Opor ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi. Biasanya, kamu menyajikan masakan ini pada saat momen spesial. Misalnya, momen idul fitri, idul adha atau saat menjamu tamu istimewa.

Awalnya, opor ayam hanya tersedia di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi, sekarang opor ayam sudah tenar hingga ke seluruh penjuru dunia dan digemari oleh beragam suku bangsa.

Opor ayam sebenarnya adalah varian cara memasak ayam dengan bumbu dari bahan dasar santan yang dicampur rempah-rempah. Bumbu rempah yang biasa dipakai sebagai campuran santan diantaranya, kencur, kunyit, serai, dan lain sebagainya.

Masakan ini sudah menjadi menu wajib tatkala perayaan lebaran di Indonesia. Lebaran rasanya tak lengkap jika tanpa opor ayam.

Namun, opor ayam tidak harus disajikan pada momen spesial saja, guys. Kamu bisa lho, memasaknya untuk menu harian. Apalagi kalau disantap bersama sambal goreng hati, rasanya luar biasa lezat.

Coba deh, praktekan resep-resep di bawah ini dan buatlah teman-temanmu juga jatuh hati pada kelezatan opor ayam buatan kamu.

Yuk, simak!

1Bumbu Opor Ayam Putih

wikimedia.org

Bosan dengan bumbu opor ayam kuning?

Cobalah membuat bumbu opor ayam putih. Bahan-bahan yang perlu disiapakan yaitu daging ayam, santan kental, bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, garam, dan air.

Tambahkan jahe, lengkuas, sereh, dan daun salam sebagai pengharum dan penyedap rasa. Jangan lupa sediakan gula pasir dan minyak goreng juga, ya.

Sekarang mulai proses memasak. Pertama, kamu masak dulu 1 liter air hingga mendidih untuk merebus ayam. Kurang lebih selama 15 menit, baru kamu angkat ayamnya.

chefwidy.blogspot.com
chefwidy.blogspot.com

Lalu buatlah bumbu halus dari bahan-bahan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, dan jahe. Kamu bisa menghaluskannya dengan memakai blender atau ulekan.

Langkah kedua, tumislah bumbu halus, lengkuas, sereh, daun salam, dan daun jeruk. Setelah baunya harum, tuangkan air dan santan kental, diikuti memasukkan ayam yang sudah direbus.

Aduk pelan-pelan, upayakan santan jangan sampai pecah. Selanjutnya, taburkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Opor ayam dimasak hingga empuk dan santannya terlihat mengental.

Nah, sekarang opor ayam terlezat siap disajikan.

2Bumbu Opor Ayam Kuning

zarahgy.wordpress.com

Bumbu opor yang satu ini memang paling banyak disajikan oleh masyarakat Indonesia. Kuahnya berwarna khas kuning kunyit.

Kalau kamu ingin iseng membuatnya, resep berikut ini bisa kamu coba.

Tapi, kamu harus siapkan dulu bahan-bahannya, berupa daging ayam potong, lengkuas, sereh, daun salam, jahe, santan, garam, gula pasir, dan jangan ketinggalan minyak gorengnya, ya.

Pertama, kamu buat dulu bumbu halusnya berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, pala, merica, kemiri, dan kunyit. Bahan-bahan tersebut dihaluskan memakai blender atau ulekan.

Kedua, rebuslah ayam hingga empuk selama 15 menit.

midnitekitchen.tk
midnitekitchen.tk

Kemudian, bumbu halus yang kamu buat tadi, ditumis bersama serai, daun salam, jahe, dan lengkuas. Tumis sampai harum, lalu masukan ayam dan masak hingga warnanya berubah.

Jika warna ayam sudah mulai berubah, masukan air, santan, garam, dan gula pasir. Masak opor ayam sampai benar-benar matang. Matikan kompor dan angkat opor ayam.

Sajikan opor ayam kuning bersama ketupat dan lontong. Supaya makin lezat, kamu boleh menambahkan kerupuk dan bawang goreng.

Selamat mencoba, guys!

3Bumbu Opor Ayam Padang

laurabutragueno.blogspot.com

Saking terkenalnya opor ayam, aneka macam resep bumbu baru pun bermunculan. Opor ayam bumbu khas Padang ini boleh kamu coba.

Bahan-bahan dasarnya sama dengan bahan opor ayam bumbu putih dan kuning. Tapi, ada trik memasak yang berbeda lho, dibandingkan opor ayam biasanya.

Untuk membuat opor ayam bumbu khas Padang, kamu harus menyiapkan rempah-rempah berupa bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, daun salam, ketumbar, jinten, dan garam.

youtube.com
youtube.com

Langkah pertama, cucilah daging ayam dan potong sesuai keinginan. Olesi ayam dengan jeruk nipis, kemudian diamkan hingga 10 menit. Ulangi mencuci ayam sampai bersih.

Selanjutnya, bawang merah dan bawang putih diiris halus lalu ditumis sampai harum dan berwarna kekuningan. Semua bumbu dihaluskan memakai blender.

Setelah itu, ayam dilumuri bumbu dan direbus hingga empuk. Kalau sudah terlihat matang dan terasa empuk, masukan santan sambil diaduk-aduk. Jangan lupa bubuhkan serai dan air asam kandis ke dalam opor.

Masaklah opor ayam hingga mendidih. Angkat jika sudah matang dan matikan api kompor.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya. Kamu bisa menyajikan opor ayam khas Padang ini bersama lontong dan bawang goreng.

Demikianlah tiga macam cara membuat opor ayam dengan aneka bumbu. Semoga bermanfaat.