Mendengar kata bunga mawar pasti kamu akan selalu terbayang dengan sesuatu yang indah. Ya, mawar memang sangat identik dengan kecantikan, keindahan alami, juga wewangian yang harum.

Mawar juga sering diasosiasikan dengan romantisme, cinta, dan perasaan yang halus dari manusia. Anggapan itu semua didapat dari bentuk fisik dari bunga mawar yang memang sangat menarik bagi manusia.

Namun ternyata, selain bentuk fisiknya yang cantik, kandungan yang dimiliki mawar juga tak kalah ‘cantiknya’.

Mawar yang telah diekstrak menjadi air mawar sudah diketahui sejak lama punya banyak manfaat bagi tubuh manusia, baik untuk perawatan luar maupun untuk kesehatan dalam tubuh.

Kecantikan bunga mawar akan menular pada kecantikan manusia lewat perawatan air mawar. Para wanita yang mendambakan kecantikan, banyak khawatir dengan efek samping dan resiko dari obat-obat kimia.

Tentu dengan air mawar ini akan sangat membantu dalam perawatan herbal dan memperoleh kecantikan alami.

Apa saja manfaat dari mawar bagi kecantikan dan kesehatan tubuh? Ini dia ulasannya.

1Menangani Masalah Jerawat

biospraymultysukses.com

Air mawar mengandung bahan anti acne serta anti septik. Jadi buat kamu yang khawatir dengan timbulnya jerawat, anti acne akan melindungi kulit dari timbulnya jerawat.

Dan bagi kulit sudah yang berjerawat, anti septiknya juga berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat, serta mampu menghilangkan komedo dan bekas jerawat tersebut.

Cara penggunaannya cukup dengan membasuhkan air mawar pada pagi dan malam hari.

2Membuat Wajah Lebih Cerah

deloiz.blogspot.com

Kandungan vitamin A dan vitamin E dalam pada air mawar akan membuat wajahmu makin bersinar. Kandungan itu bekerja sangat baik untuk membantu mengelupaskan sel kulit mati. Sehingga bisa diganti dengan kulit baru yang lebih cerah.

Caranya celupkan kapas pada air mawar dan tepuk-tepuk di kulit. Atau jika ingin lebih berkhasiat lagi, gunakan air mawar sebagai treatment masker kulit wajah, setiap malam hari, setelah kamu membersihkan make-up wajah.

3Menyegarkan Kulit

cauchymurtopo.wordpress.com

Bukan hanya baik bagi kulit wajah, namun bagi kulit tubuh yang lain akan tampak segar alami jika menggunakan air mawar sebagai pengganti lotion sehari-hari.

Mungkin dari kita ada juga yang punya kulit kering dan sensitif. Air mawar alami ini bisa memberikan lapisan yang melembabkan kulit. Juga dapat mengatasi eczema, dermatitis, lecet, atau juga luka bakar.

4Mencegah Penuaan Dini

pixabay.com

Bagi kamu yang ingin lebih awet muda, air mawar juga bisa mencegah penuaan dini. Mungkin tidak ada yang menduga, air mawar punya kandungan vitamin C sangat besar, yang dihasilkan dari Rose hip Seeds.

Bahkan kandungan vitamin C Rose hip Seeds lebih banyak 8X dari jeruk atau bahan vitamin C lainnya. Vitamin C iniah yang mampu merawat regenerasi sel-sel kulit. Sehingga kulit tampak rapat dan dan mencegah timbulnya garis-garis wajah sebagai tanda penuaan.

5Menyehatkan Rambut

ulimayang.com

Tidak hanya berkhasiat bagi kulit, air mawar juga sangat baik bagi perawatan rambutmu. Masalah-masalah yang sering dialami rambut dapat diatasi dengan basuhan air mawar.

Yang sulit menumbuhkan rambut dan menginginkan rambut panjang, lalu bagi yang punya masalah rambut kering dan mudah kotor, semuanya dapat diatasi dengan air mawar.

Bahkan untuk rambut ketombe, air mawar juga dapat membasmi ketombe dalam rambut kita.

6Aroma Terapi

id.up-wallpaper.com

Mungkin ini sudah banyak diketahui dan sering menjadikannya sebagai aroma terapi. Aroma terapi air mawar akan membuatmu lebih rileks, memberikan rasa aman, menyegarkan untuk tubuhmu, dan tentunya mencegah timbulnya stres pada diri.

7Khasiat dalam Bentuk Teh

1freewallpapers.com

Kesehatan yang didapatkan lebih banyak didapatkan jika membuat air mawar menjadi teh. Khasiatnya menghilangkan zat racun yang sering memicu ginjal dan sel kanker, yakni di pada saluran pencernaan, saluran pembuangan kemih, dan sekitarnya.

Teh mawar juga makin menyehatkan karena akan meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kinerja jantung, dan mengurangi risiko penyakit tekanan darah.