Sengon merupakan termasuk tanaman keras yang cepat panen. Dimana hanya membutuhkan minimal 5 tahun untuk panen. Kayu sengon sendiri sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat.

Mulai dari untuk perabotan rumah tangga, untuk korek api, mainan anak dan lain sebagainya. Bisa disebut kayu sengon ini banyak sekali manfaatnya.

Di daerah Jawa banyak sekali masyarakat yang menanam pohon ini, mereka banyak diuntungkan ketika menanam pohon ini. Harganya yang cukup lumayan tinggi, pasar yang ada dimana-mana dan kemudahan dalam mencari bibit pohon.

Hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat yang ingin mencoba investasi kayu ini. Banyak sekali yang rela menyewa lahan untuk menanam pohon satu ini. Tidak jarang juga program penghijauan juga menanam pohon yang kayunya ringan ini.

Bagi masyarakat desa menanam kayu sengon ini seperti menabung yang bertumbuh jadi tak heran banyak sekali di pedesaan pohon ini.

Jika kamu ingin coba menanam pohon ini, kamu harus baca cara budidaya sengon di bawah ini.

1Pemilihan Lahan Tanam

frontpemudarengas.blogspot.com

Hal yang pertama dan paling menentukan dalam budidaya pohon sengon adalah tempat atau lahan yang akan di tanami. Kamu harus benar-benar memilih tempat yang subur, kalau bisa tidak terlalu jauh dengan air.

Jangan menanam di lahan yang tandus, yang banyak batunya atau yang berpotensi longsor, karena pohon sengon tidak akan berkembang baik di tanah yang banyak batunya atau yang di tanah yang tandus.

Lahan yang subur bisa dilihat dari tanaman di sekitar nya, jika tanaman di sekitar nya subur maka bisa dibilang tanah itu subur, kamu juga harus memperhatikan betul kedalaman tanah suburnya.

caranya kamu buat lubang kedalaman sekitar 40 cm, jika di kedalaman itu mulai ada batunya berarti lapisan tanah subur nya tipis, mending cari tanah yang lain.

2Pemilihan Bibit

kaskus.co.id

Dalam pemilihan bibit sengon, kamu harus mencari bibit yang bagus, sehat dan siap tanam. Ciri-ciri bibit bagus adalah bibit yang berumur 6-8 bulan, tinggi bibit sekitar 40 cm, kondisi daun masih hijau segar, tidak ada hama.

Selain itu batang bibit sudah menjadi kayu, bukan yang masih hijau, sekitar 3 cm tebalnya. Jika diangkat di pegang agak ke atas, polibeg tidak jatuh maka bibit pertanda bagus.

Bibit terbaik sengon adalah yang jenis sengon Solomon, dimana bibit ini berasal dari luar negeri. Kalau kamu tidak mendapatkannya, kamu bisa cari bibit sengon laut yang jenis super, jangan pilih sengon jawa atau istilah lain disebut sengon ndruwo.

3 Pembuatan Lubang Tanam

sengonsolomon.com

Dalam pembuatan lubang tanam, ada lubang tanam yang ideal untuk menanam pohon ini. Lubang yang bagus adalah lubang yang besar, karena semakin besar lubang semakin gembur tanahnya dan perkembangan tanaman akan semakin bagus.

Dalam hal ini kamu bisa membuat lubang yang berukuran 40x40x40 cm. Ukuran panjang, lebar 40 cm dan kedalaman 40 cm. Bisa berbentuk kotak atau bulat, yang jelas ukuran ini sudah ukuran minimal jika ingin pertumbuhan sengon bagus.

Untuk jarak tanam, yang bagus adalah 4 meter dari lubang satu ke lubang yang lain, jangan sampai terlalu dekat, karena jika terlalu dekat maka akan terjadi perebutan makanan dan hasil pertumbuhan tidak maksimal.

Pembuatan lubang harus dilakukan minimal 3 bulan sebelum tanam, dan tidak cukup disitu lubang itu lebih baik di isi dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, dengan berat 5 kg pupuk untuk 1 lubang tanam.

Setelah lubang di kasih pupuk, biarkan saja sampai ditumbuhi tanaman, jika sudah 3 bulan maka siap digunakan untuk menanam. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa pasang ajir atau penanda dari kayu di lubang tersebut.

4Penanaman

invessengon.wordpress.com

Dalam penanaman pohon ini cukup mudah, tinggal lepas polybeg dan tanam di tempat lubang yang sudah tersedia. Lubang yang sebelumnya di persiapkan cukup di lubangi yang tidak terlalu besar, asal cukup untuk memasukkan pohon.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu bisa menambahkan obat anti hama yang biasanya kalau di jawa memakai furadan, obat ini untuk menghindari serangan rayap dan hama yang ada di dalam tanah, yang bernama Uret.

5Perawatan

shorealestari.blogspot.co.id

Dalam perawatan sengon ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah pemupukan. Untuk pemupukan ini, minimal 3 bulan sekali sampai umur sengon 3 tahun, dengan jumlah pupuk per umurnya berbeda.

Jika umur sengon masih belia maka tidak banyak pupuk per pohonya, jika semakin tua maka semakin banyak jumlah pupuk per pohonnya. Untuk sengon umur 3 bulan sampai 6 bulan cukup segenggam tangan per pohonnya.

Pupuk yang bagus untuk sengon sendiri adalah pupuk kimia jenis Urea, Phonska, ZA dan NPK. Jika kamu ingin memakai pupuk organik yang disemprotkan juga tidak ada salahnya.

Dalam perawatan kamu juga harus rajin mendangir (membersihkan) pohon-pohon di sekitarnya, pastikan setiap sebelum di pupuk, sekitar tanaman bersih dan pupuk akan diserap maksimal oleh sengon.

tanamanalbasia.blogspot.com
tanamanalbasia.blogspot.com

Dalam mendangir paling tidak 3 bulan sekali, hal ini menjadikan lebih baik bagi pohon, karena makanan akan diserap maksimal oleh sengon tanpa diperebutkan tanaman lain.

Jika memang pohon sengon kamu dekat dengan air, kamu bisa mengairi paling tidak sebulan sekali ketika di musim kemarau. Ini menjadikan pohon akan mendapat makanan terus, sehingga cepat tumbuh besar.

Selain itu kamu juga harus menyiapkan obat hama jika sengon diserang oleh hama. Rata-rata sengon memang diserang hama, tapi kalau hama hewan masih mudah diatasi, yang sulit itu adalah jika kena penyakit seperti kanker.

Jika terkena kanker maka perlu pemotongan yang mengakibatkan fatal dalam pertumbuhannya.

Setelah perawatan selama 3 tahun kamu lakukan maka kamu tinggal menunggu hasilnya saja. Jika perawatan kamu rutin maka dijamin hasilnya juga maksimal.

 

 

SHARE