Kota Bandung bukan hanya terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah, namun juga pemandangan alam yang indah. Julukan sebagai Parisnya Jawa tentu bukanlah pepesan kosong.

Orang-orang Eropa yang menetap dan sering berkunjung ke Bandung lah yang memberikan julukan tersebut, alasannya karena iklim dan keindahan Bandung mirip seperti di Paris.

Alasan lain karena perkembangan mode di Bandung yang dulu mengacu pada kota Paris.

Selain julukan Paris Van Java Kota Bandung juga disebut orang Eropa sebagai kota kembang. Dulu ceritanya Bandung masih sangat asri dengan banyak pepohonan dan bunga mekar di sepanjang jalan.

Namun, saat ini keindahan Kota Bandung kini sudah banyak tergusur oleh bangunan-bangunan megah ala metropolitan. Untungnya masih banyak diimbangi dengan taman-taman kota buatan manusia.

Jika kamu ingin merasakan keindahan alam Kota Bandung, masih ada banyak spot yang menawarkan hal tersebut, salah satunya adalah Bukit Moko di Desa Cimenyan.

Dikalangan masyarakat Bandung, bukit ini sudah banyak dikenal, tapi bagi masyarakat luar masih jarang yang mengenal tempat wisata tersebut.

Teknologi komunikasi dan sosial media telah berjasa dalam memopulerkan Bukit Moko. Berawal dari banyaknya foto Tebing keraton yang beredar di Instagram, nama Bukit Moko pun banyak disebut-sebut.

Tebing Keraton sendiri adalah tempat yang bersebelahan dengan bukit Moko. Kini anak-anak muda mulai mengenal Bukit Moko. Bahkan belum dianggap ‘gaul’ kalau belum pernah mengunjungi bukit tersebut.

Bukit Moko juga disebut Bukit Bintang karena puncak bukitnya dinamai sebagai Puncak Bintang. Di Puncak Bintang ada bintang besar yang dipajang sebagai simbol, inilah tempat terbaik untuk melihat bintang.

Melihat bintang asli yang gemerlap di langit, juga menyaksikan ‘bintang’ lampu perkotaan bandung yang sangat terang terlihat dari puncak.

Dengan ketinggian sekitar 1500 DPL menjadikannya sebagai tempat tertinggi di Bandung. Sehingga sangat pas untuk melihat dari atas suasana malam di Kota Bandung.

Dalam perjalanan menuju Bukit Moko kamu juga akan melewati hutan pinus yang indah. Pohon pinus yang menjulang tinggi tampak apik karena berjajar rapi.

Bukit Moko sendiri sebenarnya masuk dalam area Taman Hutan Rakyat (Tahura), begitu juga dengan hutan pinusnya.

Berikut ini adalah gambar-gambar yang menunjukkan keindahan di Bukit Moko.

1Idola Baru Anak Muda

alaniadita.wordpress.com

Nampak anak-anak muda sedang asyik bersantai melihat pemandangan, mengabadikan bukit indah ini dengan berfoto ria. Inilah tempat sekarang menjadi tempat favorit bagi anak muda melepaskan penat.

Kata mereka belum gaul bagi anak muda kalau belum pernah selifie di Puncak Bintang. Dengan akses yang dekat dan mudah ditempuh, mereka kini pun ramai mengunjungi tempat ini.

2Gemerlap ‘Bintang’ Kota Bandung

tripsantai.com

Gemerlap cahaya lampu perkotaan dan pemukiman menjadi pemandangan menarik bagi pengunjung. Ketika malam semakin larut, sinar bintang asli juga menghiasi langit Bandung.

3Bintang Besar di Puncak Bintang

id.wikipedia.org

Bintang besar yang bercahaya semakin memperindah Puncak Bintang. Bintang besar ini sebagai simbol puncak, menegaskan bahwa Bukit Moko adalah tempat terbaik untuk melihat bintang.

4Warung Daweung

anekatempatwisata.com

Jangan khawatir akan kelaparan dan kehausan ketika ke Bukit Moko, warung Daweung siap menyajikan makanan dan minuman hangat. Daweung sendiri dalam bahasa Sunda berarti melamun atau bengong.

Mungkin para pengunjung banyak yang bengon melihat betapa indahnya pemandangan di bukit tersebut.

5Hutan Pinus

pulasinn.wordpress.com

Sebelum sampai ke bukit, kita sudah disajikan pemandangan indah dalam perjalanan. Hutan pinus. Pohon pinus yang menjulang tinggi tampak apik karena disusun berjajar rapi.

6Sunrise Bukit Moko

youtube.com

Jika bertahan di bukit sampai pagi, kamu akan menyaksikan pendangan sunrise Bukit Moko.

7Sunset Bukit Moko

gilangjabarizki.deviantart.com

Selain sunrise, Bukit Moko juga memiliki pemandangan sunset di waktu petang.