Barangkali sesekali kamu menginginkan liburan di luar negeri yang berbeda dari biasanya? Spot liburan yang hampir-hampir seperti Indonesia tetapi rasa luar negeri? Tempat wisata yang tidak ada salju atau musim gugur, tempat wisata di negara tropis?

Kamu bisa pilih banyak opsi di antara puluhan opsi. Namun, coba pilih referensi liburan yang satu ini. Cobalah ke Meksiko. Di sana kamu bisa bertemu laut Karibia, di sana kamu bisa menikmati pantai Cancun. Menikmati Riviera Maya.

1Cancun

tipholiday.com

Cancun sering disebut dengan sebutan cancoon dalam bahasa Inggris. Ini hanyalah kota kecil yang mempunyai laut Karibia sebagai ‘halaman’ kota. Terletak di negara bagian Quintana Roo, Meksiko.

Kota kecil ini mempunyai luas sebesar 1.978,75 km2. Kata Cancun berasal dari bahasa suku Maya kaan kun yang berarti nest of snakes, sarang ular. Sumber lain menyebutkan place of the gold snake.

Tentu saja Cancun bukan benar-benar sebuah kota sebagai sarang banyak ular.

2Riviera Maya

arminastravel.com

Nah, di dekat Cancun juga terdapat Riviera Maya. Sebuah kawasan wisata laut dan pantai yang menjadi primadona di Meksiko. Di sini kamu dan keluarga bisa menghabiskan liburan yang sangat memuaskan.

Sebuah kawasan wisata all-inclusive resort. Konsep wisata sederhana yang khusus untuk kamu dan keluarga. Jangan khawatir, seluruh akomodasi kamu terjaga dengan konsep wisata ini.

villagroupresorts.com
villagroupresorts.com

Selain pantai, kamu bisa menjelajahi berbagai batuan karst di Riviera Maya. Kamu juga dapat melakukan cave diving untuk menyusuri sungai bawah tanah. Gua bawah air di Riviera Maya juga sangat populer dan indah tentunya.

Dua gua bawah air di lokasi ini adalah Sac Actun dan Ox Bel Ha. Sebuah harta tersembunyi di tanah kecil bumi Meksiko.

3Underwater Museum

aquaworld.com.mx

Kamu bisa menyaksikan museum bawah air yang mengagumkan di Meksiko. Sebuah organisasi konservasi seni bernama MUSA memulai proyek pembuatan 500 patung bawah air sejak tahun 2009.

Cancun Underwater Museum komplit empat tahun kemudian pada tahun 2013. Beberapa patung bawah air dibuat oleh seorang seniman meksiko bernama Jason deCaires Taylor.

Tiga bagian terdapat di museum bawah air ini. MUSA ‘menanam’ 1.200 struktur pada 10 area taman laut nasional. Hingga saat ini baru dua bagian museum bawah air yang diselesaikan.

underwatersculpture.com
underwatersculpture.com

Pertama, bagian yang dinamakan Manchones dengan total 477 patung dan bagian kedua adalah bagian Punta Nizuc dengan 23 bentuk seni struktur yang sangat indah. Proyek ini juga dikerjakan dengan bantuan direktur taman laut nasional Cancun Jaime Gonzalez.

Proyek ini dikerjakan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak ekosistem air, binatang laut, dan terumbu karang. Seluruh patung dikerjakan di atas air atau di darat dan selalu dibersihkan dengan sempurna sebelum ditenggelamkan ke bawah air.

4The Silent Evolution

youtube.com

Ide awalnya adalah membuat pengalaman tiada tanding bagi para turis dengan objek snorkeling unik, coral dan terumbu karang yang tumbuh di ratusan patung.

Jason menggambarkan berbagai patung yang ia garap bersama timnya sebagai the silent evolution.

Patung-patung tersebut dibentuk dan diserupakan berbagai kegiatan manusia di bumi, baik yang berdampak positif maupun yang berdampak negatif. Itulah yang ia maksud sebagai the silent evolution.

souvenir.buzz
souvenir.buzz

Jason menunjukkan dengan patung-patung itu bahwa manusia dapat hidup berdampingan dengan alam. Dan membuat masa depan lebih baik. Sebaliknya, manusia juga sangat mungkin merusak alam tanpa menunjukkan simpati apapun.

Bagaimana? Kamu pikir Meksiko hanya terkenal dengan tarian dan makanannya? Kali ini tidak, kamu harus ke Meksiko, ke Cancun, ke Riviera Maya, ke museum bawah air.

SHARE