Buat kamu yang pernah lama tinggal di desa, kamu tidak akan kesulitan menemukan kangkung. Tentu saja yang paling terkenal dari kangkung adalah dapat diolah menjadi cah kangkung.

Sayuran dengan nama latin Ipomoea aquatica ini adalah salah satu sayuran yang sangat sering tersedia dalam berbagai menu masakan khas Indonesia.

Kamu akan mudah menemukan olahan kangkung dari warung pinggiran jalan hingga restoran hotel berbintang.

infoagribisnis.com
infoagribisnis.com

Nah, sebenarnya ada berapa jenis cah kangkung sih yang ada di Indonesia, ada berapa juga ‘anak-keturunan’ si cah kangkung ini? Berikut beberapa olahan khas cah kangkung yang dijamin bisa bikin kamu ngiler.

1Cah Kangkung Cumi Khas Jambi

cookpad.com

Tentu saja yang membuat cah kangkung yang satu ini berbeda dari biasanya adalah penambahan cumi sebagai pelengkap kangkung. Selain itu, yang membedakan adalah minyak yang digunakan.

Minyak wijen dalam pembuatan cah kangkung cumi khas Jambi ini menjadi pembeda. Hal inilah yang membuat cita rasa masakan ini menjadi khas Jambi dan kaya akan rasa.

Tekstur cumi yang kenyal setelah dimasak sungguh akan membuat kamu ketagihan saat mencicipi cah kangkung cumi khas Jambi ini. Lebih dari itu ternyata cumi memiliki banyak manfaat dan khasiat kesehatan lho.

Cumi dipercaya memiliki zat anti angiogenic dalam tinta cumi sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel tumor. Saat disempurnakan oleh kangkung yang mengandung zat anti toxic maka lengkaplah sudah cah kangkung cumi khas Jambi ini.

2Cah Kangkung Seafood

resepmasakanbaru.com

Kalau kamu berkunjung ke warung tenda seafood di beberapa kota besar di Indonesia, kamu pasti akan menemukan menu yang satu ini. Cah kangkung seafood yang sangat menggiurkan.

Campuran berbagai daging hewan laut akan membuat kamu puas. Apalagi jika kamu merupakan pecinta kuliner seafood. Beberapa campuran dalam menu cah kangkung seafood ini dijamin bisa bikin kamu nambah lagi dan lagi.

Kamu bisa memesan bahan tambahan khusus seperti misalnya kamu hanya meminta cah kangkung di campur dengan udang saja. Atau kamu bisa memesan versi komplit.

Versi komplit adalah cah kangkung seafood yang tidak hanya diberi tambahan olahan udang, tetapi juga olahan seafood lainnya. Seperti misalnya daging ikan, telur ikan, daging rajungan atau kepiting, lobster, dan banyak bahan seafood lainnya.

3Tumis Kangkung atau Cah Kangkung?

en.wikipedia.org

Dalam banyak hal, kamu mungkin akan bertemu orang yang berpendapat bahwa cah kangkung sama dengan tumis kangkung. Tetapi kok di beberapa warung dan restoran ternyata dua menu ini berbeda dan tentu saja rasanya berbeda.

Kangkung dikenal dalam bahasa Inggris bernama water spinach, sehingga jika kamu mencari dalam literatur berbahasa Inggris, tumis kangkung akan diistilahkan sebagai stir fried water spinach.

belindomag.nl
belindomag.nl

Masakan ini konon berasal dari daerah Tiongkok, terutama daerah Sichuan dan merupakan masakan khas etnis Cantonese / Kanton. Di Malaysia tumis kangkung dinamakan kangkong goreng.

Masakan yang satu ini juga terdapat di Singapura, Vietnam, dan tentu saja Cina. Tetapi, sebenarnya apa sih bedanya tumis kangkung dengan cah kangkung? Kalau menurut kamu apa bedanya?

Di rumah makan pada umumnya, sajian menu yang dinamakan cah kangkung secara kenampakan memiliki sedikit kuah bening. Dilengkapi dengan beberapa irisan bawang putih dan cabai merah.

takeafood.com
takeafood.com

Nah, sedangkan menu masakan yang disebut tumis kangkung terlihat secara jelas mempunyai sedikit kuah berwarna gelap. Warna gelap coklat ini tentu saja dari kecap, dengan tambahan irisan bawang putih dan cabai merah juga.

Rasanya tentu berbeda, tumis kangkung terasa manis sedangkan cah kangkung berasa lebih pedas dan asin. Bagaimana menurut kamu? Tulis komentarmu pada kolom comment di bawah ya!

SHARE