Semua orang tahu bahwa daging ayam adalah sumber protein hewani yang paling digemari masyarakat Indonesia. Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Contoh kreasi daging ayam olahan misalnya, ayam bakar, ayam goreng, opor ayam, sate ayam, dan lain-lain. Aneka macam bumbu dan rempah-rempah ditaburkan untuk menambah kelezatan rasa.

Salah satu masakan ayam yang paling sering dimasak untuk menu sehari-hari adalah ayam kecap. Beragam bumbu dikreasikan dalam olahan ayam kecap sehingga memiliki rasa yang khas.

Berikut ini ada 3 bumbu ayam kecap yang bisa kamu praktekan di rumah. Let’s check it!

1Bumbu Pedas

youtube.com

Bagi yang suka pedas-pedas nih, cocok banget bikin olahan bumbu ayam yang satu ini. Sediakan, bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan tersebut berupa ayam, bawang putih, jahe, bawang bombay, cabe rawit, kecap manis, merica, garam, daun bawang, air, dan minyak seperlunya.

Siapkan juga bumbu untuk ungkep ayam yaitu, ketumbar, kunyit, dan garam.

racikanku.com
racikanku.com

Langkah pertama, bersihkan dan potong-potong ayam sesuai selera. Kemudian, ungkep ayamnya sampai empuk. Setelah itu, ayam ungkepan digoreng.

Usahakan ayam digoreng setengah matang (jangan sampai kering). Jika warnanya sudah berubah, angkat ayam goreng dan tiriskan.

Langkah kedua, tumis bawang putih (iris halus) dan jahe di dalam minyak panas. Saat aromanya sudah harum, masukan bawang bombay sampai layu.

Lalu, masukan juga ayam goreng, air, kecap manis, cabe rawit (iris halus), merica, dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai airnya tersisa sedikit.

resepcaramasak.com
resepcaramasak.com

Terakhir, masukan daun bawang dan aduk lagi. Aduk sebentar saja, angkat dan hidangkan.

2Bumbu Saus Tiram

afnirustam.wordpress.com

Siapa suka saus tiram? Kebayang nggak sih, saus tiram ini disiramkan ke masakan ayam kecap.

Bahan-bahan yang harus kamu sediakan yaitu, ayam, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, kecap manis, saus tiram, mentega, merica bubuk, garam, dan penyedap rasa.

dentistvschef.wordpress.com
dentistvschef.wordpress.com

Sudahkah lengkap semua bahan-bahannya? Jika sudah, mulailah dengan membersihkan ayam. Cuci dengan air sampai bulu tercabut dan lemaknya terkelupas sempurna.

Selanjutnya, ayam tadi dipotong-potong sesuai selera kamu. Sebaiknya potongan tidak terlalu kecil agar nanti tidak hancur ketika dimasak.

Langkah kedua, ayam diolesi bumbu halus yang dibuat dari kunyit, ketumbar, bawang putih, dan garam. Semakin banyak bawang putih maka semakin bagus karena aroma amisnya ayam akan hilang.

Kemudian, ungkep ayam di dalam air panas. Tunggu sampai dagingnya terasa empuk. Setelah itu, angkat ayam dan tiriskan.

Tunggulah beberapa saat sampai air pada ayam ungkep berkurang. Sambil menunggu, panaskan minyak goreng. Kalau sudah terasa panas, gorenglah ayam ungkep tadi.

Ayam digoreng sampai setengah matang saja. Artinya, angkat ayam bila warnanya berubah, tapi jangan sampai kering.

Langkah berikutnya, geprek bawang merah, bawang putih, dan cabe merah besar. Sisihkan dalam wadah khusus.

Jika semua bahan sudah siap, panaskan margarin, lalu masukan bwang putih, bawang merah, bawang bombay (iris halus), dan cabe merah besar.

Tumis semua bahan tersebut sampai aromanya harum. Jangan sampai gosong ya.

Segera masukan ayam kalau kamu sudah mencium aroma harum. Aduk-aduk rata sambil dituangkan air secukupnya. Kemudian, taburkan merica bubuk, garam, dan teteskan kecap manis.

Aduk sebentar dan diamkan. Siramkan saus tiram dan penyedap rasa ketika sudah mendidih. Biarkan masakan sampai airnya berkurang.

sidomi.com
sidomi.com

Angkat segera saat kamu melihat airnya susut. Sekarang, sajian ayam kecap bumbu saus tiram siap kamu santap.

Selamat mencoba!

SHARE