suryaabadi.deviantart.com

7 Jenis Anggrek Langka yang Dilindungi

Posted on

Bunga Anggrek Langka

Bunga anggrek merupakan bunga yang memiliki banyak penggemar. Tidak heran jika harga anggrek cukup mahal dipasaran. Selain memang banyak orang yang menyukai bunga anggrek, anggrek juga memiliki penampilan yang sangat elegan.

Bunga anggrek juga termasuk jenis bunga yang memiiki varian banyak. Jenis-jenisnya tersebar di seluruh dunia di daerah tropika hingga wilayah sirkumpolar.

Indonesia merupakan negara yang tingkat keanekaragaman anggreknya terbesar kedua setelah Brazil lho. Dari 26.000 spesies anggrek yang ada di dunia, sekitar 5.000-6.000 jenis terdapat di Indonesia.

Adapun jenis bunga anggrek langka yang mungkin jarang ditemui dipasaran sebagai berikut. Klik Next

Anggrek Tebu

kebunbibit.id
kebunbibit.id

Bunga anggrek jenis ini adalah anggrek yang paling berat dan berukuran besar diantara anggrek lainnya. Anggrek tebu biasanya tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 meter dengan diameter 2 cm. Dan juga berat anggrek tebu bisa mencapai 1 ton lho.

Guys, kamu tahu ngga sih kalau anggrek tebu pernah ditemukan mekar di salah satu kota di Indonesia? Yap! Jogjakarta adalah salah satu kota yang pernah dimekari oleh anggrek tebu. Tepatnya dirumah salah satu pengusaha agribisnis di Kaliurang.

Wah, suatu kebanggaan buat kamu anak Indonesia nih.

Anggrek Bulan

www.satwa.net
www.satwa.net

Nama boleh bulan, tapi bentuk ternyata ngga mirip sama bulan. Hehe.

Anggrek bulan adalah tanaman yang sangat sedikit menyukai sinar matahari untuk hidupnya. Oh, jadi mungkin karena inilah ia disebut sebagai anggrek bulan. Karena tidak terlalu suka bertemu matahari. Haha.

Anggrek jenis ini mempunyai keharuman dan cenderung lama saat mekar. Umunya ukuran bunga anggrek langka ini sekitar 10 cm lebih.

Anggrek Hartinah

m.kompasiana.com
m.kompasiana.com

Boleh dipanggil tinah ngga mba? Wkwk.

Anggrek hartinah hanya hidup didaerah tertentu saja lho. Di Indonesia sendiri anggrek hartinah dapat di temukan di Sumatera Utara tepatnya di Desa Baniare Tele, Kabupaten Samosir.

Anggrek hartinah disebut juga anggrek Tien Soeharto yang merupakan anggrek tanah dengan banyak rumpun. Hingga sekarang jenis anggrek ini termasuk tanaman yang dilindungi oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Waw! Sampai-sampai dilindungi oleh peraturan pemerintah guys. Ngerik!

Anggrek Hitam

www.candiorchid.com
www.candiorchid.com

Sebenarnya anggrek hitam tidak mutlak berwarna hitam. Hanya saja pada bagian tengah bunga ini terdapat bercak-bercak hitam, sehingga membuatnya tampak lebih eksotis dengan dikelilingi oleh kelopak yang berwarna hijau cerah.

Cantik bukan?

Anggrek Kebutan

www.satujam.com
www.satujam.com

Anggrek kebutan ngga punya roda ya, jadi ngga bisa kebut-kebutan. Kamu ngga usah ngajak tandingan gitu deh. Haha.

Anggrek kebutan memiliki warna orange yang membuat ia nampak segar dan cerah. Yang membuat anggrek ini bertambah indah adalah berkerumunnya bunga pada satu tangkai. Ciyeh, 1 tangkai saja dikerumuni banyak bunga. Kamu? Ups!

Bunga yang satu ini dilindungi oleh negara lho. Karena spesies nya yang langka dan sulit ditemukan. Sebagai warga negara yang baik, kamu harus turut serta menjaga kelestarian alam ya.

Anggrek Sendok

anggrekanggrekfajar.blogspot.com
anggrekanggrekfajar.blogspot.com

Mungkin kalau kamu mau makan nasi uduk tapi ternyata ngga ada sendok, kamu bisa menggunakan anggrek sendok sebagai gantinya. Hehe.

Ngga gitu juga kali!

Anggrek sendok sebenarnya tidak memiliki kemiripan apapun dengan sendok. Nama latin anggrek ini adalah Spathoglottis zurea. Bunganya berwarna kuning cerah dengan sedikit warna putih dan corak merah dibagian tengahnya.

Anggrek Kantung Kelopaking

jitunews.com
jitunews.com

Jenis anggrek ini juga termasuk langka dan susah untuk ditumukan. Anggrek kantung kolopaking merupakan tanaman endemik yang hidup di bebatuan di daerah berair pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Tanaman asli Kalimantan Tengah ini memiliki ciri-ciri yaitu daun berwarna hijau tua yang berbentuk pita dengan ujung membulat.

Daunnya bisa mencapai panjang 20-80 cm dengan diameter 5-10 cm. Kelestarian tumbuhan langka ini terganggu oleh faktor lingkungan seperti kebakaran hutan, perburuan, dan perdagangan ilegal.

Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk merawat tanaman hias anggrek atau yang lainnya? Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *