Ya, kita tahu perlindungan kulit hendaknya tidak dari luar saja, tapi juga dari dalam. Tidak mengherankan jika kini banyak produk-produk kecantikan yang menawarkan kebaikan perawatan kulit dari dalam.

Tapi, sadarkah kita, seperti halnya untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit pun juga tidak memerlukan biaya banyak asal kita mau berpola hidup yang menyehatkan, ya, salah satunya adalah mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung kesehatan kulit.

Sehat tidak melulu tentang makan makanan yang kita anggap tidak enak kok. Makanan-makanan lezat berikut ini ternyata menyimpan rahasia yang menyehatkan kulitmu. Mau tahu apa saja Guys? Check this one out!

1Ikan Salmon

palembang.tribunnews.com

Yups, kita tahu ikan salmon begitu kaya akan asam lemak omega-3 yang dikenal dengan kandungan anti radangnya.

Selain itu, omega-3 juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap paparan radiasi sinar matahari. Dan tentunya ini akan menjauhkan diri kita dari kanker kulit.

2Paprika Merah

family.fimela.com

Paprika merah mengandung likopena, karotenoid yang memberi warna merah pada jenis buah dan sayuran tertentu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa likopena bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat ultraviolet B.

Beta karoten, jenis karotenoid lain yang ditemukan di buah dan sayuran berwarna merah dan jingga juga bisa mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

3Brokoli

wikipedia.org

Tahukah kamu Guys? Brokoli sangat kaya akan anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas, termasuk yang menyebabkan kanker kulit.

Sementara itu, sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan brokoli yang disebut sulforaphane memiliki kandungan chemopreventive yang merupakan bahan yang dapat memperlambat atau menghentikan proses perubahan menjadi kanker.

Bukan itu saja Guys, brokoli juga mengandung glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Mengandung vitamin A yang dapat merevitalisasi epitel kulit yang akan mencegah terjadinya penuaan dini, memperlambat munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah.

Dan satu lagi, brokoli juga mampu membuat kulit cerah bercahaya secara alami.

4Dark Chocolate

thefiftypluslife.com

Ah, siapa sih yang tidak tergiur mendengar namanya saja? Yup, cokelat yang lezat mempunyai manfaat penting bagi kulit kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate secara teratur bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Tapi dengan catatan, cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate atau cokelat murni dengan kandungan gula yang sedikit. Besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam cokelat hitam.

Tidak mengherankan dewasa ini lulur coklat dan masker coklat lumayan booming di kalangan para wanita yang mengidam-idamkan kecantikan kulit.

Tak hanya itu, cokelat hitam juga mampu mengurangi kolagen yang rusak dan menjaga kecantikan kulit. Dengan begitu keriput dan garis-garis halus di kulit dapat dihambat.

Dan plusnya Guys, mengonsumsi cokelat hitam dapat menurunkan stres. Ini dikarenakan saat Anda makan cokelat hitam, hormon stres dalam tubuh yang disebut kortisol jadi menurun.

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk melindungi kulit dari dalam? Semoga bermanfaat!

 

 

SHARE