Tahukah kamu tentang semut jepang? Jika tidak, aduh, berarti kamu nggak kekinian nih Guys. Pasalnya, semut jepang kini terkenal dibudidaya lho. Karena budidayanya relatif mudah dan punya khasiat yang unpredictable nih Guys.

Semut jepang bisa menstabilkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, menormalkan asam urat, kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh, menstabilkan tekanan darah, mengobati penyakit jantung, dan menambah vitalitas bagi pria.

Mau tahu cara budidayanya Guys? Check this out!

Baca juga: Murah Meriah! Inilah Cara Berternak Kroto yang Menggiurkan

1Menyiapkan Bibit dan Media

salmanchondax.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan minimal tiga ekor bibit indukan semut jepang. Next, kita perlu menyiapkan wadah untuk budidaya, contoh misal sebuah toples bekas biskuit yang sudah tidak dipakai lagi dengan melubangi bagian tutupnya.

Kemudian menyiapkan kapas (kapas untuk facial wajah) sebagai tempat bertelur indukan semut jepang. letakkan kapas sampai menutupi bagian bawah toples. Pada toples diisi dengan kapas sebagai tempat berkembang biak semut jepang.

Masukan bibit semut jepang kedalam toples lebih banyak lebih cepat berkembang biak.

2Menyiapkan Makanan

semut-jepang.com

Apa makanan semut jepang Guys? Praktis euy! Kamu tahu? Semut jepang hanya perlu ragi tape, mudah bukan? Ragi tape itu yang biasa digunakan untuk proses fermentasi tape, tahu bukan? Ragi tape cukup diletakkan di atas kapas, jangan sampai berlebihan lho ya Guys.

Tapi kita juga harus selalu cek ketersediaannya. Simpan di tempat yang sejuk bersuhu kamar (25 – 300 C), tidak terkena sinar matahari langsung. Perkembangan semut dapat terlihat dari munculnya larva-larva baru sebagai anakan semut.

Semut jepang yang sudah mulai berkembang biak biasanya ditandai dengan mengembangnya kapas yang sebelumnya masih rapi sesuai bentukan pabrik.

3Menanti Semut Jepang Berkembang Biak

kaskus.co.id

Semua kebutuhan untuk budidaya semut jepang sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah hanya menaruh semut jepang yang di dalam wadah toples tadi.

Tidak ada yang lakukan lagi kecuali memeriksa apakah raginya (makanannya) sudah habis apa belum, kalau sudah habis ya tambahain lagi makanannya.

Sekitar satu dua bulan, semut jepang sudah berkembang biak menjadi banyak. Nah, ini nih Guys, bisa jadi bisnis tambahan bukan? Karena sekarang semut jepang sudah hampir banyak yang mengenal.

Buat orang-orang yang males ribet, mungkin bisa kita jadikan pelanggan semut jepang yang kita budidaya bukan? Hehe.

4Tips Tambahan

jualo.com

Selalu berikan makanan yang cukup ( makanan berupa ragi tape ). Ingat cukup makan bukan berarti over, karena bila over ragi di wadah semut maka akan terjadi fermentasi dan kelembaban sehingga panas yang berujung pada munculnya embun di dalam media budidaya.

berikan makanan secukupnya dan di berikan makan lagi bila makanan yang di berikan sebelumnya sudah habis.

Tempatkan media budidaya dari jangkauan cicak dan semut rumah, karena semut bisa di mangsa oleh mereka dan cenderung kalah.

Biarkan semut tetap tenang di media mereka, jangan sering diusik agar tidak stress Tunggu kira-kira 2-3 bulan dan monitor perkembangannya, niscaya semut yang kamu pelihara sudah berkembang dengan pesat.

produkkecantikanonline.com
produkkecantikanonline.com

Secara normal jumlahnya sudah akan bertambah antara 3 – 6 kali lipat dari jumlah semula.

Bersihkan wadah / media tatkala kapas sudah terlalu kotor dan banyak terdapat pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples dengan cara di saring dengan saringan santan yang lembut.

Bagaimana Guys? Cukup mudah bukan? Asal kita mau telaten kita bisa kok.

5Manfaat Semut Jepang

cara.pro

Masyarakat jepang sendiri sudah sangat hafal dengan banyaknya manfaat semut Jepang sehingga mereka sering menjualnya sebagai oleh – oleh dari negeri sakura tersebut yang ditawarkan ke paada para wisatawan.

Mengenai manfaatnya, semut Jepang memang mengandung beberapa zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan atau juga mengobati penyakit. Manfaat – manfaat dari semut Jepang di antaranya:

Mengatur kadar kolesterol. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi kolesterol terlalu berlebihan.

Seperti mengkonsumsi makanan – makanan bersantan ataupun makanan laut. Semut Jepang dapat membantu mengaturnya baik bagi penderita kolesterol tinggi maupun normal.

Untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol konsumsilah dua kali sehari dengan masing-masing setiap kapsul berisi 2-3 ekor semut Jepang.

Meringankan penyakit jantung. Semut Jepang juga dipercaya dapat mengobati penyakit jantung. Penyakita yang dapat menyerang berbagai usia ini memang penyakit yang menyeramkan karena dapat menghilangkan nyawa seseorang secara tiba-tiba.

Meringankan diabetes. Semut memang senang sekali dengan gula tetapi semut Jepang diyakini dapat membantu mengatur jumlah gula dalam tubuuh kita khususnya bagi penderita penyakit gula alias Diabetes. Mereka akan menghilankan gula dalam darah yang berelebihan.

Mengatur tekanan darah. Manfaat lainnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim dalam semut Jepang akan membantu mengatur tekanan darah seperti tekanan darah tinggi yang akan berlanjut ke penyakit lainnya.

Memberi tambahan vitalitas dan stamina. Apabila kamu memiliki aktivitas yang padat, misalnya, dan membutuhkan energi ekstra dalam berkegiatan rutin,

maka semut jepang dapat menjadi vitamin dalam tubuh yang menambah vitalitas baik pria ataupun wanita. Sehingga akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh.

Sedangkan untuk menambah stamina tubuh dan menjaga kesehatan cukup konsumsi dua kapsul sehari dengan isi setiap kapsul 1-2 semut Jepang.

Meringankan penyakit hati. Penderita penyakit hati seperti liver juga dapat mengkonsumsi semut Jepang sebagai obat. Semut Jepang dipercaya dapat meringankan penyakit hati atau setidaknya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih sering.

Mengatasi penyakit asam urat. Orang dewasa banyak sekali yang mengalami penyakit asam urat seiring bertambahnya usia. Asam urat disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling dominan adalah karena pola hidup.

Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.

Membantu mengobati stroke. Semut Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke. Tentunya tergantung dengan tingkat keseriusan penyakit Stroke sendiri.

Bila Stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, bisa saja semut Jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.

Konsumsilah kapsul sebanyak 3x dengan masing-masing per kapsul berisi 2-3 ekor semut Jepang.

Mengobati dan mencegah kanker. Manfaat semut Jepang terakhir adalah mencegah dan mengobati kanker.

Seperti kita ketahui bersama, kanker termasuk penyakit mematikan yang sudah merenggut banyak nyawa. Mencengangkan lagi, hingga saat ini belum ada obat pasti yang dapat menyembuhkan kanker.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengonsumsi semut Jepang yang bisa kamu coba agar tak merasa bosan atau jijik.

Selain menggunakan cangkang kapsul, kamu bisa memasukan semut Jepang kedalam buah kemudian menelannya langsung. Sehingga rasa pahit dan jijik tak akan muncul.

Namun apabila tak memiliki buah, kamu bisa mengonsumsi semut Jepang dengan cara menyeduhnya.

Masukan beberapa semut Jepang yang sudah kering kedalam gelas (bisa 2-3 ekor). Kemudian seduh air hangat dan konsumsi. Sayangnya kekurangan cara ini kamu akan merasa menelan semut dalam keadaan utuh.

lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke pada dokter mengenai penyakit yang diderita. Karena semut Jepang yang memang sudah banyak dijual hanya sebagai obat alternatif yang bisa kamu coba.

Tidak hanya itu semut Jepang juga bisa dikatakan menjadi obat anti kimia karena zat enzim yang alami.

Selain manfaat di atas, semut jepang juga dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesuburan, membersihkan kolesterol,

meningkatkan metabolisme, meringankan penderita kelainan fungsi hati, membantu menjaga kesehatan secara umum, dan sebagai antioksidan, membantu meningkatkan fungsi sel

6Dimana Mendapatkan Semut Jepang?

anekakhasia.txyz

Kemudian, bagaimana cara mendapatkan semut Jepang? Untuk mendapatkan semut Jepang, kamu dapat membelinya kepada para peternak semut Jepang.

Tidak sedikit dari mereka yang juga menjualnya dalam dunia maya atau secara online. Ada yang menjualnya berupa semut, ada juga yang menjualnya sudah berupa obat. Rata-rata berupa obat kapsul yang murni berisi satu semut Jepang.

7Cara Konsumsi Semut Jepang

newslampungterkini.com

Cara mengkonsumsi semut jepang, salah satunya dapat menggunakan bantuan media makanan lain. Contohnya menggunakan buah seperti pisang atau pepaya.

Masukan semut ke tengah-tengah buah kemudian kunyah bersama buah tersebut agar rasa semut tidak begitu terasa.

Cara konsumsi yang satu ini bisa dipakai bila kamu tidak ingin menggunakan kapsul yang terbuat dari rumput laut. Pastinya semut lebih cepat hancur karena telah dikunyah terlebih dahulu di dalam mulut.

Ada cara yang lain untuk mengkonsumsi semut Jepang. Cara tersebut adalah dengan menyeduh semut Jepang dengan air hangat.

Biarkan beberapa menit sampai air menjadi lebih dingin. Tetapi cara yang ini akan sangat terasa bahwa kamu sedang menelan beberapa semut ke dalam perutmu.

Kamu juga bisa meimakan semutnya secara langsung. Beberapa orang tidak merasa jijik dengan semut jepang sehingga untuk mengkonsumsinya mereka memakan hidup-hidup semut jepang.

8Kandungan Semut Jepang

cara.pro

Setiap zat yang terdapat dalam kandungan semut jepang masing masing memiliki kelebihan untuk menyembuhkan.

Pertama adalah protein, protein yang terdapat di dalam tubuh semut jepang bermanfaat sebagai zat pembangunan yang berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan.

Selain itu, protein juga berguna untuk menggantikan sel sel yang telah mati dan lama terpakai senagai protein struktural.

Protein dalam semut jepang mampu melawan berbagai mikroba dan zat toksik lain yang datang dari luar tubuh, hal ini disebut sebagai sistem mekanisme pertahanan tubuh.

Kandungan semut jepang yang berupa “protein” didalam tubuh semut jepang berfungsi sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan aus terpakai sebagai protein struktural.

Kandungan semut jepang yang berupa “protein” didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam mekanisme pertahanan tubuh melawan berbagai mikroba dan zat toksik lainnya yang datang dari luar dan masuk ke dalam tubuh.

Kandungan semut jepang yang berupa “protein” didalam tubuh semut jepang adalah sebagai zat pengatur berfungsi dalam pengaturan proses-proses metabolisma dalam bentuk enzim dan hormone.

Proses-proses metabolik atau reaksi biokimia diatur dan dilangsungkan atas pengaturan enzim. Sedangkan aktivitas enzim diatur lagi oleh hormon, agar terjadi hubungan yang harmonis antara proses metabolisma yang satu dengan yang lainnya.

Dalam kromoson, Kandungan semut jepang yang berupa “protein” didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk genes.

Dalam genes ini tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu, sehingga proses metabolisma diturunkan dari orang tua kepada anaknya dan diteruskan ke generasi berikutnya secara berkesinambungan.

 

 

 

Kedua adalah asam amino, asam amino berguna untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker di dalam tubuh.

Selain itu, asam amino juga dapat berfungsi dalam meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa ” Asam Amino”. Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat dalam membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi.

Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.

Kandungan semut jepang berupa asam amino sangat penting jika kamu ingin memiliki kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Defisiensi/ kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormon. Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah.

Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

Kandungan semut jepang berupa asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.

Makanan kaya asam amino (Kandungan semut jepang berupa asam amino) membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

 

Kandungan semut jepang yang ketiga adalah Asam laktat. Asam laktat merupakan bahan energi yang sangat penting saat melakukan olahraga dalam waktu yang lama.

Asam laktat adalah zat yang dibentuk oleh sel otot dan dapat digunakan oleh sel otot lainnya untuk membentuk energi.

Asam laktat yang terkandung di dalam semut jepang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk membentuk energi di dalam tubuh.

Pada awalnya asam laktat dianggap sebagai zat sisa. Asam laktat yang diproduksi kemudian menumpuk di otot dan dicurigai menyebabkan kelelahan selama olahraga dan kram otot setelah selesai olahraga.

Sekarang dengan hasil yang terbaru, asam laktat bukan merupakan “musuh” dari otot. Asam laktat merupakan bahan energy yang penting selama olahraga yang berlangsung lama.

Hal ini karena asam laktat yang dibentuk oleh sel otot dapat digunakan oleh sel otot lain nuntuk membentuk energy.

Saat olahraga permintaan oksigen melebihi suplai sehingga timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini kemudian akan diserap oleh sel otot untuk dijadikan bahan bakar.

Pada orang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sehingga mereka mampu berolahraga dalam jangka waktu lebih lama.

Dibandingkan membuat lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Sehingga kandungan semut jepang yang berupa “asam laktat” dapat menjadi bahan bakar untuk pembentukan energi dalam tubuh.

Kandungan semut jepang yang berupa “asam laktat” justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Selanjutnya, kandungan yang keempat adalah Asam Hialuronat, yang berfungsi untuk menstabilkan struktur interseluler dan membentuk matriks fluida sebagai tempat untuk mengikat kolagen dan serat elastik.

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam hialuronat atau Hyaluronan atau hyaluronic acid

atau hyaluronate (atau disingkat HA) adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. Kepentingan akan Hyaluronic Acid tidak dapat dianggap remeh.

Jadi HA adalah polisakarida alami yang menyusun jaringan ikat. Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

Keberadaan air dan Hyaluronic Acid pada tubuh adalah sangat penting. Karena apabila kandungan kedua zat tersebut tercukupi, maka masalah yang selalu ditakuti setiap orang, kini telah terjawab. Hidup sehat dan awet muda dengan Hyaluronic Acid.

Dan kandungan yang kelima adalah enzim hmes yang penting untuk melakukan pelepasan molekul uap air, serta unsur dan zat kimiawi lainnya, di dalam tubuh.

Enzym Hmes  Fungsi enzim sebagai katalis atau senyawa yang bisa mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa dirinya sendiri habis karena proses reaksi.

Zat penting ini untuk melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, gugus amin serta banyak lagi.

Semua itu bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim bisa mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga ada proses lainnya yang berubah.

Enzim yang berfungsi sebagai penghancur makanan ketika sedang mengunyahnya didalam mulut. Seluruh kinerja organ tubuh dibantu oleh adanya enzim.

9Efek Samping Konsumsi Semut Jepang

tokopedia.com

Semua jepang banyak dikonsumsi sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti tingkat kolesterol yang tinggi dan diabetes.

Namun cara konsumsi yang salah mendorong efek samping yang mungkin akan bisa terasa langsung atau dalam jangka waktu tertentu untuk tubuh.

Ejakulasi Dini Bagi Pria. Konsumsi berlebihan dan cara yang tidak tepat bisa menyebabkan rasa nyeri pada otot di sekitar kemaluan.

Hal ini bisa terjadi karena otot di sekitar kemaluan sangat sensitif termasuk untuk beberapa zat yang bisa menguatkan aliran darah di sekitar kemaluan.

Penderita diabetes laki-laki bisa mengalami resiko ini terutama karena laki-laki diabetes biasanya mengalami masalah ejakulasi dini. (Baca juga : bahaya minyak lintah bagi pria dan wanita)

Penurunan Hemoglobin. Konsumsi semut jepang berlebihan bisa menyebabkan penurunan jumlah hemoglobin.

Hemoglobin sangat penting untuk tubuh karena membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke semua tubuh.

Penyebab Hb rendah ini, akan membuta tubuh akan terasa lemah dan mudah terkena penyakit. Kondisi penurunan Hb ini bisa jadi beberapa tanda, yaitu penyebab anemia, penyebab darah rendah, penyakit akibat kelebihan eritrosit.

Kadar gula turun drastis. Konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kadar gula darah turun drastis. Hal ini lebih sering dialami oleh penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Ketika kadar gula darah turun dan tidak diikuti oleh keseimbangan insulin dan metabolisme tubuh maka bisa menyebabkan penderita menjadi lemah, tidak semangat dan kehilangan kesadaran.

Efek Panas. Konsumsi semut jepang berlebihan bisa menyebabkan efek panas. Gangguan ini akan menyebabkan tubuh penderita menjadi lebih lemah, rasa panas yang berlebihan dan sulit untuk melakukan aktivitas.

Bahkan jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya untuk kesehatan.

Banyak informasi yang beredar di masyarakat bahwa mengonsumsi semut dan kutu jepang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes.

Sejumlah penjualan online pun menawarkan kutu jepang yang disebut-sebut bermanfaat untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Menurut dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPd-KEMD, semut jepang belum dapat dipastikan keamanan dan manfaatnya untuk pengobatan diabetes karena belum teruji sesuai dengan standar penelitian.

Menurutnya, masyarakat sebagai konsumen harus cerdas dalam memilih metode pengobatan.

Semut jepang itu kita menganggap belum ada bukti sahih penelitian yang dianggap standar. Jadi, konsumsi itu kan hanya dari pengalaman, testimoni orang ke orang saja.

Jika dikonsumsi sembarangan, apalagi tanpa dosis yang jelas, hal itu tentu bisa saja malah menimbulkan efek negatif.

Mengenai pasien yang dikabarkan ususnya terinfeksi bakteri karena rutin mengonsumsi semut jepang, menurut TJ, juga perlu penelitian lebih lanjut.

Kasus pada satu orang tersebut, lanjut TJ, juga belum bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi semut jepang bisa merusak usus.

Tak hanya semut jepang, apa pun obat yang dikonsumsi sebaiknya memang yang sudah teruji klinis. Untuk dinyatakan aman dan bermanfaat bagi kesehatan manusia, obat-obatan harus melewati berbagai tahap uji klinis, mulai dari uji terhadap hewan.

Setelah itu, ada uji pembanding dengan kelompok kontrol yang diberi obat-obatan dan kelompok yang tidak diberi obat. Kemudian, harus dibuktikan efektivitasnya, apakah merusak organ vital lain atau tidak.

Kalau memang efektif, harus tahu bahan aktifnya apa yang menyebabkan gula darah turun, kompenen dan zat penyusunnya apa.

Menurut TJ, sejauh ini, untuk mengatasi diabetes, selain dengan obat-obatan, yang terpenting adalah terus menjaga pola makan sehat dan melakukan aktivitas fisik.

10Sejarah Semut Jepang

thanksdokter.com

Semut dalam bahasa jepang disebut ari, yang secara harfiah berarti serangga kesetiaan. Di Jepang dikenal sebanyak 273 spesies semut.

Dalam sekitar waktu 10 tahun lalu, Lebih dari 200 spesies semut disimpan di museum sejarah barat, tidak ada litelatur tentang semut jepang.

Beberapa spesies semut jepang, seperti: Amblyopone silvestrii, Pachycondyla pilosior,Ponera swezeyi, Stenamma owstoni, Aphaenogaster frontosa, Cryptopone sauteri, Ponera japonica, Ponera scabra,

Aphaenogaster ruida, Aphaenogaster vapida, Pheidole bugi, Monomorium triviale, Solenopsis japonica, Ochetellus glaver, Technomyrmex gibbosus,

Lasius umbratus, Lasius talpa, Lasius spathepus,Vollenhovia emeryi, Pyramica leptothrix, Crematogaster vagula, Polyergus samurai, Camponotus devestitus, Camponotus nipponicus, Polyrhachis latona (underconstruction)

Ciri-ciri dari semut jepang yaitu berbadan keras, berwarna hitam untuk semut yang tua, sedangkan yang muda berwarna kecoklatan, berkaki enam, bersayap tetapi tidak dapat terbang, hidup berkelompok, bukan hewan kanibal, suka bereproduksi.

Istilah semut jepang sudah banyak digunakan oleh masyarakat tetapi secara ilmiah dan ciri ciri sebenarnya tidak mencirikan sebagai semut. Lebih cocok disebutkan kutu beras atau Tenebrio Molitor 

11Konsumsi Semut Jepang dalam Islam

semutjepang.net

Ibnu Abbas ra berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu’alaihi wa sallam melarang dari membunuh empat jenis hewan; semut, lebah, burung hud-hud dan burung shurod.”

Perlu diketahui bahwa binatang-binatang kecil (hasyaraat) ada dua macam, yaitu memiliki darah mengalir seperti tikus dan ular. Dan tidak memiliki darah mengalir seperti keong, kalajengking, cicak dan lain-lainnya (semut jepang termasuk yang ini)

Salah satu ulama Mazhab Syafi’i (mayoritas Indonesia) menghukumi haram makan serangga. Imam An-Nawawi rahimahullah berkata,

“Dalam Mazhab ulama syafi’i, mengenai binatang-binatang kecil (hasyaraat) bumi seperti ular, kalajengking, kumbang/serangga, tikus dan lain-lain, hukumnya adalah haram.”

Demikinan juga pendapat Jumhur ulama. Dalil yang mengharamkan, “Dan Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.” (Al A’raf:157)

Ibnu Hazm rahimahullah berkata,

“Tidak halal memakan siput darat, juga tidak halal memakan seseuatupun dari jenis serangga, seperti: cicak (masuk juga tokek), kumbang, semut, lebah, lalat, cacing, kutu, nyamuk, dan yang sejenis dengan mereka.

Berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Diharamkan untuk kalian bangkai”, dan firman Allah -Ta’ala-, “Kecuali yang kalian sembelih”.

Dan telah jelas dalil yang menunjukkan bahwa penyembelihan pada hewan yang bisa dikuasai/dijinakkan, tidaklah teranggap secara syar’i kecuali jika dilakukan pada tenggorokan atau dadanya.

Maka semua hewan yang tidak ada cara untuk bisa menyembelihnya, maka tidak ada cara/jalan untuk memakannya,

sehingga hukumnya adalah haram karena tidak bisa dimakan, kecuali bangkai yang tidak disembelih (misalnya ikan dan belalang yang halal bangkainya).”

Pendapat yang membolehkah adalah pendapat dari Mazhab Malikiyah, dengan alasan hukum asal makanan adalah halal dan terdapat Hadits dari Milqab bin Talibb dari ayahnya, bahwa tidak ada pengharaman Hasyaraat,

“Aku menemai Nabi Saw, aku tidak pernah mendengar haramnya hasyaraat bumi.”

Akan tetapi hadits ini dhaif dan seandainya shahih, maka tidak menutup kemungkinan yang lain pernah mendengarkannya mengenai keharamannya.

Informasi yang sampai ke kami bahwa cara berobat semut jepang adalah ada yang dengan cara diminum dengan air dalam keadaan hidup.

Maka cara ini tidak boleh, karena ulama malikiyah yang membolehkan makan hasyaraat mempersyaratkan harus disembelih bagi yang memiliki darah mengalir atau dimatikan bagi yang tidak.

Di dalam kitab Tuhfatul muhtaaj, karangan Imam Zakariya Al-Anshari, disebutkan: “Apabila semut jatuh ke dalam madu, kemudian madu tersebut dimasak, maka boleh memakan semut tadi (tidak perlu di ambil semutnya) bersama madunya.

Namun, apabila jatuh di daging yang memungkinkan untuk memisahkannya, maka tidak boleh memakannya dan harus dipisahkan dengan daging yang dimasak.” {Tuhfatu Al-Muhtaaj, 40/403}

Dari keterangan-keterangan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa hukum memakan semut jepang dalam Islam adalah haram dengan alasan bahwa semut adalah hewan yang menjijikkan.

Namun, apabila semut masuk ke dalam makanan yang mana sulit untuk dipisahkan, maka hukumnya semut tersebut boleh untuk dimakan beserta makanan tersebut, dikarenakan sulit untuk dipisahkan.

Namun, jangan menganggap semut yang masuk ke dalam makanan dan susah untuk dipisahkan dengan makanan tersebut itu halal.

Hukum memakan semut dalam kasus ini adalah ma’fu ‘Anhu (diampuni), karena bagaimanapun, hukum memakan semut adalah haram dengan alasan hewan tersebut menjijikkan (menurut Syara’/syari’at).

Adapun memakan semut jepang untuk obat, apabila masih ada obat yang lain yang halal, maka hukumnya tetap haram, karena itu bukan keadaan yang darurat.

Kebolehan memakan perkara yang diharamkan itu berdasarkan adanya darurat menurut syara’, seperti ketika kelaparan dan tidak ada makanan yang bisa dimakan selain bangkai dan apabila tidak makan takut akan meninggal karena kelaparan.

Maka, boleh bagi kita memakan bangkai tersebut yang mana hukum asal memakan bangkai adalah haram. Namun, karena keadaan yang darurat, maka boleh memakannya sekedar untuk mempertahankan nyawa.