Memiliki anak yang cerdas tentu dambaan semua seorang ibu, selain norma, sehat dan cerdas tentu akan membuat bayi menjadi sumber kebahagiaan yang tiada terkira.

Untuk itu memang perlu perlakuan khusus untuk membuat anak cerdas, salah satunya perlakuan sejak dalam kandungan.

Menurut penelitian dan sudah terbukti bahwa seorang janin yang masih dalam kandungan bisa merespon apa yang dilakukan ibunya. Jika ibunya stres maka janin juga akan ikut stres, jika ibu senang dan bahagia, maka janin akan juga bahagia.

Secara memang ibu dan janin sedarah, jadi apa yang ibu rasakan akan berpengaruh pada janin yang ada didalam. So, seorang ibu hamil memang seharusnya bahagia terus, waktu hamil merupakan rehat sejenak dari masalah.

Bagi kamu para ibu yang sedang mengandung dan ingin anak cerdas,  beberapa cara di bawah ini adalah cara yang tepat.

1Didengarkan Tilawah Alquran

qiroatipusat.or.id

Sudah terbukti dengan jelas, para ibu yang mendengarkan janinnya dengan tilawah alquran akan menjadi lebih tenang.

Alquran ini memang mukjizat bagi siapapun, tak terkecuali bagi seorang non muslim pun, ketika janin mereka didengarkan tilawah alquran, janin akan tetap tenang sekalipun ibu nya non muslim.

Dengan mendengar alquran janin juga akan merasa senang, perkembangan otaknya juga akan cepat bahkan bisa saja besarnya nanti ia akan menjadi seorang penghafal yang baik, mempunyai ingatan yang kuat atau menjadi anak yang mendapat hidayah ALLAH.

2Asupan Gizi

sangiangsea.wordpress.com

Asupan bergizi sudah jelas  dan bukan hal yang baru. Cuma memang para ibu harus benar-benar memilih makanan yang benar-benar memberi gizi dan mempengaruhi perkembangan janin.

Makanan yang mampu mempengaruhi otak janin adalah makanan yang banyak mengandung omega 2 dan omega 3, kandungan ini biasanya banyak terdapat di dalam ikan laut.

Selain itu ibu juga harus menyeimbangkan antara makanan yang mengandung vitamin, protein dan karbohidrat serta harus banyak menghindari makanan cepat saji atau makanan yang diawetkan, karena apa yang ibu makan itu juga yang dimakan janin.

Kalau banyak makan makanan yang cepat saji efeknya tidak hanya menghambat perkembangan tapi bisa juga janin tidak sehat.

3Hindari Stress Tinggi

youtube.com

Sudah disebutkan diatas bahwa ibu dan janin mempunyai ikatan yang kuat, mereka sedarah dan mempunyai hormon yang sama.

Jika kamu mengalami stress yang berlebih, saraf otak janin akan terhambat untuk berkembang. Selain itu, kemungkinan bayi untuk lahir prematur akan lebih tinggi jika kamu memiliki tingkat stress yang tinggi.

Para ibu sebaiknya menghindar dari stress, kasihan janin yang ada didalam, dia juga akan ikut stres. Jadi para ibu harus banyak-banyak memanjakan diri, menyenangkan diri, kalaupun kuat bekerja tidak apa-apa asalkan kuat dan hatinya senang.

4Musik Klasik

sp4harapan.blogspot.com

Musik merupakan faktor eksternal penting dalam perkembangan kognitif janin dan membantu perkembangan komunikasi.

Minggu ke-25 adalah waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan musik kepada janin dalam kandungan sebab pada minggu inilah kandungan dapat mendengar suara-suara dari luar kandungannya.

Kamu bisa putar alunan musik klasik untuk membantu memori auditori sang bayi. Selain itu ibu juga bisa mengajak bayi bicara, janin di umur segitu sudah mampu mendengar suara-suara dari luar dan ini akan melatih janin komunikasi.

5Sentuhan Kasih Sayang

tagdrobe.com

Pada minggu ke-8, stimulasi sentuhan akan sangat berarti sebab kandungan akan menjadi cukup besar dan janin akan mulai mendorong kaki atau tangannya.

Janin di dalam kandungan sangatlah sensitif terhadap stimulasi berupa sentuhan, jadi jangan ragu untuk menepuk-nepuk perut atau mengelus-elus dengan kasih sayang.

Sentuhan kasih sayang ini juga akan memberi efek positif pada rasa yang dimiliki janin kelak. Ketika ia lahir ia akan banyak mempunyai rasa kasih sayang.

Itulah 5 hal yang dapat merangsang perkembangan otak janin dengan maksimal, tentu dari itu semua harus banyak didukung olehh suami tercinta hingga lahirnya nanti menjadi anak yang cerdas.

Semoga bermanfaat