Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa orang-orang begitu takjub menyaksikan kemunculan bulan merah.

Kecantikan bulan merah di malam hari tiada taranya. Bahkan mengalahkan ratusan sinar bintang gemintang di langit.

Bulan merah merupakan salah satu fenomena gerhana bulan yang sangat langka.

Setiap pandangan mata terbius oleh keindahan bulan merah. Tidak heran, jika kemunculan bulan merah ini paling dinanti-nanti manusia di bumi.

Umat manusia seluruh dunia dibuat terpukau dengan aksi sang bulan merah tepat tanggal 4 April 2015 lalu. Hati siapa yang tidak terhipnotis oleh pancaran cahaya merahnya.

Keberuntungan berpijak pada lima negara di dunia, yaitu Jepang, Indonesia, Amerika, Thailand, dan India. Mereka yang ada di negara tersebut dapat menyaksikan langsung fenomena bulan merah dengan mata telanjang.

Meskipun tidak semua wilayah di negara tersebut bisa menikmati kecantikan bulan merah darah, tapi sejumlah fotografer berhasil mendokumentasikan proses gerhana.

Ini sangat membantu sekali bagi orang yang ingin menyaksikan keunikan prosesnya.

Fase bulan merah darah beberapa waktu lalu memang termasuk peristiwa langka. Fase terjadi hanya dalam waktu 4 menit 43 detik. Sangat singkat bukan? Biasanya, fase gerhana bulan terjadi selama puluhan menit.

Bagi yang belum pernah melihat proses terjadinya gerhana bulan merah darah, rugi lho. Pasalnya, gerhana bulan merah darah terjadi 140 tahun sekali.

Wah, lama sekali ya, guys. Kalau 140 tahun ke depan kamu masih diberi nafas, gerhana bulan merah darah pasti akan kamu saksikan lagi.

Tapi, jangan khawatir, bila tidak melihat aslinya, kamu bisa melihat foto-foto ini. Fotografer berhasil mengabadikan proses terjadinya gerhana hingga gambar gerhana bulan merah darah tercantik di dunia saat itu.

Penasaran kan seperti keindahan bulan merah? Langsung saja yuk, simak ulasannya.

1Fase Bulan Merah

youtube.com

Fenomena gerhana bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan bulan tertutup oleh bumi. Artinya, posisi bumi berada di tengah-tengah matahari dan bulan atau dalam satu garis lurus.

Itulah sebabnya, cahaya matahari tidak dapat sampai ke bulan karena tertutup oleh bumi. Lalu, bagaimana dengan gerhana bulan merah darah?

Sebenarnya, gerhana bulan merah darah adalah gerhana bulan total. Dinamakan gerhana bulan merah darah karena warna bulan saat itu merah seperti darah.

Warna merah darah terjadi akibat cahaya matahari yang dibelokan oleh atmosfer bumi sehingga mengenai bulan. Secara teori, bayangan bumi ada dua bagian, yakni penumbra dan umbra.

Bagian penumbra merupakan tempat di mana matahari masih bisa masuk, sedangkan di daerah umbra, sinar matahari tidak dapat masuk.

Namun, pada fenomena gerhana bulan merah darah atau blood moon, sinar matahari masih bisa masuk di daerah umbra karena dibiaskan atmosfer bumi.

2Bulan Merah di Jepang

blj.co.id

Gerhana bulan merah darah atau blood moon terindah dapat kamu saksikan di Negara Jepang. Saat terjadi blood moon, Jepang sedang mengalami musim semi sehingga bunga-bunga sakura bermekaran indah.

Betapa cantik nan rupawan tatkala gerhana bulan disandingkan dengan bunga sakura. Eksotis dan romantis, itulah suasana yang muncul di balik foto blood moon tersebut.

3Eksotisme Bulan Merah di Indonesia

jurnalasia.com

Blood moon yang terjadi pada tanggal 4 April 2015 lalu dapat disaksikan dengan mata telanjang di Surabaya. Momen blood moon terindah tampak dari latar belakang Pantai Kenjeran.

Keberuntungan melihat blood moon tanpa teropong juga dialami warga Yogyakarta dan Pasuruan.

Proses fase blood moon dari awal sampai akhir berhasil diabadikan oleh seorang astronom di Pasuruan yang bernama Muhamad Soleh.

4Bulan Merah di Sungai Gangga, India

naked-traveler.com

India dan Sungai Gangga adalah hal yang tak terpisahkan. Saat gerhana bulan merah darah terjadi, penganut Hindu beramai-ramai ke Sungai Gangga dan Saraswati. Mereka menggelar upacara dengan beberapa ritual sakral.

5Sensasi Bulan Merah di Kuil Thailand

jadiberita.com

Bangkok menjadi kota paling beruntung berikutnya karena bisa melihat gerhana bulan merah darah. Tak heran jika para fotografer mengincar kuil sebagai obyek pemanis gambar gerhana bulan ini.

6Bulan Merah di Amerika Serikat

jadiberita.com

Masyarakat Amerika Serikat adalah salah satu pihak yang diberi kesempatan menikmati pemandangan gerhana bulan. Menjelang fajar, seluruh Amerika Serikat dikejutkan dengan cantiknya blood moon.

Seorang fotografer mendokumentasikan blood moon sebagai latar belakang gedung-gedung tinggi di Los Angeles. Begitu pula di Las Vegas, peristiwa blood moon dipadukan dengan kapsul roller coaster.

Itulah 6 fenomena bulan merah paling menakjubkan di tahun 2015. Untuk melihatnya lagi, kamu harus menunggu 140 tahun ke depan.