Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Suasana khasnya tak hanya bisa dirasakan dan dinikmati oleh umat Muslim saja, namun di Negara kita ini, umat Non Muslim pun juga bisa ikut merasakannya.

Bahkan tak jarang pula saudara Non Muslim ikut membuka peluang usaha dengan menyediakan banyak jajanan takjil yang bisa dijual, atau menjual berbagai keperluan lainnya seperti baju, muke, sajadah, dan sebagainya.

Nah, satu hal yang paling menarik dari bulan penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT ini adalah beberapa suasana khasnya yang bisa kita rasakan di Indonesia ini.

Dan jika kamu sudah menemui 5 suasana khas ini, berarti kamu sudah memasuki bulan Ramadhan. Apa sajakah itu?

1Mercon dengan Suara dan Sampahnya yang Mengganggu Kenyamanan

faols.wordpress.com

Tak bisa dipungkiri dan entah mengapa di Indonesia ini, jika bulan puasa tiba, maka banyak anak-anak bahkan sampai usia remaja yang gemar mengisi waktu selepas subuh sampai menjelang siang dengan bermain mercon.

Ada apa sebenarnya? Sampai sekarang masyarakat juga belum begitu paham apa asyiknya membuat hiruk pikuk suasana pagi, mengagetkan para pejalan kaki yang baru pulang dari masjid, dan sampah kertas bekas mercon yang dibiarkan berserak di jalanan.

Walau mengganggu sebagian besar orang, namun suasana bernuansa mercon ini kadang juga bisa menjadi sebuah kerinduan sendiri bagi beberapa orang karena bulan Ramadhan telah pergi, suasana mercon pun juga hilang. Hehehe. Ada-ada saja.

2Ada Pasar Jajanan Hampir Di Setiap Pinggir Jalan

kanalsatu.com

Memasuki bulan Ramadhan, ada yang menarik di sepanjang pinggiran jalan di kotamu pastinya. Atau mungkin pemerintah setempat malah justru menyiapkan wilayah tersendiri buat mereka.

Siapa mereka?

Mereka adalah para penjual jajanan takjil, yang setiap menjelang berbuka menjadi favoritmu untuk didatangi. Karena takjil selalu menjadi favorit tersendiri untuk dimakan di awal waktu berbuka puasa.

3Pemuda Sahur Keliling

sahabatnews.com

Walau sekarang di beberapa kota besar sudah jarang ditemui, namun di desa-desa atau kota-kota kecil, masih banyak anak-anak atau remaja yang begitu semangat berkeliling dari rumah ke rumah untuk membangunkan sahur warganya.

Berbekal kentongan atau bahkan bedug, dan tak jarang juga hanya gallon air kosong, mereka akan dengan setia membangunkan warga dengan teriakan khas, “Sahuuur…sahuuurrr…!”.

Kalau kamu sudah menemukan suasana itu, berarti kamu sudah berada di bulan Ramadhan. Hehehe.

4Suara Tilawah Qu’an dari Speaker Masjid Semalaman Penuh

tpamuhtadin.wordpress.com

Saat kamu memasuki bulan Ramadhan, suasana malam yang biasanya sangat biasa-biasa saja, mendadak menjadi syahdu dan penuh kehangatan dengan suara dari speaker-speaker masjid.

Suara tersebut adalah suara anak-anak, remaja, atau orang tua yang sedang mengikuti tadarus Qur’an. Suara tilawah mereka, mulai dari yang sangat lancar sampai yang masih terbata-bata akan menemani malam kita hingga kita terlelap.

5Warung dan Restauran Tutup atau Tutup Sebagian

azzahra-sydra.blogspot.com

Sebenarnya bukan umat Muslim gila hormat minta sangat dihargai dengan hadirnya bulan puasa. Namun banyak anak kecil yang sedang belajar berpuasa, sehingga ketika banyak warung atau restauran yang buka penuh dikhawatirkan mereka tergoda.

Itulah mengapa banyak warung atau restauran yang membuka separuh dagangannya atau bahkan tutup total dan buka saat menjelang berbuka dan sahur saja.

Alasan lain juga karena Indonesia mayoritas Muslim maka sebagian besar pelanggan Muslim yang puasa juga tidak membeli makan siang hari, maka lebih baik buka separuh atau tutup total saja. Hehehe.

Nah itulah tadi 5 suasana khas di bulan Ramadhan. Yakin deh, pasti kamu sudah tak sabar menunggu suasana-suasana tersebut kan?