www.tokopedia.com

Buku Kenangan Anak 90an yang Tak Akan Pernah Terlupakan

Posted on

Menumbuhkan minat membaca untuk anak-anak itu memang seharusnya dimulai sejak kecil. Sejak anak masuk usia sekolah, kamu bisa lho membelikan buku bacaan bergambar yang menarik hati mereka untuk membacanya.

Itulah yang dilakukan beberapa orang tua yang anaknya tumbuh di era 90an. Pada masa itu, anak-anak masih asik bermain bersama dengan teman-teman dan menghabiskan waktu untuk saling membaca buku koleksi masing-masing.

Belum ada tuh yang namanya HP dan internet serta kawan-kawannya di tangan mereka. Orangtua hanya memberikan buku-buku bacaan dan majalah anak yang laris manis di pasaran. Bahkan, beberapa anak pun mengoleksinya dan masih ada hingga sekarang.

Bukan hanya satu atau dua buku dan majalah saja yang terkenal kala itu. Ada banyak buku yang sepertinya harus banget untuk dibaca dan dikoleksi oleh anak 90an. Dan beberapa di antaranya adalah buku-buku dan majalah berikut ini.

Majalah Bobo

bobo.kidnesia.com
bobo.kidnesia.com

Salah satu majalah yang sangat populer adalah Majalah Bobo. Majalah yang terbit sejak 14 April 1973 ini dahulu terbit sekali dalam seminggu. “Teman Bermain dan Belajar” adalah slogan yang diusung oleh majalah yang bisa dibilang tua ini.

Bobo begitu populer di kalangan anak-anak Indonesia. Kelici biru yang berkaos merah dan celana biru itu pasti sangat melekat di ingatan para pembaca setianya. Majalah ini merupakan majalah versi Indonesia dari majalah serupa yang terbit di Belanda.

www.kidnesia.com
www.kidnesia.com

Di dalam majalah ini, bukan hanya kisah Bobo yang menarik untuk dibaca oleh anak-anak, ada banyak kisah lain seperti Bona dan Rong Rong, Kisah Negeri Dongeng, dan lain sebagainya.

Majalah ini sangat membantu orangtua yang anaknya masih berada di usia sekolah, karena anak-anak tertarik dan bisa belajar membaca melalui majalah ini. Jadi, bagi anak 90an, siapa nih yang masih suka mengoleksi Bobo hingga sekarang?

Novel Lima Sekawan

red-white-cross.blogspot.com
red-white-cross.blogspot.com

The Famous Five atau Lima Sekawan adalah novel yang merupakan karya dari penulis Inggris bernama Enid Blyton. Buku ini diterbitkan untuk pertama kalinya di tahun 1942 dengan judul Lima Sekawan di Pulau Harta Karun.

Lima Sekawan merupakan sebuah grup yang berisikan detektif cilik di dalamnya, ada Julian, Dick, Anne, George dan seekor anjing yang bernama Timmy. Lima kawanan inilah yang menjadi tokoh utama dan terlibat dalam berbagai kasus menarik di dalam cerita.

Lima Sekawan dihadapkan dengan kasus-kasus misterius yang mengharuskan mereka untuk melakukan petualangan yang menarik. Novel ini sangat menyenangkan sekaligus menegangkan untuk dibaca.

Ceritanya yang ringan tak akan membuat anak-anak berpikir berat dalam memahami berbagai alur di dalamnya.

Novel Lupus

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Novel yang cukup terkenal lainnya adalah karya fiksi seorang Hilman Hariwijaya. Siapa anak 90an yang tak mengenal Lupus?  Tokoh utama dalam novel dengan judul yang sama ini pertama terbit pada tahun 1986.

Dalam Novel Lupus, bukan hanya si Lupus saja yang terkenal, beberapa temannya seperti Boim, Anto, Aji, Fifi, Adi Darwis dan Gito pun mewarnai hari-harinya. Novel yang laris ini pun pernah diangkat menjadi film dan sinetron.

Permen karet adalah benda yang paling melekat dengan sosok Lupus ini. Anak-anak 90an pasti paham betul dengan gaya Lupus yang kerap mengunyah permen karet di manapun ia berada.

Majalah Donal Bebek

fjb.kaskus.co.id
fjb.kaskus.co.id

Majalah lain yang tak kalah terkenal dengan Bobo adalah Donal Bebek. Majalah yang terbit secara berkala ini merupakan bacaan wajib bagi anak-anak 90an. Belum keren kalau kamu belum baca ini majalah.

RPUL dan RPAL

tokobukujagadilmu.blogspot.co
tokobukujagadilmu.blogspot.co

Dua buku lagi yang menjadi kenangan mendalam untuk anak-anak era 90an. RPUL atau Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap dan RPAL singkatan dari Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap adalah buku wajib anak sekolahan.

Buku ini berisi semua jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum dan alam. Sebelum adanya internet, buku ini adalah penyelamat utama dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *