Popularitas makanan sate memang sudah tidak diragukan lagi. Seluruh penjuru dunia mengakui keberadaan kuliner yang satu ini. Khususnya sate asal Indonesia yang memiliki keunikan rasa dan aroma.

Bagi kamu para penikmat sate kambing, cobalah menyajikan sate dengan bumbu-bumbu berikut ini. Cara membuatnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa mempraktekannya di rumah.

Ingin tahu lebih jauh? Intip, yuk!

1Bumbu Kacang Khas Madura

rachmira.blogspot.com

Sate Madura merupakan sate yang sangat terkenal di Indonesia bahkan hampir seluruh dunia. Pasalnya, ada ciri tersendiri mulai dari penjualnya hingga bumbunya.

Resep rahasia bumbu kacangnya bisa kamu gunakan untuk membuat bumbu sate kambing.

Siapkan saja bahan-bahannya, yaitu kacang tanah, bawang putih, bawang merah, air, garam, merica bubuk, kecap manis, daun jeruk, dan cabai merah.

indonesian-medan-food.blogspot.com
indonesian-medan-food.blogspot.com

Haluskan bahan-bahan berupa bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, dan cabai merah.

Lalu masaklah bumbu tersebut dengan dicampur air, kecap manis, daun jeruk, garam, dan merica. Segera sisihkan setelah matang dan mendidih.

Bumbu kacang yang sudah matang tersebut bisa kamu tambahkan lagi dengan sedikit kecap manis. Sekarang, bumbu kacang khas Madura siap disajikan bersama sate kambing kesukaanmu.

2Bumbu Kecap Manis

resepbuntik.com

Bumbu kacang bukan satu-satunya bumbu yang digunakan untuk makanan sate. Kalau kamu merasa terlalu repot membuat bumbu kacang, resep bumbu kecap bisa kamu jadikan alternatif.

Bahan-bahan yang harus siapkan tidak terlalu banyak. Kamu hanya perlu menyediakan cabai rawit, bawang merah, kecap manis, merica bubuk, dan jeruk limau.

Bahan-bahan tersebut dicampurkan jadi satu ke dalam kecap manis. Aduk rata dan sajikan.

Kamu bisa menambahkan tomat sebagai pelengkap bumbu kecap. Bumbu kecap biasanya disajikan satu piring bersama sate. Berikan taburan bawang merah goreng sebagai pelengkap.

3Bumbu Santan

spaghetav.wordpress.com

Bumbu sate kambing tidak melulu menggunakan taburan bumbu kacang atau kecap. Ada bumbu santan yang bisa kamu siramkan di atas sate kambing favoritmu.

Memang, bahan-bahan yang disiapkan cukup banyak. Tapi, bumbu santan ini mampu mengusir rasa bosanmu terhadap bumbu yang biasanya disajikan bersama sate.

Siapkan santan murni dari buah kelapa, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, gula pasir, ketumbar bubuk, garam, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

Langkah pertama, tumis bawang merah, cabai merah, bawang putih, serai, jahe, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

Setelah matang, segera masukan daging, gula pasir, ketumbar, dan garam. Masak bahan-bahan tersebut hingga bumbunya menyatu.

Kalau sudah, masukan lagi bahan-bahan lain, yaitu air santan dan asam. Aduk merata dan masaklah sampai mengental.

Daging yang tadi dimasak bersama bahan tumisan, kamu angkat ya. Tusukan daging ke dalam tusuk sate dan bakar sebagaimana kamu biasa membakar sate.

Nah, kini kamu sudah bisa menyajikan sate bersama siraman bumbu santan. Rasanya pasti lezat dan gurih. Tertarik untuk mencoba?

4Bumbu Rendang

resepdanmasakan.com

Pernah membayangkan bumbu rendang jadi bumbu sate? Ternyata bisa lho, bumbu rendang disajikan bersama sate. Tapi, ada resep khusunya walaupun tak jauh berbeda dengan bumbu rendang pada umumnya.

Bahan-bahannya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai keriting, lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, jinten, dan teh adas.

bumburempahrempah.wordpress.com
bumburempahrempah.wordpress.com

Haluskan bahan-bahan tersebut lalu campurkan dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.

Masukan bumbu tadi ke dalam campuran santan yang sudah direbus dan air asam. Aduk merata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu bumbu rendang siap disajikan bersama sate kambing.