Bagi yang pernah nonton film ‘Smurf’ pasti tahu dengan istilah bulan biru. Dalam film itu para makhluk mungil smurf dapat memasuki dan keluar dunia manusia apabila terjadi bulan biru.

Dan ternyata dalam dunia nyata memang ada lho istilah bulan biru. Istilah ini lebih populer di barat dengan nama blue moon. Diperkirakan istilah ini sudah mengakar di masyarakat barat semenjak 500 tahun yang lalu.

illuminatiwatcher.com

Berbeda dari film dan persepsi kebanyakan orang yang menganggap bulan berwarna biru, bulan biru secara istilah dan kajian ilmiah tidak identik dengan warna biru.

1Bulan Biru dalam Kacamata Ilmiah dan Bahasa

Bulan biru dalam pengertian ilmiah yang sudah diteliti berabad-abad yang lalu, adalah bulan purnama ekstra atau dua bulan purnama yang muncul dalam satu bulan. Dan warnanya seperti bulan purnama biasa, yakni abu pucat dan putih.

Fenomena dua purnama dalam satu bulan dikarenakan ada perbedaan jumlah rotasi, bulan 29 hari dan rotasi bumi selama 30 hari. Itulah yang menyebabkan purnama hadir dua kali dalam sebulan. Dan menurut perhitungan, blue moon terjadi tiap 2,7 tahun sekali.

thesilverink.com

Lalu kalau tidak ada kaitannya dengan warna biru, mengapa dinamakan bulan biru? Mengapa tidak bulan hijau, kuning, atau warna lainnya? Ternyata setelah ditelusuri, dalam bahasa inggris kuno, istilah blue sebelum jadi kata benda memunyai arti ‘pengkhianat’.

Disebut ‘pengkhianat’ karena bulan purnama seharusnya datang tiap satu bulan, tapi datanglah bulan kedua yang tak disangka-sangka. Maka, purnama kedua dianggap ‘pengkhianat’.

Bulan purnama memang sering menjadi ritual dan perayaan khusus dalam berbagai kepercayaan. Di barat para pendeta selalu menyelenggarakan festival bulan purnama.

Nah, ketika ada dua kali purnama, terpaksa mereka menyelenggarakannya dua kali. Karena itu istilah bulan biru atau bulan pengkhianat muncul.

cypresshills.com

Istilah ini lalu terbawa dalam banyak ungkapan dalam bahasa Inggris. Ada ungkapan yang sering diutarakan, once in a blue moon. Ungkapan ini sering diucapkan saat mengekspresikan tentang sesuatu yang jarang, langka, bahkan absurd.

Ada tujuh bulan biru di kalender Lunar tiap 19 tahun. Di masa lalu, para pembuat almanak menemukan banyak kesulitan mengkalkulasi kapan terjadi blue moon dan ketidakpastian ini menciptakan ekspresi ‘once in a blue moon.’

spaceref.com

Dalam catatan-catatan kuno, kata blue moon juga sering diucapkan dalam arti lain, yakni arti ‘tidak akan pernah’ dan arti ‘dalam waktu yang sangat lama’.

2Bulan Pernah Berwarna Biru

Walau blue moon tidak identik dengan warna biru, tapi dalam sejarahnya banyak orang yang pernah menyaksikan bulan purnama berubah menjadi warna biru. Para ilmuwan tidak menyangkal hal ini, dan memang bisa dan pernah terjadi.

Bulan, baik purnama atau bulan sabit seolah berubah menjadi biru ketika terjadi letusan gunung berapi atau kebakaran hutan dalam skala besar. Seperti kejadian Gunung Krakatau yang meletus pada 1883.

ajrpics.blogspot.com

Letusan Krakatau kekuatannya setara dengan ledakan nuklir dengan kekuatan 100 megaton dan menyemburkan debu vulkanik yang hampir menutupi permukaan bumi. Saat letusan 1883 itu hampir tiap malam orang melihat bulan berwarna biru.

Bulan tampak berwarna biru juga terjadi saat erupsi gunung El Chinchon tahun 1983 di Meksiko. Dan fenomena terakhir terjadi kala letusan Gunung St. Helen dan Gunung Patubo di tahun 1980 dan 1991 juga menyelimuti bulan menjadi kebiruan.

aliexpress.com

Rembulan seakan berwarna biru juga terjadi saat kebakaran hutan menciptakan tipuan mata yang sama. Kejadian yang paling diingat adalah kebakaran besar tahu  1953 di hutan Alberta, Kanada.

Bencana alam itu mewarnai bulan dan matahari dengan warna unik, yakni biru bluebell pada Bulan dan ungu lavender pada matahari. Warga Amerika Utara sampai dengan Inggris, bisa melihat dengan jelas fenomena tersebut.