Siapa yang mengira akan memakan bunga? Bunga yang biasanya hanya menjadi hiasan atau tanaman yang dipelihara di pelataran rumah tentu akan terasa asing jika mendengar ada bunga yang bisa dimakan.

Eits, tapi ini bukan mitos ya guys. Memang benar-benar ada lho, bunga yang bisa dimakan. Berani coba?

1Bunga Pohon Elder

pixabay.com

Bunga dengan nama lain sambucus ini ternyata bisa dikonsumsi. Penampilannya yang mungil memang sedikit mirip dengan bunga melati.

Bunga ini biasanya digunakan untuk teh, minuman beralkohol, sirup, jeli dan cuka. Yang spesial: bunga Elder goreng. Waw!

2Mawar Merah

deloiz.blogspot.com

Tidak percaya? Hmm.

Memang sebenarnya mawar wangi indah untuk hiasan di vas.

Tapi selain itu, ternyata kelopak mawar menambah cita rasa banyak masakan, terutama kue dan makanan penutup. Di Timur Tengah, kelopak bunga didistilasi menjadi air mawar untuk menjadikan rasa dan aroma tambah tajam.

3Bunga Lonceng

id.up-wallpaper.com

Bunga lonceng yang diselubungi gula mempercantik kue dan makanan penutup. Di antara bunga yang bisa dimakan, ini salah satu yang terkenal. Kelopaknya punya rasa yang khas dan bisa menambah aroma pada selada dan sup.

4Bunga Daisy

ciricara.com

Daisy sering dianggap bunga liar. Di Inggris dan sejumlah negara Eropa lain, bunga ini menghias padang rumput. Anak-anak banyak memetik Daisy dan dijadikan kalung atau rantai.

Ssst! Ternyata bunga-bunga kecil ini bisa dicampur dalam selada dan sandwich lho.

5Bunga Pansy

www.putramelayu.web.id

Pansy (Viola Wittrockiana) adalah bunga yang banyak ditemukan di Eropa pada musim panas. Di Jerman, bunga ini disebut Stiefmutter atau ibu tiri. Bunga yang berasa manis ini adalah tambahan warna pada kue, selada dan sup.

Hmm, lezat bukan? Yummy.

6Aksen Botanis

www.dw.com

Banyak kebudayaan yang menggunakan bunga dalam masakan tradisionalnya. Diselubungi gula, digoreng, dijadikan acar atau dibubuhkan pada selada atau sup dan masih banyak jenis makanan lainnya. Yang jelas bunga adalah tambahan aroma dan warna cantik.

Bagaimana? Berani berkreasi dengan bunga-bunga disekitarmu? Eits, tapi pastikan terlebih dahulu kalau bunga yang akan kamu olah tidak beracun dan layak dikonsumsi ya guys.

SHARE