Kamu sering mengalami cegukan?

Cegukan (hiccup) terjadi karena ada spasme diafragma secara tidak sengaja dan pita suara menutup tiba-tiba.

Ada banyak penyebabnya, seperti makan terlalu banyak dan cepat tanpa minum, konsumsi alkohol, merokok, perubahan temperatur lambung mendadak akibat minum dingin setelah minum minuman panas.

Termasuk ketika kamu mengalami perubahan emosi mendadak juga dapat menyebabkan cegukan lho.

Cegukan bisa tergolong sangat ringan, hilang sendiri dengan cepat, tapi dapat pula menjadi sangat mengganggu.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghentikan cegukan dengan segera, yaitu;

1Minum Air Putih

gigisusu.net

Minumlah air putih sambil menunduk. Tapi minumnya dari bibir gelas yang jauh dari kita. Kalau biasanya kita minum dari bibir gelas yang dekat dengan mulut,

maka kali ini, minumnya dari bibir gelas yang di seberangnya, yang jauh dari mulut.

2Dongakkan Leher

futuready.com

Leher didongakkan sedikit ke belakang, kemudian masukkan gula pasir sesendok teh ke lidah. Tapi gula tersebut jangan ditelan.

Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih.

3Air Es

reportase7.blogspot.com

Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es tersebut. Dilarang keras menelas es batu ketika cegukan, bisa salah masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis.

4Tahan Napas

republika.co.id

Tahanlah napas beberapa detik, sekitar 10 detik, kemudian bernapas biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti.

Tahan napas dilakukan sewaktu mulut berada di kantong kertas. Tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas.

Ulangi beberapa kali. Cara ini bisa kamu gunakan ketika cegukan terjadi saat sedang puasa.

5Pijatan Halus

health.kompas.com

Letakkan jari ke langit-langit, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit tersebut. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut.

Kalau tidak menolong juga maka perlu segera ke dokter spesialis THT. Bisa juga bisa ke IGD untuk meminta pertolongan. Dokter akan membuatkan resep anticegukan, seperti chlorpromazine atau metoclopramide.

6Berenang

muslimdaily.net

Jika cegukanmu termasuk parah dan tidak lekas hilang, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan berenang di air yang bersuhu antara 20-30 derajat.

SHARE