mamarantau.com

Ingin Ajari Bayi Berenang? Gunakan 6 Cara Jitu Ini

Posted on

Berenang merupakan salah satu aktifitas favorit anak-anak, sebab latihan air ini sangat menyenangkan dan tentunya bermanfaat.

Namun masih banyak orang tua yang bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan anak berenang?

Ternyata, anak bisa diajarkan berenang sejak bayi lho! Pada usia tersebut, bayi sudah memiliki kemampuan berenang karena ketika di dalam kandungan, bayi terbiasa dengan air ketuban.

Sebenarnya pada usia empat bulan, bayi telah memiliki kemampuan refleks menyelam. Tapi sebelum mengajarkan bayi berenang, sebaiknya biasakan dulu si bayi dengan akifitas air.

Lalu sebelum mengajak bayi ke tempat berenang, orang tua dapat memilih tempat berenang yang memberikan kenyaman bagi keduanya (orang tua maupun bayi) atau bisa mendaftarkan ke kelas berenang khusus bayi.

Lantas, bagaimana cara mengajari bayi tanpa perlu mendaftar kursus berenang khusus?

Pilihan Kolam Berenang

lazyflowerisme.wordpress.com
lazyflowerisme.wordpress.com

Pada saat mengajarkan pada bayi sebaiknya memperhatikan pemilihan kolam renang yang memberikan kelas khusus untuk ibu dan bayi.

Hal ini  bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyaman selama orang tua dan bayi di tempat berenang umum.

Perhatikan Kondisi Kesehatan Orang Tua dan Bayi

solusisehatku.com
solusisehatku.com

Dalam memberikan kenyaman selama melakukan proses pengajaran berenang bersama anak, sebaiknya pastikan kondisi kesehatan terlebih dahulu.

Apabila bayi mengalami masalah kembung atau gangguan pencernaan lainnya, sebaiknya tidak melakukan aktifitas berenang.

Berikan Rasa Aman Selama Berenang

galeniablog.wordpress.com
galeniablog.wordpress.com

Bayi memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan orang tua. Ketika melakukan aktifitas berenang, jaga selalu kontak mata dengannya, berikan senyum dan dorongan untuk belajar berenang.

Perkenalkan Kolam Berenang pada Bayi

merries.co.id
merries.co.id

Salah satu cara terbaik dalam memperkenalkan kolam renang pada bayi adalah dengan meletakan bayi di tepi kolam kemudian melatihnya sedikit demi sedikit agar tidak kaget.

Salah satu caranya, dudukkan ia di tepi kolam kemudian masukkan setengah badan bayi ke dalam kolam renang, lalu angkat. Lakukan secara berulang sampai bayi terbiasa dengan air kolam renang.

Pakai Krim Perawatan Kulit

om-aigat.tumblr.com
om-aigat.tumblr.com

Khusus untuk bayi yang memiliki masalah dengan kulit, sebelum berenang sebaiknya berikan gel yang dapat membantu mengurangi resiko kesehatan kulit.

Sebaiknya para orang tua berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak, sehingga tidak mengganggu kenyamanan bayi setelah berenang.

Tunjukan Keberanian Orang Tua Saat Berenang

belajarberenangbandung.com
belajarberenangbandung.com

Letakkan mulut ibu atau ayah di bawah air. Tunjukkan pada bayi, bagaimana meniup gelembung. Ini adalah pelajaran penting. Yakinlah bahwa bayi adalah peniru ulung. Dengan cepat ia akan mampu melakukan apa yang orang tuanya contohkan.

Kemudian orang tua dapat mengambil posisi denga cara membaringkannya telentang dengan kepala bersandar di bahu. Dorong dia untuk menendang kakinya.

Selamat mencoba!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *