resepbuntik.com

3 Bumbu Sate Ini Menggugah Selera Makan Kamu

Posted on

Sate termasuk salah satu makanan terpopuler di Indonesia. Kuliner yang satu ini juga sudah sangat akrab dengan lidah para wisatawan domestik dan luar negeri. Tidak diragukan lagi, sate asal Indonesia memiliki keunikan rasa tiada duanya.

Meskipun banyak varian bumbu sate khas Indonesia, namun rasa dan aromanya tetap saja menggoda. Yuk, simak kelezatannya lewat ulasan resep bumbu sate berikut ini.

Bumbu Sate Padang

meiustia.wordpress.com
meiustia.wordpress.com

Tahukah kamu? Kota Padang tidak hanya warung masakan khas Padang, tetapi juga bumbu sate yang spesial dan tidak dimiliki daerah manapun.

Sate Padang sebenarnya bukan kuliner baru di Indonesia. Sebagian orang telah mengenal sate ini sebagai salah satu makanan terlezat.

Kalau kamu penasaran, kamu bisa membuatnya sendiri. Bahan dasarnya jelas dari daging, seperti daging sapi, ayam, atau kambing. Selain itu, kamu perlu menyiapkan tepung beras dan air.

bumburempahrempah.wordpress.com
bumburempahrempah.wordpress.com

Bahan untuk membuat bumbu halus yang harus kamu sediakan, yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunying cincang, jahe cincang, garam, serai geprek, dan ketumbar bubuk.

Jangan lupa menyiapkan rempah-rempah pendukung, yakni merica bubuk, jinten bubuk, daun kunyit, lengkuas, daun jeruk, 50 gram tepung sagu, dan asam kandis.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan semua bahan bumbu. Campurkan bumbu halus dengan air rebusan yang berisi daging. Biarkan sejenak hingga daging menjadi empuk dan bumbunya meresap ke seluruh pori-pori daging.

Potong dadu daging yang sudah matang. Selanjutnya, buatlah saus sate. Caranya dengan mencampurkan tepung beras dan air bekas rebusan ayam tadi. Aduk rata dan panaskan. Upayakan dipanaskan sampai mengental.

Supaya rasanya lebih sedap, tambahkan garam dan merica bubuk. Kemudian, lumuri sate dengan saus sate dan bakar hingga matang.

Nah, sekarang sate Padang siap dihidangkan bersama taburan bawang goreng yang renyah.

Bumbu Sate Madura

rachmira.blogspot.com
rachmira.blogspot.com

Siapa sih yang tidak kenal Sate Madura? Sate eksotis ini tersohor dengan segala kelezatan rasanya. Sate Madura menjadi pilihan pertama para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Adonan bumbu spesial Sate Madura terletak dari bahan pembuatnya, yaitu kacang.

Bahan utama yang harus kamu siapkan, yakni kacang tanah, bawang putih, bawang merah, air, garam, merica bubuk, kecap manis, daun jeruk, dan cabai merah.

food.blogspot.com
food.blogspot.com

Seperti biasanya, pertama kali yang harus kamu buat adalah bumbu halusnya, berupa bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, dan cabai merah.

Campurkan bumbu halus dengan air, kecap manis, daun jeruk, garam, dan merica, lalu tumis hingga aromanya harum dan menggiurkan.

Jika sudah matang, tambahkan lagi kecap manis agar rasanya makin sempurna. Sekarang, bumbu kacang khas Sate Madura siap disajikan bersama adonan sate ayam, kambing maupun sapi.

Bumbu Kecap Manis

resepbuntik.com
resepbuntik.com

Inilah bumbu sate yang paling sederhana. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak sate dengan varian bumbu sate sebelumnya, cukup memakai bumbu dari bahan kecap manis ini.

Kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak bahan dan bumbu. Sediakan saja cabai rawit, bawang merah, kecap manis, merica bubuk, dan jeruk limau.

Pertama, iris-iris cabai rawit dan bawang merah sesuai selera kamu. Kemudian, tumis sebentar, angkat, dan tiriskan.

cookingwithmamamiyuki.wordpress.com
cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Campurkan tumisan cabai rawit dan bawang putih ke dalam kecap yang sudah ditaburi merica bubuk dan jeruk limau. Aduk-aduk hingga merata. Pastikan semua bahan sudah menyatu rasanya. Jika perlu, tambahkan irisan tomat ke dalam bumbu kecap manis.

Hidangkan bumbu kecap manis bersama sate ayam atau kambing sesuai selera makan kamu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *