Salah satu alternatif budidaya ikan air tawar yang cukup mudah dengan biaya yang terjangkau adalah budidaya ikan nila merah. Selain karena mudah perawatannya, ikan nila merah juga banyak disukai oleh masyarakat secara umum. Mulai dari rumah tangga hingga rumah makan atau restoran.

Banyak metode yang dapat digunakan dalam budidaya ikan nila merah. Salah satunya dengan menggunakan kolam terpal. Selain karena biaya yang dibutuhkan relatif murah, kolam terpal juga lebih mudah dalam pembuatan maupun perawatannya.

Untuk membuat kolam terpal untuk budidaya ikan nila merah, yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan posisi kolam yang akan dibuat. Pastikan kolam terpal ini nanti mendapatkan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kolam harus memiliki luas yang cukup besar.

Berikutnya, galilah tanah sesuai dengan luas kolam dengan kedalaman kurang lebih 50 cm. Tanah hasil galian tersebut kemudian digunakan sebagai tanggul di sisi kolam dan dipadatkan agar tanggul kuat. Selanjutnya berilah batako atau bata merah pada permukaan tanggul agar permukaannya rata.

Jika penggalian dan pembuatan tanggul selesai, kemudian berilah sekam secara merata pada dasar kolam. Setelah itu, pasanglah terpal, sesuaikan dengan sudut-sudut kolam dan pastikan tidak ada ruang kosong di bawah terpal.

Jika sudah, kemudian susunlah batako atau bata merah kembali di atas terpal agar lebih aman dan rapi. Hal ini bertujuan agar supaya terpal tidak mudah berubah posisi, khususnya saat tertiup angin.

Tahap berikutnya adalah persiapan kolam. Langkah pertama, kita harus memastikan bahwa kolam dalam kondisi kering serta saluran masuk dan keluarnya air juga siap difungsikan. Kemudian lakukan pengapuran dengan ukuran antara 25 – 1000 gram per meter persegi.

Kemudian lakukan pemupukan dengan pupuk kandang sebanyak 500 gram setiap meter persegi dan urea sebanyak 15 gram setiap meter persegi. Setelah itu, kolam siap untuk diisi airnya. Masukkan air hingga kedalaman 80 – 150 centimeter. Biarkan air tergenang selama 7 hari sebelum penebaran benih.

Setelah 7 hari pasca pengapuran, pemupukan serta pengisian air kolam. Benih ikan nila merah siap untuk disebarkan. Untuk pennyebaran benih ikan, hendaknya benih berukuran antara 8-12 centimeter dengan ukuran berat 30 gram per ekor dengan padat tebar antara 5-10 ekor per meter persegi.

Pemeliharaan ikan nila merah dilakukan dalam waktu selama kurang lebih 6 bulan dengan ukuran berat panen antara 400 hingga 600 gram per ekor.