Ikan Lele. Siapa yang tidak tau akan ikan ini? Lele merupakan salah satu ikan yang digemari masyarakat Indonesia. Lele memiliki struktur daging yang lembut, lezat, dan durinya pun strukturnya teratur.

Tidak hanya itu, ikan lele dapat dibuat ke dalam berbagai resep makanan. Coba saja tengok ke beberapa warung-warung di pinggir jalan maupun ke beberapa restoran, salah satu menu yang disajikan adalah ikan lele.

Aneka menu makanan yang menjadikan lele sebagai bahan utama antara lain, pecel lele, krengsengan lele, pepes lele, lele bumbu bali atau bahakan yang simple dan lezat yaitu lele goreng kremes.

Bagi kamu pecinta kuliner lele, berminat kah untuk membudidayakan lele? Atau bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Budidaya lele adalah salah satu usaha yang cukup mudah dan menghasilkan keuntungan besar.

Jika kamu mengamati, budidaya lele mempunyai prospek kedepan yang bagus. Dapat dilihat dari segi jumlah konsumen, saat ini banyak ikan lele yang diolah menjadi aneka menu makanan yang laris dijual.

Selain itu banyak pedagang pasar yang memasok ikan lele untuk dijual. Sebelum memulai bisnis niatkan tak hanya berbisnis tapi jadikan hal itu sebagai pengembangan hobby sehingga kita bisa selalu melakukan segala sesuatu dengan senang hati.

Nah, bagi kamu yang mulai melirik usaha budidaya lele atau berminat ingin memulai bisnis ini, simakalah beberapa cara atau panduan usaha budidaya lele berikut.

1Kolam Budidaya Lele

www.bibitikan.net

Sebelum memulai bisnis ini, sejenak perlu kita pikirkan tentang masalah tempat untuk budidaya dan ternak lele.

Tapi tak perlu khawatir lele termasuk ikan yang tidak ‘rewel’, karena lele dapat hidup di perairan yang minim dan kualitas air yang kurang baik  bahkan minim oksigen sebab lele mempunyai alat bantu pernafasan berupa arborecent yang dapat mengambil oksigen langsung dari udara.

Sebenarnya terdapat beberapa macam jenis kolam yang dapat diapliksaikan antara lain ternak lele dengan kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, keramba, dan lain-lain.

Tapi alangkah baiknya kita menggunakan kolam tanah, karena kolam ini lebih baik dalam membentuk ekosistem yang alami dan penuh nutrisi organik yang diperlukan ikan lele.

Agar cahaya matahari dapat menembus sampai dasar kolam, kita dapat membuat kolam tanah memiliki kedalaman 1 – 1.5 meter. Ukuran kolam bisa dibuat 2 x 4 meter atau 3x 4 meter tergantung ketersediaan lahan.

Selanjutnya tingkat kepadatan bibit sebaiknya 200-400 ekor per meter persegi, hal itu agar memudahkan perawatan bibit lele.

2Pengeringan dan Pengolahan Tanah Kolam

zonaikan.files.wordpress.com

Setelah kolam tanah dibuat yang pertama yaitu melakukan pengeringan dengan sinar matahari langung sampai benar-benar kering.

Apa tujuan dari pengeringan ini? Tujuannya pengeringan yaitu untuk mematikan mikroorganisme patogen negatif. Mikroorganisme tersebut merupakan sumber penyakit.

Waktu pencahyaan dilakukan selama satu minggu sampai tanah terlihat retak-retak. Selanjutnya tanah dicangkul atau dilakukan pembajakan tanah, agar tanah menjadi gembur.

Akan tetapi bagian tepi kolam sebgai diding kolam perlu ditekan-tekan agar menjadi keras dan padat.

3Pemupukan Kolam

kreditur.net

Setelah tanah benar-benar kering kemudian dilakukan pemberian kapur. Hal ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman kolam dan untuk membasmi mikroorganisme yang merugikan.

Caranya taburkan kapur secara merata ke seluruh dasar kolam lalu cangkul kembali. Setelah ditaburu kapur, selanjutnya lakukan pemupukan bagian dasar kolam. Dosis pemberian kapur 250-500 gram per meter persegi.

Untuk pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang ataupun kompos yang dicampur dengan pupuk anorganik seperti pupuk urea dan TPS. Sedangkan untuk dosis pupuk yaitu 250-500 gram pupuk organik dan 30 gram untuk pupuk anorganik per meter persegi.

Pemupukan ini bertujuan sebagai nutrisi bagi bakteri, plankton dan cacing.

Hewan-hewan tersebut membantu dalam penyuburan ikan lele. Bakteri berperan dalam menguraikan endpan pakan, plankton berperan sebagai makanan alami lele dan cacing sebagai penyubur juga pakan alami ikan lele.

4Pengaturan Air Kolam

www.bibitikan.net

Langkah selanjutnya adalah pengisian air ke dalam kolam. Ketinggian permukaan air dari dasar kolam berkisar 100-150 cm. Cara mengisinya pun dilakukan bertahap, mulanya diisi sepertinya dulu, sekitar 50 cm.

Hal tersebut bertujuan agar biota di dasar kolam dapat berkembang biak. Biarkan air yang diisi tadi sampai satu minggu atau sampai airnya berwarna hijau. Karena itu menunjukkan bahwa fitoplankton yang berpernan sebagi pakan alami lele tadi sudah berkembang biak dengan baik.

Selanjutnya setelah air kolam sudah hijau bibit lele siap ditebarkan, sambil menambahkan air sampai ketinggian 100 cm yang dilakukan secara perlahan-lahan.

5Pemilihan Benih Unggul

bibitikansuper.weebly.com

Pilihlah bibit lele yang berkualitas dan sudah menjadi langganan. Pastikan benih lele yang akan kita tebar benar-benar sehat.

Pemilihan bibit unggul dapat dilakukan dengan memperhatikan ciri-ciri berikut, antara lain benih terlihat aktif melakukan oksigenasi, benih gesit, agresif dan cerah. Untuk ukuran sebaiknya terlihat sama rata dan warna sedikit labih terang.

6Penebaran Benih

www.bibitikan.net

Penebarab bibit lele dilakukan secara bertahap. Usahakan bibit langsung direndam di kolam minimal 1 jam agar bibit lele menyelesaikan suhu air kolam. Jika sudah siap bibit lele siap ditebar dengan takaran 200-400 ekor per meter perseginya.

7Pakan Budidaya Lele

www.bibitikan.net

Sebaiknya pemberian pakan lele dilakukan tiga kali sehari, yaitu pukul 07:00, 17:00, dan 22:00. Pemberian pakan utama lebih baik diberikan pada sore atau malam hari ketika ikan lele sedang aktif.

Selain memberikan pakan utama, pemberikan pakan pendamping juga diperlukan. Pakan tambahan dapat berupa keong emas.

8Panen

agusrochdianto.files.wordpress.com

Ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih selama 90 hari. Memanen ikan lele dilakukan dengn menyotir dengan memilih ikan yang layak untuk dikonsumsi. Ukuran biasanya 4 sampai 7 ekor per kilogram.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai budidaya ikan lele. Bagi kamu yang ingin berbisnis budidaya tersebut semoga dapat membantu kelancaran bisnismu. Selamat mencoba.

SHARE