Sebagai negara maritim dengan wilayah laut yang luas dan kepulauan yang tak terhitung jumlahnya, Indonesia memiliki kekayaan bawah laut yang besar. Sebuah potensi ekonomi yang menjanjikan jika dapat dikelola dengan baik.

Kekayaan ikan, air, tumbuhan laut, minyak, dan salah satu potensi yang kini cukup berhasil adalah wisata. Banyak sekali lokasi di indonesia yang memiliki taman bawah laut yang menakjubkan dan dianggap terbaik di dunia.

Salah satu pesona bawah laut yang tersohor di dunia adalah Taman Nasional Bunaken. Wisata laut ini berada di kawasan Teluk Manado, utara Pulau Sulawesi.

Bersama dengan Pulau Siladen dan Pulau Mantehage, taman laut Bunaken membentuk kawasan wisata yang bernama Taman Nasional Bunaken Manado.

Dengan kekayaan bawah laut yang termasuk salah satu terbaik di dunia, menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Menyelam dan menikmati keragaman taman bawah laut Bunaken.

Ada beberapa fakta menarik yang membuat Taman Nasional Bunaken semakin disenangi banyak orang, berikut fakta menarik tersebut.

95 Titik Penyelaman Terbaik dari 40 Titik

telusurindonesia.com

Total ada sekitar 40 titik penyelaman yang dapat di Taman Nasional Bunaken. Mungkin ini salah satu yang terbanyak di antara taman laut yang lain, hanya Wakatobi yang mengimbangi jumlah tersebut.

Diantara 40 titik, tidak semuanya terbaik, hanya ada 5 titik penyelaman yang paling disukai dan favorit bagi wisatawan. Titik penyelaman terbaik itu adalah Bunaken Timur, Mandolin, Reruntuhan Kapan, Tanjung Kopi, dan Puncak Barakuda.

83000 Spesies Ikan dan 390 Jenis Terumbu Karang

happycaesaria.blogspot.com

Di Taman Nasional Bunaken diperkirakan memiliki sekitar 3000 spesies ikan yang berseliweran, serta 390 jenis terumbu karang dengan lekak-lekuknya yang sangat mungil.

7Warisan Dunia UNESCO

twicsy.com

Dengan kekayaan bawah laut berupa 3000 spesies ikan dan 390 jenis terumbu karang, belum lagi banyaknya spot menyelam. Sangat pantas jika Taman Nasional Bunaken terdaftar sebagai warisan dunia di UNESCO.

Pemerintah Indonesia mendaftarkan Taman Nasional Bunaken ke UNESCO bertujuan agar kekayaan laut disana tetap terjaga serta untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

6Benar-benar Reruntuhan Kapal

triphemat.com

Mungkin tidak banyak yang tahu kenapa salah satu lokasi penyelaman dinamakan reruntuhan kapal. Ternyata nama itu memang benar ada reruntuhan kapal di sana.

Dulu kabarnya ada kapal milik pedagang Jerman yang dahulunya karam. Kapal ini kemudian menjadi rumah bagi puluhan ribu ikan di sini.

5Bukan Hanya Taman Bawah Laut Saja

majalahpeluang.com

Bukan hanya wisata menyelam saja, kamu juga bisa berwisata pantai dan berburu foto bagus seputar wisata laut. Karena tidak hanya dasar lautnya saja yang indah tapi semua Pulau Bunaken ini.

4Segitiga Emas Terumbu Karang

cakrawalatour.com

Wilayah Segitiga Emas adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Wilayah ini benar-benar seperti ‘tambang emas’ dengan kekayaan terumbu karang.

Taman Laut Nasional Bunaken berada di Segitiga Emas terumbu karang dunia. Sehingga tidak diragukan lagi keindahan taman bawah lautnya.

3Bulan Terbaik Berkunjung

ragamtempatwisata.com

Bulan yang tepat untuk berkunjung ke Taman Bunaken adalah pada bulan Mei-Agustus. Karena pada bulan tersebut ombak dan arus air cukup tenang.

Kamu akan lebih menikmati diving dengan kondisi air yang jernih. Didukung suhu udara juga hangat yaitu berada di 26-31 derajat celsius.

2Penemuan Bunaken Pertama Kali

tanahairnews.com

Keindahan taman bawah laut di Bunaken pertama kali di temukan oleh Nusantara Diving Club (NDV) pada tahun 1974, salah satu klub selam tertua di Indonesia.

Melalui komunitas itulah taman Bunaken bisa mulai dikenal. Mereka berhasil merintis wisata lokal tersebut menjadi taman bawah laut berkelas dunia.

1Melihat Laut dari Kapal Berdinding Kaca

gemaleadershiptc.blogspot.com

Keindahan bawah laut Bunaken kini tidak hanya bisa dinikmati para penyelam saja. Bagi yang tidak bisa menyelam pun bisa menikmatinya dengan kapal semi selam yang berdinding kaca.