Bayi yang sudah berumur di atas 5 bulan atau bisa dibilang bayi di bawah usia 1 tahun sudah saatnya diberikan makanan pendaming ASI.

Bagi bunda yang memiliki buah hati yang masih bayi, terutama ia belum sampai berusia 1 tahu, pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk si bayi mungil.

Pada saat itu pula bunda ingin segera agar si buah hati mulai belajar makan selain ASI. Berharap si anak dapat tumbuh dan berkembang lebih baik dengan berbagai asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Memberikan makanan pendamping ASI hendaknya sangat diperhatikan kandungannya dan sesuaikan dengan usia bayi. Apa saja makanan yang baik dan sehat untu bayi di bawah usia 1 tahun?

Buah Berry

strawberry kiki widyasari
www.kaskus.co.id

Buah berry memiliki kandunagn vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Meskipun buah ini memiliki rasa yang cukup asam tapi buah berry sangat menyehatkan. Strawberry merupakan salah satu buah berry yang baik untuk bayi.

Bunda dapat membuat bubur dari buah berry dengan cara memblender buah dengan menambahkan susu atau madu untuk mencegah rasa asam. Kemudian berikan kepada sang bayi sedikit demi sedikit.

Ikan Salmon

28salmon
intisari-online.com

Ikan jenis ini memiliki struktur yang lembut dan rasa yang sangat lezat. Tidak hanya itu, ia memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan bayi di bawah usia 1 tahun.

Bunda dapat merebus terlebih dahulu ikan salmon dan pastikan ikan tetap dalam keadaan lembek dan tidak keras. Hal itu bertujuan agar buah hati bisa menelannya dengan baik.

Sayur Bayam

28 bayam
zarahgy.wordpress.com

Sayur bayam sangat baik diberikan kepada bayi di bawah 1 tahun. Sayur ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan baik jika dicerna.

Kandungan kalsium dalam bayam baik untuk kesehatan tulang bayi. Bunda dapat memberikan sayur bayam kepada sang anak dengan cara memasaknya menjadi sayur bening atau bersama bubur nasi.

Kacang

28 kacang
pondokibu.com

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan lemak yang sehat. Makanan ini dipercaya sangat baik bagi kesehatan tubuh bayi.

Bunda bisa memberikan kacang dalam bentuk selai atau bubur. Pastikan terlebih dulu bahwa anak tidak memiliki alergi terhadap kacang.

Daging

28 daging
ekalagi.wordpress.com

Makanan yang satu ini tentu banyak yang menyukai, rasanya enak dan memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan.

Maka daging juga disarankan untuk bayi. Bunda bisa mengolah daging menjadi makanan yang lembut dan bisa dicerna bayi dengan baik.

Masih banyak lagi makanan sehat yang baik untuk bayi di bawah 1 tahun. Semoga bermanfaat.