Mengalami kesulitan tidur atau insomnia, tidak hanya bisa berdampak tidak baik bagi tubuh, misalnya kelelahan, pusing, dan tubuh yang menjadi rentan penyakit akibat kurang istirahat. Penelitian terkini menunjukkan bahwa insomnia juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation menunjukkan bahwa penderita insomnia memiliki resiko mengalami serangan jantung 27 hingga 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal.

Memang penyebab insomnia bisa timbul dari banyak faktor. Bisa jadi karena efek pengobatan, kram, apnea tidur, stres, depresi, hingga kecemasan yang berlebihan.

Hingga saat ini, sudah ada berbagai jenis pilihan pengobatan bagi penderita insomnia. Kebanyakan dokter menganjurkan penggunaan obat tidur atau obat anti-kecemasan untuk menyembuhkan insomnia pada pasiennya. Semuanya pengobatan secara kimiawi.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara non-medis atau cara manual yang bisa kita coba sendiri. Jangan buru-buru memutuskan menggunakan obat-obatan kimia jika penyembuhan insomnia masih bisa diusahakan secara alami.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi insomniamu. Syarat wajibnya, harus dilakukan dengan tekad kuat dan rutin. Jangan malas, ya…

1Tidur Pada Jam yang Sama Setiap Malam

lifestyledotanalisadaily.com

Waktu tidur yang terjadwal ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan jadwal tidur yang baik dan teratur setiap saat.

2Meningkatkan Aktivitas di Siang Hari

fansclubarena.mywapblog.com

Apabila aktivitasmu lebih banyak dilakukan di siang hari, maka kamu akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari.

Tentu saja untuk mengatasi insomnia ini, kamu harus memilih jenis aktifitas fisik yang cukup menguras tenaga. Efeknya, peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan cepat membutuhkan istrirahat akibat tenaga yang dipakai dengan intensitas tinggi.

3Kurangi Konsumsi Makanan atau Minuman Berkafein

majalah.ottencoffee.co.id

Orang-orang banyak mengira bahwa minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkan kita tidur lelap.

Kenyataannya, hal tersebut justru tidak akan mampu mengatasi insomnia akibat kandungan kafein di dalam teh dan minuman cokelat.

Lebih baik hindari makan dan minum mengandung kafein dan konsumsinya yang berlebihan di malam hari, khususnya menjelang tidur.

4Khususkan Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

interior-minimalis.com

Usahakan untuk tidak membawa pekerjaanmu ke tempat tidur. Jangan juga menonton televisi dari tempat tidur. Tinggalkan ponsel pada tempat yang jauh dari jangkauan tangan, jauh dari tempat tidur.

Televisi, komputer, dan ponsel adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia. Radiasinya pun dapat membahayakan dirimu.

5Lakukan Aktifitas Santai Sebelum Tidur

gebyndut.blogspot.com

Cegah kesulitan tidurmu dengan membaca buku sebelum tidur. Bisa dengan membaca, atau melakukan aktivitas ringan seperti peregangan otot.

6Olah Raga dan Atur Pernapasan

lighthouse-indonesia.com

Mengatur pernapasan akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Ditambah dengan olah raga, merupakan satu paket yang tidak bisa dihilangkan.

Jika kamu sulit tidur, maka ada masalah juga dengan system dalam tubuhmu, termasuk peredaran darahnya. Maka, olah raga haruslah menjadi kebutuhan yang rutin dilakukan setiap hari, setiap pagi.

7Jangan Terlalu Khawatir

carauntuk-terbaru.blogspot.com

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir bahwa dirinya tidak bisa tidur layaknya orang normal, maka ia akan kesulitan mengatasi insomnia. Tenang saja, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun dapat diobati.

Buat kamarmu dalam kondisi yang kondusif. Oh ya, jangan lupa matikan lampu ketika kamu beranjak untuk tidur.

SHARE