Bulan selalu menjadi satu dari milenia bukti keindahan Tuhan yang tak terbantahkan. Dan bulan sabit adalah salah satunya. Kondisi ‘bentuk’ bulan yang menyerupai sabit terjadi pada bulan yang masih ‘muda’.

Banyak orang mengira bahwa bayangan yang menutupi bagian bulan lainnya adalah bayangan bumi. Namun, hal itu salah, bayangan yang menutupi bulan adalah bayangan bulan itu sendiri.

Nah, untuk lebih mensyukuri keindahannya, beberapa karya fotografi bertema bulan sabit di bawah ini akan membuat kamu takjub pada Tuhan yang Maha Pencipta Segalanya.

1Kabut dan Bulan Sabit

pbase.com

Foto ini diambil oleh Dan Bush pada tanggal 21 Februari 2004. Bush mengambil sudut semak liar yang bermesra dengan kabut malam di Albany, Missouri, Amerika Serikat. Kamera yang digunakan adalah Nikon Coolpix 995.

2Perahu dan Pantai

tastingthewaves.wordpress.com

Todd Yeates mengabadikan bulan sabit ini di sebuah pantai di kawasan San Juan del Sur, Nicaragua. Pada tanggal 14 September 2014, bulan mungil ‘menjaga’ ujung langit senja di pelabuhan kecil yang damai.

3The Blue Hour

mikedooleyphotography.com

Istilah blue hour adalah saat di mana matahari berada jauh di batas horizon, bisa terjadi di senja hari atau di fajar pagi. Dan pada saat itulah Mike Dooley mengambil gambar bulan ini.

Bulan sabit kecil yang seolah tak mau mengalah pada fajar yang merekah di ujung langit. Pagi yang cerah akan terbit, dan bulan yang indah akan kalah. Bulan tidak pernah tenggelam, ia hanya akan terus disana, tetapi tak mampu mata manusia menangkapnya.

4Mont Saint-Michel

flickr.com

Gunung Saint Michel sama sekali tidak terlihat seperti gunung. Sebuah pulau kecil di Normandy, Perancis ini justru lebih mirip dengan istana di negeri dongeng. Dan Nathan Yan membuat negeri dongeng itu menjadi lebih hidup dengan karya fotografi miliknya.

5Aoraki

myglobalmasters.com

Gunung Cook atau Aoraki adalah puncak tertinggi di New Zealand, setinggi 3724 meter di atas permukaan laut. Dan awan mendung di hari yang gelap itu seolah ‘mengejar’ bulan sabit yang samar.

Jon Eickmeier, seorang bankir yang punya hobi fotografi menangkap pemandangan sendu ini.

6Comet

fineartamerica.com

Charles Hite menyuguhkan karya langka yang belum pernah kamu lihat sebelumnya bukan? Komet yang jatuh menjauh dan bulan sabit yang justru seolah membentuk mangkuk.Charles mengambil foto di danau Murray, South Carolina, Amerika Serikat pada 3 Desember 2013.

7The Shoreline

creativeislandphoto.com

Sebuah karya fotografi yang sangat mengagumkan bukan? Matahari senja yang menyebar di garis batas. Dilengkapi dengan siluet daratan yang memantul di garis pantai. Tetapi bulan sabit bergeming.

Peter Baumgarten seolah ingin mengatakan pada kita lewat karyanya yang satu ini, bahwa bulan tidak akan terpantul. Bulan hanya satu dan keindahannya singular. Keindahannya tidak tertandingi.

8Brisbane

flickr.com

The Foggy Brisbane, kota metropolitan yang berkabut saat itu, 27 Mei 2014. Kabut kiriman dari gunung ‘pendek’ setinggi 287 meter di atas permukaan laut, gunung Coot-tha, titik tertinggi di Kota Brisbane, Australia.

Kabut sisa senja yang ditangkap oleh kamera Stephen Mudge seolah takut-takut menutupi langit tinggi dan memilih untuk menggantung di puncak-puncak gedung pencakar langit.

Tentu saja kabut takut padanya bukan? Bulan sabit yang menguasai gelap langit petang, mengalahkannya dengan cahaya khas rembulan. Cahaya yang penuh keindahan Tuhan Pencipta Alam.

9Bulan Sabit di Dasar Danau

fineartamerica.com

Raymond Salani III mengambil foto menakjubkan ini di danau buatan atau waduk Manasquan, Howell, New Jersey, Amerika Serikat. Sebuah taman rekreasi yang cukup terkenal di New Jersey.

Barisan ‘tentara’ batang kayu yang meranggas seolah memerangkapnbulan di dasar waduk yang gelap dan senyap. Fajar pun menyingsing dan terbit, merah oranye yang hangat datang sebagai sang penyelamat.