Bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang populer. Dinamakan bunga kertas karena bunga yang dihasilkan tanaman ini mirip seperti kertas. Bunga kertas dikenal juga dengan nama bugenvil (dalam penulisan bahasa Inggris bougenville).

Nama ini diambil dari seorang prajurit AL Perancis, Sir Louis Antoine de Bougainville.

Spesies tumbuhan ini sangat cocok ditanam di daerah yang beriklim tropis seperti negara kita ini. Hanya dengan perawatan ringkas, penyiraman air setiap hari dan pemupukan, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga-bunga yang indah.

Nah, jika kamu penasaran ingin menanam bunga kertas di rumah, berikut adalah beberapa jenis bunga kertas yang bisa kamu coba menanamnya di rumah.

1Bunga Kertas Gold Rush

www.suherlin.com

Bunga Kertas Gold Rush memiliki warna kuning keemasan yang mencolok dan lebih terang dari varietas lainnya. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan bunga kertas lainnya. Hanya saja bunga kertas yang satu ini lebih tampak elegan dengan warna keemasannya.

2Bunga Kertas Alexandra

www.suherlin.com

Bougenville dengan bunga berwarna ungu ini memiliki daun berwarna hijau tua. Bunga tumbuh saling merapat satu sama lain. Kelebihan jenis ini ukuran daunnya yang kecil, runcing dan lebih tebal dari bougenville jenis lain. Cocok jika dijadikan tanaman bonsai bougenville.

3Bunga Kertas After Glow

www.suherlin.com

Bunga Kertas After Glow mekar berulang kali sepanjang tahun. Bunganya berwarna oranye, merah muda dan coral. Dedaunannya yang halus namun bertekstur berwarna hijau sepanjang tahun, namun sering menggugurkannya ketika berbunga.

Bunganya yang cukup rimbun dapat tampil kompak dengan daunnya yang berwarna hijau tua. Dengan pemangkasan yang teratur tanaman dapat tumbuh dengan tajuk kerdil yang indah.

4Bunga Kertas Merah Helai Kecil

greentropic.blogspot.com

Bougenville jenis ini memiliki tampilan warna merah menyala yang cukup kuat. Helai bunganya lebih kecil dari jenis lain namun tersusun bertumpuk-tumpuk hingga kelihatan kompak.

Cabang-cabangnya biasa tumbuh memanjang dengan ranting pada tangkai bunga yang memanjang bercabang-cabang.

Itulah tadi beberapa jenis bunga kertas yang patut kamu coba untuk memeliharanya di rumah. Selain pemeliharaannya yang mudah, bunga kertas juga termasuk bunga yang mudah didapatkan dimana saja.