bujangmasjid.blogspot.co.id

Tahun ini mungkin tahun yang berat bagi masyarakat kota Pekanbaru, bagaimana tidak? tahun ini terjadi bencana besar bagi masyarakat.

Bencana kabut asap yang terjadi di akhir tahun 2015 ini cukup membuat masyarakat kota Pekanbaru kehabisan kata.

Sudah hampir 2 bulan ini kabut asap menyelimuti kota Pekanbaru, bukannya ada kemajuan semakin hilang tapi justru semakin buruk.

Mata perih, dada sesak, jarak pandang terbatas,kesehatan menjadi sesuatu yang sangat perlu diperjuangkan. Mereka seperti terpenjara dalam kebebasan tapi mematikan.

Masyarakat tidak bisa banyak berbuat, mereka hanya bisa pasrah dengan keadaan seperti ini.  Walau begitu aktifitas mereka tetap dilakukan seperti biasa.

Keindahan kota Pekanbaru seakan lenyap begitu saja. Langit yang biru sekarang nampak pekat, pemandangan yang hijau tidak bisa lagi dinikmati oleh mata.

Tapi bukan berati semua itu akan terjadi selama-lamanya. Masyarakat tetap optimis aakan kembali ke keadaan semula.

Mari kita lihat kota Pekanbaru yang sekarang.

1Jembatan Siak III

beritagar.id

Begitu indah  dan gagah Jembatan tersebut jika dipandang dari kejauhan, bangunan tersebut merupakan salah satu kebanggaan masyarakat kota Pekanbaru.

Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dan Rumbai ini sangat berkelas karena berkonstruksi  utama rangka baja melengkung.

Jembatan itu cukup banyak memberi manfaat bagi masyarakat Pekanbaru khusunya di bidang transportasi.

Jembatan yang indah tersebut dilihat sekarang menjadi seperti ini.

beritagar.id
beritagar.id

2 Gedung Kesenian, Anjungan Idrus Tin tin

beritagar.id

Pekanbaru bisa dikatakan bukan kota budaya, tapi bukan berarti tidak punya tempat wisata. Gedung Kesenian Anjungan Idrus Tin tin ini

Gedung kesenian yang bernama Anjungan Idrus Tin tin  ini merupakan tempat simbol seni dan budaya di Pekanbaru.

Biasanya banyak masyarakat menggunakan gedung ini untuk latihan drama, belajar kesenian ataupun untuk pertunjukkan para pemuda pemudi Pekanbaru.

Setiap sore biasanya juga warga disekitar menghabiskan waktu di sekitar gedung ini untuk sekedar jalan-jalan,berfoto ria atau bermain dengan keluarga.

Di sekitar Gedung tersebut  juga terdapat bangunan rumah adat dari berbagai tempat di Riau . Jika kamu berkunjung di  Pekanbaru sempatkan untuk menikmati keragaman di Anjungan ini.

Dan ini Gedung Anjungan idrus Tin Tin setelah terkena dampak asap. Sangat disayangkan , Gedung ini menjadi sepi dan terlihat seperti bangunan kosong yang berhantu.

beritagar.id
beritagar.id

3Masjid Agung An Nur di Kota Pekanbaru

beritagar.id

Masjid An nur kota Pekan baru ini merupakan salah satu bangunan yang indah di Pekanbaru, selain bangunannya megah juga model masjid yang moderen.

Di masjid ini selain untuk pusat peribadatan, juga banyak digunakan untuk kajian atau ceramah dari berbagai kalangan, juga banyak yang belajar membaca alquran di masjid ini.

Di masjid ini terdapat banyak fasilitas yang cukup membuat kita betah jika kita beraktifitas di dalamnya.

Masjid ini ada eskalator untuk ke lantai atas, di sekitaran masjid ada ruang-ruang untuk pertemuan, seperti ruang kantor, ruang kelas dan perpustakaan.

Yang bikin pemuda pemudi betah di masjid adalah fasilitas hotspot gratis tanpa password, kita bisa berinternet sepuasnya disini.

Pemandangan masjid di malam hari begitu menakjubkan, kemegahan dan keindahnnya begitu membuat mata kita betah memandangnya.

bujangmasjid.blogspot.co.id
bujangmasjid.blogspot.co.id

Tapi suasananya sungguh amat berbeda ketika kabut asap datang. Masyarakat tetap beraktifitas di masjid ini, walau keindahannya lenyap begitu saja.

beritagar.id
beritagar.id

4 Jembatan Fly Over

beritagar.id

Jembatan fly over yang terdapat di jalan jendral sudirman ini menggambarkan bahwa Pekan baru merupakan kota yang lancar transportasinya, bersih dan mempunyai tata letak kota yang dinamis.

Masyarakat cukup merasakan manfaat dari jembatan ini, jika transportasi lancar maka perdagangan dan usaha menengah masyarakat juga akan terkondisikan dengan baik.

Tapi dengan datangnya kabut maka sistem perekonomian di kota tersebut akan berubah total, jika jalanan sepi maka perdagangan juga sepi.

beritagar.id
beritagar.id

5Sungai Siak

beritagar.id

Sungai Ini merupakan salah satu sungai terbesar di Pekan baru, salah satu sungai yang banyak manfaat nya bagi masyarakat.

Selain untuk pertanian, sungai ini juga bermanfaat untuk lalu lintas air dan budidaya perikanan bagi masyarakat.

Air nya yang jernih merupakan potensi yang sangat baik untuk kebutuhan mandi , cuci atau kakus. Sungai ini juga digunakan untuk pembangkit PLTA.

Masyarakat juga sangat terbantukan dengan keberadaan sungai ini karena sungai ini juga salah satu jalur perdagangan nasional.

beritagar.id
beritagar.id

Sungai yang sekarang terkena dampak kabut asap tersebut tidak berkurang kemanfaatannya, hanya saja sekarang kita tidak bisa menikmati keindahannya.

Pekanbaru yang dulu memang indah, walau sekarang kabut asap merenggut keindahannya, tapi kita yakin kota ini akan kembali ke keindahannya.

SHARE