mas. Jika kamu berminat, kamu bisa mencobanya. Semoga bermanfaat.