Seorang ibu merupakan roda penggerak dalam sebuah rumah tangga, jika roda ini tidak bergerak maka dalam semuanya tidak akan berjalan dengan baik. Tapi roda ini bukan roda mesin yang bisa diputar trus tanpa henti,

Roda ini manusia yang butuh rehat, butuh asupan gizi dan butuh pengertian dari keluarganya. Sayangnya seorang ibu kadang lupa bahkan memang tidak ada waktu untuk istirahat, apalgi kalau anak masih kecil, nyaris tidak ada jam untuk rehat.

Para ibu butuh sekali istirahat, roda butuh berhenti sejenak. Berikut cara agar para ibu mendapatkan “me time” untuk refresh sejenak dari pekerjaan rumah.

1Tidur Siang

family.fimela.com

Saat di kecil tidur, ibu jangan sibuk di dapur atau sibuk dengan pekerjaan lain, santai saja dan kalau perlu ikutlah tidur dengan si kecil. Ini merupakan kesempatan emas bagi ibu untuk merebahkan tubuh.

Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena saat nanti si kecil bangun dan suami pulang dari kerja, kerjaan akan menyapa lagi, so tidur saja ya bun.

2Maen ke Luar Atau ke Tetangga

jabar.tribunnews.com

Saat sore hari setelah si kecil habis mandi ajaklah jalan-jalan keluar, ke taman, ke masjid atau mungkin ke tetangga sebelah.

Ini sangat bermanfaat bagi para ibu, selain gak jenuh di rumah, juga bikin fresh pikiran gak ribet dengan pekerjaan rumah yang kadang memang gak ada habisnya.

3Manfaatkan Teknologi

ranahberita.com

Manfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Misal menggunakan alat masak canggih tanpa harus menggiling bumbu sehingga memiliki waktu lebih banyak untuk yang lain.

Juga bisa gunakan internet untuk mencari tips memasak masakan yang mungkin lebih ringkas dan tidak membutuhkan banyak peralatan dan biaya.

4Ajarkan Anak Mandiri

ummi-online.com

Yang berikutnya ajarkan anak untuk belajar mandiri, mulai mandi sendiri, pakai baju sendiri, makan sendiri tapi tetap dalam pengawasan.

Hal ini selain bisa membuat anak lebih cepat dewasa, juga memberikan waktu yang banyak untuk mengerjakan pekerjaan lain dan tentunya waktu untuk diri sendiri.

5Beli Makanan Jadi

saribundo.biz

Kalau sekiranya anak lagi rewel dan belum masak apa-apa, jangan buat ribet sendiri dengan memaksakan diri untuk memasak. Lebih baik beli makanan jadi saja, selain mengurangi pekerjaan, juga bisa efisiensi waktu.

Ituah beberapa tips untuk mendapatkan “me time” buat para roda rumah tangga, yaitu bunda. Memang namanya pekerjaan rumah itu gak ada habisnya, gak ada selesainya jadi gak perlu dibuat ribet, ambillah “me time” dan nikmati hidup ini.

Semoga bermanfaat ya