Banyak orang mengakhiri pernikahan dengan perceraian karena berbagai alasan. Namun bukan berarti orang yang bercerai adalah orang yang buruk.

Banyak orang juga yang menilai perceraian sebagai hal yang tak pantas dilakukan, termasuk menilai buruk tentang duda dan janda yang bercerai.

Lalu bagaimana jika ada seorang gadis mencintai pria yang pernah bercerai dan ingin menikah dengannya? Dapatkah pria duda membahagiakan gadis tersebut?

Jawabannya, ya. Kok bisa? Alasannya?

1Pengalaman Gagal

howmuchmoneytheymake.com

Meskipun pernah mengahlami kegagalan, namun jelas punya pengalaman dalam hal pernikahan.

Jika menikah lagi, justru akan lebih berhati-hati lagi dalam menjalani hubungan karena tidak ingin gagal untuk kedua kalinya.

2Menghargai Hubungan dan Komitmen

wyszlo.com

Meski pernah bercerai, bukan berarti para duda tidak menghargai komitmen. Justru sebaliknya, mereka akan lebih hati-hati menjalin komitmen dan tahu apa kesalahan dalam hubungan sebelumnya.

Mereka akan belajar dari kesalahannya yang lalu dan berusaha memperbaikinya di pernikahan selanjutnya.

3Tahu Apa yang Boleh Dilakukan dan Tidak

durbanceba.org

Karena sudah pernah gagal dan tentu tak ingin mengalaminya lagi, maka pada pernikahan kedua, mereka belajar banyak dan tahu bagaimana bersikap saat menghadapi hal yang sama.

Mereka juga akan belajar menghindari sebisa mungkin kesalahan dan masalah yang dulu pernah menghancurkan pernikahannya.

4Menghargai Pentingnya Komunikasi

kapanlagi.com

Tidak seperti para pria yang tak pernah menikah, orang yang sudah pernah menikah dan bercerai pasti tahu pentingnya komunikasi, keterbukaan satu sama lain, dan kepercayaan.

Tiga hal tersebut adalah kunci keberhasilan suatu hubungan. Komunikasi yang baik saat menjalani sebuah hubungan adalah yang paling penting didahulukan.

5Hidup dalam Kehidupan Nyata

danieldokter.wordpress.com

Tak akan ada drama cengeng dalam pernikahan. Sebuah pernikahan harus dipertahankan, tak ingin mementingkan ego pribadi.

Pria duda juga pasi paham untuk tidak berekspektasi lebih terhadap suatu hubungan. Sebab hal tersebut hanya akan menimbulkan kekecewaan.

Jadi, status duda yang bercerai bukan berarti bernilai buruk. Pastikan saja bahwa status tersebut tidak mengganggu keluarga masing-masing pihak.

SHARE